Walaupun ada banyak materi digital marketing atau tips social media campaign  yang bisa Anda pelajari dan terapkan, tidak semua strategi cocok dengan bisnis yang Anda jalankan. Itu sebabnya, Anda membutuhkan laporan performa secara menyeluruh dari berbagai akun media sosial bisnis, yang digunakan untuk menerapkan promosi online.

 

Laporan yang mendetail dan menyeluruh, dapat membantu Anda melihat sukses tidaknya promosi brand atau produk yang sudah dilakukan. Selain itu, informasi yang terdapat di dalam laporan juga membantu dalam penelusuran titik lemah dari strategi pemasaran yang Anda jalankan. 

 

Misalnya saja, ketika Anda menggunakan Twitter sebagai media promosi, dan ingin memperbaiki atau meningkatkan engagement di Twitter, Anda bisa melakukan Twitter audit.

 

Keuntungan Melakukan Twitter Audit

Melakukan audit akan membuat Anda mendapatkan gambaran paling nyata dari semua aktivitas di media sosial sejak hari pertama, tak terkecuali di Twitter bisnis Anda. Dari data yang didapatkan, Anda bisa menganalisis semua aspek yang ada dalam akun Twitter, termasuk tweet, audiens, profil, dan juga para pengikut.

 

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa keuntungan dari melakukan Twitter audit? Melakukan pemeriksaan akun bisnis Anda di Twitter berguna untuk mengontrol dan menganalisis semua digital marketing strategist yang telah maupun sedang dijalankan.

 

Anda juga bisa tahu kesalahan dalam penerapan strategi promosi dan bisa menghindari kesalahan dalam melakukan Twitter marketing di kemudian hari. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kelebihannya dari audit akun Twitter!

 

  • Anda jadi tahu cara mulai melakukan Twitter marketing dengan tepat sasaran karena bisa mempelajari karakter audiens Twitter Anda.
  • Anda bisa melihat tweet mana yang paling disukai, postingan yang ramai mendapat komentar, dan yang banyak mendapat retweet.
  • Bisa review strategi marketing yang telah digunakan, dan melakukan peninjauan ulang. Anda bisa melakukan analisis pada tahap ini, Lalu, memikirkan strategi baru yang lebih tepat sasaran. 
  • Bisa membedakan followers palsu atau fake. Jadi, Anda bisa melihat siapa saja pengikut yang berinteraksi dan yang tidak. Perlu Anda ketahui, kualitas followers lebih baik dibandingkan dengan kuantitas. 
  • Melakukan analisis terkait konten tweet dibantu oleh tim digital marketing agency Jakarta.

 

 

Cara Memanfaatkan Twitter Audit untuk Meningkatkan Engagement

 

1. Tentukan Strategi Terlebih Dahulu

Sebelum Anda memanfaatkan Twitter audit, cari tahu dulu apa yang Anda inginkan dari penyelenggaraan campaign di Twitter. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness? Apakah ingin menjadi trendsetter di industri yang digeluti? Ataukah Anda ingin bersaing dengan kompetitor? 

 

Dengan adanya target yang spesifik, akan lebih mudah bagi Anda menemukan matriks yang paling tepat dan bisa membantu untuk memeriksa keseluruhan penyelenggaraan promosi menggunakan Twitter. 

 

2. Periksa Bagian Profil

Disadari atau tidak, hal pertama yang audiens atau netizen lihat dari media sosial milik brand adalah tampilan akun bisnisnya. Mereka akan menelusuri dari mulai foto profil, biodata, atau keterangan yang tertera pada profil akun. 

 

Calon pelanggan yang tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan, umumnya akan melihat keseriusan Anda dalam menginvestasikan pikiran serta waktu pada akun tersebut. Profil yang lengkap informasinya akan meningkatkan kepercayaan mereka, bahwa akun Anda memang asli. 

 

Semakin tinggi tingkat kepercayaan mereka pada brand Anda, semakin mudah bagi mereka mengambil keputusan. Apakah akan melakukan pembelian produk Anda atau justru berpindah ke kompetitor. 

 

Oleh karena itu, coba ingat-ingat kembali. Kapan terakhir kali, Anda mengubah foto profil pada akun Twitter bisnis Anda? Jika sudah sangat lama, segeralah ganti dengan yang paling baru. Periksa juga pada bagian bio singkat. Apakah sudah menggunakan data terbaru, memasang URL situs dari bisnis Anda, maupun memastikannya tidak berstatus private.

 

 

3. Audit Konten Tweet Anda

Melakukan audit konten tweet wajib dilakukan, agar Anda dan tim digital marketing agency Indonesia yang bekerja sama dengan Anda, bisa memperbaiki kelemahan konten di masa yang akan datang. 

 

Jadi, periksa kinerja dari setiap tweet dengan menganalisis analytics setiap tweet. Lalu, perhatikan tweet mana yang menonjol. Elemen apa saja yang membuat postingan tersebut menghasilkan banyak engagement?

 

Jika sudah, lakukan pendokumentasian, dan manfaatkan analisis tersebut untuk membuat konten tweet berikutnya. Kalau di kemudian hari, Anda kembali menemukan tweet atau konten yang sepi, lakukan kembali audit dan segera perbaiki.

 

4. Mengaudit Audiens atau Pemirsa

Ingin mempermudah proses pembuatan konten? Buatlah kalender konten dan manfaatkan preferensi audiens. Dengan Twitter analitik, Anda bisa melihat apa saja interest dari para audiens, entah itu terkait hobi, gender, usia, pekerjaan, berita yang paling banyak mereka baca, tren di sekitar mereka, dan sejenisnya. Berbekal informasi ini, Anda bisa menciptakan konten yang tepat sasaran dan terjadwal.

 

 

5. Periksa Akun yang Anda Ikuti dan Tingkatkan Skor Audit Twitter

Selain mengumpulkan pengikut, Anda juga harus memperhatikan akun-akun yang Anda ikuti pada Twitter bisnis tersebut. Pastikan mereka relevan dengan brand Anda. Jika tidak, sebaiknya segera unfollow saja.

 

Setelah melakukan semua langkah di atas, Anda akan mendapatkan wawasan berharga mengenai akun bisnis Anda dan menyadari bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membenahi Twitter bisnis Anda. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menghapus aktivitas atau konten lama yang tidak memiliki pengaruh positif dalam digital marketing strategist Anda yang baru.

 

Nah, itulah ulasan mengenai Twitter audit beserta manfaatnya untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan memaksimalkan brand of voice bisnis Anda. Gunakan semua informasi hasil audit untuk menciptakan strategi terbaru yang lebih jitu dalam menyukseskan kampanye digital Anda.