Apa itu Twitter audit? Jadi, Twitter Audit adalah proses evaluasi dan analisis akun Twitter guna menilai performa konten, interaksi, dan audiens.
Apa itu Twitter audit? Jadi, Twitter Audit adalah proses evaluasi dan analisis akun Twitter guna menilai performa konten, interaksi, dan audiens.
Melakukan Twitter audit memungkinkan Anda mengetahui tweet yang paling sukses, pola interaksi, followers yang paling aktif, bahkan siapa saja yang mungkin menjadi bot.
Lalu, bagaimana cara melakukan Twitter audit dan bisakah melalui cara ini mengoptimalkan strategi konten untuk mendapatkan engagement yang lebih baik? Yuk, baca penjelasan lengkapnya.
Melakukan audit akan membuat Anda mendapatkan gambaran paling nyata dari semua aktivitas di Twitter bisnis Anda.
Dari data yang didapatkan, Anda bisa menganalisis semua aspek yang ada dalam akun Twitter, termasuk tweet, audiens, profil, dan juga para pengikut.
Mungkin Anda bertanya-tanya, apa keuntungan dari melakukan Twitter audit? Melakukan pemeriksaan akun bisnis Anda di Twitter berguna untuk mengontrol dan menganalisis semua digital marketing strategist yang telah maupun sedang dijalankan.
Anda juga bisa tahu kesalahan dalam penerapan strategi promosi dan bisa menghindari kesalahan dalam melakukan Twitter marketing di kemudian hari.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat melakukan audit akun Twitter!
Sebelum memanfaatkan Twitter audit, cari tahu dulu apa yang Anda inginkan dari penyelenggaraan campaign di Twitter.
Apakah Anda ingin membangun brand awareness? Apakah ingin menjadi trendsetter di industri yang digeluti? Ingin bersaing dengan kompetitor? Atau Anda ingin mendapatkan trending topic di Twitter?
Dengan adanya target yang spesifik, akan lebih mudah bagi Anda menentukan metrik yang paling tepat dan bisa membantu memeriksa keseluruhan penyelenggaraan promosi menggunakan Twitter.
Disadari atau tidak, hal pertama yang audiens lihat dari media sosial milik brand adalah tampilan akun bisnisnya. Mereka akan menelusuri mulai dari foto profil, biodata, atau keterangan yang tertera pada profil akun.
Calon pelanggan yang tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan, umumnya akan melihat keseriusan Anda dalam menginvestasikan pikiran serta waktu pada akun tersebut.
Profil yang lengkap informasinya akan meningkatkan kepercayaan mereka, bahwa akun Anda memang asli.
Semakin tinggi tingkat kepercayaan audiens pada brand, semakin mudah bagi mereka mengambil keputusan. Apakah akan melakukan pembelian produk atau justru berpindah ke kompetitor.
Oleh karena itu, coba ingat-ingat kembali. Kapan terakhir kali, Anda mengubah foto profil di akun Twitter bisnis Anda?
Jika sudah sangat lama, segera ganti dengan yang paling baru. Periksa juga pada bagian bio singkat. Apakah sudah menggunakan data terbaru, memasang URL situs dari bisnis Anda, maupun memastikannya tidak berstatus private.
Melakukan audit konten tweet wajib dilakukan, agar Anda dan tim digital marketing agency Indonesia yang bekerja sama dengan Anda, bisa memperbaiki kelemahan konten di masa yang akan datang.
Jadi, periksa kinerja dari setiap tweet dengan menganalisis analytics setiap tweet. Lalu, perhatikan tweet mana yang menonjol. Elemen apa saja yang membuat postingan tersebut menghasilkan banyak engagement?
Jika sudah, lakukan pendokumentasian, dan manfaatkan hasil analisis yang sudah Anda lakukan untuk membuat konten tweet yang lebih baik.
Kalau di kemudian hari Anda kembali menemukan tweet atau konten yang sepi, lakukan kembali audit dan segera perbaiki.
Ingin mempermudah proses pembuatan konten? Buatlah kalender konten dan manfaatkan preferensi audiens.
Dengan Twitter analitik, Anda bisa melihat apa saja interest dari para audiens, entah itu terkait hobi, gender, usia, pekerjaan, berita yang paling banyak mereka baca, tren di sekitar mereka, dan sejenisnya.
Berbekal informasi ini, Anda bisa menciptakan konten yang tepat sasaran dan terjadwal. Apalagi kalau Anda sudah paham Jenis Konten Twitter yang Efektif untuk Meningkatkan Branding.
Selain mengumpulkan pengikut, Anda juga harus memperhatikan akun-akun yang Anda ikuti pada Twitter bisnis. Pastikan mereka relevan dengan brand Anda. Jika tidak, sebaiknya segera unfollow saja.
Anda perlu tahu kapan target audiens paling aktif di Twitter. Baru kemudian Anda buat penjadwalan ulang posting demi meningkatkan engagement.
Tweet yang diposting pada waktu yang optimal memiliki kemungkinan lebih besar untuk membangun interaksi dan mendapatkan jangkauan yang lebih luas.
Anda dapat menggunakan tools, seperti Buffer atau Hootsuite, untuk menjadwalkan tweet Anda di waktu-waktu terbaik.
Penggunaan hashtag yang relevan dan populer dapat membantu meningkatkan visibilitas tweet Anda. Berdasarkan data dari Twitter, penggunaan 1-2 hashtag dapat meningkatkan engagement sebanyak 21% . Namun, terlalu banyak hashtag justru bisa mengurangi engagement, jadi gunakan dengan hati-hati.
Setelah melakukan semua langkah Twitter audit di atas, semoga engagement Twitter Anda segera mengalami peningkatan ya. Lalu disusul dengan peningkatan interaksi dan brand of voice bisnis Anda.
Anda sudah tahu cara meningkatkan engagement di Twitter dengan Twitter audit, dan masih membutuhkan cara lain untuk optimasi konten Twitter. Untuk itu, coba baca juga Cara Memanfaatkan TweetDeck atau mengenai Twitter Buka-bukaan Soal Algoritmanya.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC