Social media marketing menjadi salah satu teknik promosi yang paling banyak digunakan oleh marketers saat ini. Mengingat sosial media berkembang pesat dan banyak platform baru bermunculan. Maka wajar, jika jumlah pengguna media sosial juga mengalami peningkatan pesat dari waktu ke waktu. Di saat yang sama, ini menjadi peluang besar untuk para pebisnis dalam mempromosikan bisnisnya dengan jangkauan yang lebih luas.

 

Promosi menggunakan media sosial lebih disenangi karena bisa dilakukan dengan biaya yang hemat, asalkan Anda mengetahui caranya. Selain itu, Anda juga perlu memiliki panduan atau strategi yang tepat dalam menyelenggarakan social media marketing agar hasilnya optimal. Jadi, bagaimana tepatnya panduan lengkap social media marketing terbaru tahun ini? Berikut ulasannya.

 

Panduan Lengkap Social Media Marketing Terbaru

Sebelum merencanakan strategi marketing, Anda harus memilih platform atau sosial media mana yang akan digunakan terlebih dahulu. Apakah mau menggunakan pemasaran di Facebook, membuat konten Instagram carousel untuk mendatangkan audiens, memaksimalkan fitur fleet di Twitter, bekerja sama dengan Youtuber di YouTube, meningkatkan penjualan di LinkedIn, atau lainnya. Setiap platform media sosial tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Adapun berikut panduan lengkap social media marketing yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

 

 

  1. Instagram Marketing

Social media marketing dengan menggunakan Instagram cukup menjanjikan, mengingat platform ini memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan. Sebanyak 80% pengguna mengatakan bahwa postingan Instagram mempengaruhi buying decisions

 

Agar marketing di Instagram berjalan dengan baik dan hasilnya maksimal, Anda harus memiliki strategi yang tepat, misalnya beralih ke akun Instagram bisnis agar bisnis terlihat profesional dan kredibel. Setelah itu, Anda dapat mengoptimasi profil bisnis. Jangan lupa gunakan teknik copywriting saat membuat konten kreatif dan tambahkan hashtag unik untuk meningkatkan pencarian.

 

  1. Facebook Marketing

Selain Instagram, menerapkan strategi marketing di media sosial juga bisa menggunakan Facebook. Anda bisa menggunakan plafon ini untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Untuk mulai menggunakan Facebook marketing, gunakan langkah-langkah berikut ini:

 

  • Buat tujuan Facebook marketing yang jelas, apakah untuk meningkatkan penjualan, engagement, traffic website, atau mendapatkan lead.
  • Cari tahu target pasar yang tepat.
  • Buatlah ide konten yang menarik.
  • Posting konten dengan teratur sesuai jadwal atau dengan membuat kalender konten.

 

Pastikan Anda juga memiliki strategi penjualan yang tepat dan lengkapi profil bisnis agar terlihat profesional.

 

  1. Twitter Marketing

Twitter menjadi platform social media marketing yang tepat apabila Anda fokus terhadap brand visibility. Menurut data, sebanyak 80% pengguna Twitter melakukan mention brand dalam Twitter mereka, dan 50% brand mention tersebut berhasil menarik pembeli. 

 

Untuk bisa mendapatkan peluang tersebut, tentunya Anda harus memiliki strategi Twitter marketing yang tepat, seperti mengoptimalkan profil, membuat konten thread yang menarik dan menggunakan hashtag.

 

 

  1. Manfaatkan Plugin Sosial Media

Ketika menerapkan strategi social media marketing, Anda juga bisa memanfaatkan plugin atau kumpulan kode yang berfungsi sebagai fitur tambahan. Misalnya, apabila Anda pengguna WordPress, maka Anda bisa menginstal berbagai plugin yang dibutuhkan. Adapun plugin sosial media yang bisa dimanfaatkan mulai dari:

 

  • Auto publish, yaitu plugin yang berguna untuk membagikan artikel atau content yang terhubung ke media sosial secara otomatis.
  • Icon share, adalah ikon tombol share ke sosial media untuk memudahkan pengguna yang ingin melakukan share konten Anda langsung ke sosial media mereka, dengan tujuan memperkenalkannya ke teman di dalam jaringan pertemanan mereka.
  • Profil media sosial, yaitu profil media sosial yang bisa disediakan di website.
  • Plugin profil feed sosial berfungsi untuk menampilkan insight media sosial pada website.

 

Masih ada banyak lagi strategi social media marketing yang bisa Anda coba untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis Anda. Memang setiap strategi harus dipelajari dan dicoba sendiri. Trial and error dibutuhkan di sini sehingga Anda bisa mengetahui mana strategi yang paling cocok dan paling sesuai dengan bisnis Anda.

 

 

Cara lain yang lebih praktis, Anda bisa menghubungi Redcomm Indonesia, dan berdiskusi dengan tim profesional yang sudah berpengalaman dalam berbagai digital marketing strategies, memahami dengan baik tentang effective digital marketing campaigns, data-driven strategy, creative storytellers, digital media specialists. Redcomm juga berpengalaman sebagai social media activation & management, digital assets production, internet advertising, dan layanan serta jasa digital agency lainnya. 

 

Sebagai salah satu digital marketing agency Indonesia, Redcomm juga telah dinobatkan sebagai penerima penghargaan Gold selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2018 hingga tahun 2020, untuk kategori Indonesia Digital Agency Of The Year 2020, Independent Agency of the Year 2018 dan 2019, serta penghargaan Silver untuk kategori Independent Agency of the Year.

 

Itulah panduan lengkap social media marketing terbaru yang bisa Anda coba lakukan untuk meningkatkan penjualan.