MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Penggunaan Hashtag yang Efektif di Media Sosial pada Tahun 2023

 · 
2 min read
 · 
eye 883  
Social Media

redcomm

Penggunaan hashtag menjadi penting di media sosial karena membantu konten ditemukan dan mengarahkan traffic ke konten Anda sehingga Anda dapat meningkatkan tampilan, likes, dan shares

Menggunakannya hanya berdampak pada strategi media sosial Anda saat dilakukan dengan cara yang benar. Berikut beberapa tips umum:

  • Jangan berlebihan menggunakan hashtag setiap beberapa kata. Jumlah hashtag yang dapat digunakan tergantung pada platform yang Anda gunakan. Tetapi dalam sebagian besar kasus, satu hingga tiga hashtag dapat memiliki dampak lebih besar daripada banyak dari mereka.
  • Gunakan hashtag yang singkat dan mudah diingat daripada mencoba menggunakan banyak kata dalam satu tag
  • Jangan mencoba memilih hashtag yang terlalu cerdas atau tidak jelas. Jika Anda memilih tag yang tidak akan dicari oleh siapa pun, itu tidak akan menguntungkan pemasaran Anda karena tidak akan ditemukan.
  • Gunakan hashtag yang spesifik karena ini akan menghasilkan hasil yang lebih baik daripada yang luas. Istilah umum kemungkinan besar tidak akan dicari, dan jika Anda menggunakannya, konten Anda kemungkinan akan hilang di tengah konten yang tidak terkait.

Cara menggunakan hashtag di Twitter

Menggunakan hashtag yang relevan di Twitter dapat meningkatkan keterlibatan Anda, asalkan Anda tidak berlebihan. 

Satu atau dua hashtag per unggahan seharusnya sudah cukup. Ketika Anda menggunakan beberapa hashtag dan secara khusus meminta pengikut Anda untuk me-retweet, ini dapat menghasilkan lebih banyak keterlibatan.

Penggunaan hashtag di Twitter akan membuat unggahan Anda dapat diakses saat orang mencari tag Anda. Ini juga dapat membantu Anda menemukan percakapan untuk terlibat.

Untuk dampak yang lebih besar di platform ini, teliti hashtag yang sedang tren. Lihat daftar alat penelitian hashtag Twitter ini dan satu alat khusus untuk meneliti tren Twitter adalah Twitonomy.

Cara menggunakan hashtag di Facebook

Di Facebook, penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak hashtag. Biasanya, disarankan hanya menggunakan satu atau dua. 

Lebih dari itu akan membuat Anda terlihat tidak profesional dan dapat mengganggu mereka yang membaca unggahan Anda.

Anda dapat menemukan hashtag yang relevan dengan hanya mengetik kata kunci ke dalam pencarian.

Mungkin juga layak untuk kembali ke unggahan Facebook yang paling sukses Anda dan memposting ulang dengan hashtag yang relevan. 

Ini tidak hanya mengulang konten lama yang beresonansi dengan pengikut Anda, tetapi juga dapat menarik yang baru yang memiliki minat pada produk atau layanan Anda.

Cara Menggunakan Hashtag di LinkedIn

Di LinkedIn, orang tidak selalu menggunakan hashtag, tetapi mereka berfungsi di platform ini sama seperti platform lainnya. 

Sampai saat ini, LinkedIn tidak mengizinkan hashtag yang dapat diklik di dalam isi artikel sehingga Anda perlu menggunakan hashtag di dalam isi unggahan untuk membuat artikel Anda ditemukan.

Satu hingga tiga hashtag biasanya disarankan untuk LinkedIn. Ini dapat ditambahkan menggunakan tombol 'Add' di bawah 'Hashtags'.

Penggunaan hashtag di LinkedIn dapat memajukan unggahan Anda kepada orang di luar jaringan Anda. 

Katakanlah Anda memiliki 500 koneksi LinkedIn, unggahan tanpa hashtag membatasi konten Anda pada jaringan itu. 

Namun, jika Anda menggunakan hashtag seperti #MarketingTips, Anda mungkin tiga kali lipat jumlah orang yang melihatnya, meningkatkan keterlibatan dan kredibilitas unggahan Anda.

Cara Menggunakan Hashtag di Instagram

Menggunakan hashtag di Instagram dapat meningkatkan jangkauan dan keterlibatan. Jadi bebas menggunakan sepuluh atau sebelas hashtag yang relevan dan populer untuk Instagram Stories untuk mencapai audiens terluas.

Anda dapat menggunakan hingga 30 hashtag dalam unggahan reguler di Instagram. Anda mungkin tidak perlu menggunakan begitu banyak, tetapi baik untuk tahu bahwa penggunaan lebih banyak dapat diterima di sini, jadi Anda dapat bereksperimen.

Gunakan kotak pencarian untuk melihat hashtag apa yang digunakan oleh influencer atau pesaing untuk berinteraksi di Instagram. Karena ini adalah platform terbaik untuk banyak hashtag, coba berbagai macam dan gunakan pada unggahan, foto, dan komentar.

Cara Menggunakan Hashtag di TikTok

TikTokers menggunakan hashtag pada video mereka untuk mengkategorikan konten. Hashtag ini juga dapat diklik artinya konten Anda akan muncul bersama video relevan lainnya.

Seperti platform sosial lainnya, menggunakan hashtag di TikTok membantu meningkatkan jangkauan dan membantu algoritma TikTok untuk memutuskan pengguna mana yang melihat konten Anda di halaman 'For You' yang penting.

Batas untuk keterangan pada TikTok adalah 100 karakter, jadi tetap berada dalam batas itu untuk setiap hashtag

Itu cukup ruang untuk memungkinkan Anda bereksperimen untuk melihat apa yang berhasil. Cobalah campur aduk dengan menggunakan hashtag populer dan niche untuk mencapai jangkauan paling luas.

Perhatikan bahwa hashtag di TikTok berubah dengan cepat sehingga Anda perlu memantau halaman 'Temukan' untuk melihat tren apa yang sedang populer.


Dalam mencapai kesuksesan pemasaran, influencer marketing juga dapat menjadi strategi yang manjur. Maka dari itu, 7 Cara Brand Memanfaatkan Top Hashtag dalam Penerapan Influencer Marketing.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER