Masyarakat modern saat ini semakin jeli ketika memilih produk yang mau mereka beli. Fakta ini tak bisa dipungkiri, mengingat kebiasaan orang saat ini yang membaca review dari pengguna lain terlebih dulu.
Masyarakat modern saat ini semakin jeli ketika memilih produk yang mau mereka beli. Fakta ini tak bisa dipungkiri, mengingat kebiasaan orang saat ini yang membaca review dari pengguna lain terlebih dulu.
Inilah kenapa Anda perlu memahami User-Generated Content (UGC) dan bagaimana perannya dalam mendorong peningkatan angka penjualan.
Mari cari tahu dalam artikel ini tentang apa itu User-Generated Content, contoh, serta manfaatnya dalam upaya meningkatkan penjualan dan optimalisasi strategi pemasaran.
UGC atau User-Generated Content adalah segala jenis konten yang dihasilkan dan dibuat oleh pengguna produk dari suatu brand.
Konten buatan pengguna ini bisa berbentuk ulasan berbentuk tulisan di blog, foto produk di Instagram, video unboxing, hingga postingan jenis lainnya di media sosial atau berbagai platform digital.
UGC menjadi sangat penting dan berperan besar mempengaruhi keputusan pembelian konsumen karena isinya memang “suara asli” dari konsumen yang sudah menggunakan dan merasakan manfaat dari penggunaan produk Anda.
Konten UGC tersebut pada akhirnya bisa membantu Anda membangun kredibilitas dan kepercayaan yang mempengaruhi calon pembeli baru. Bahkan pengaruhnya lebih kuat daripada Anda menggunakan iklan berbayar.
Konten yang dibuat pengguna dapat memberikan bukti sosial yang kuat bagi bisnis Anda untuk membangun kepercayaan.
Ketika calon pelanggan baru melihat pelanggan yang sudah menggunakan atau merekomendasikan produk atau layanan Anda, calon pelanggan baru tersebut cenderung merasa lebih percaya dan termotivasi untuk mencoba sendiri.
Melibatkan pengguna dalam menciptakan konten juga membantu memperkuat ikatan antara bisnis dan pelanggan.
Ini mendorong keterlibatan aktif, membangun komunitas, dan menciptakan hubungan yang lebih dalam antara brand dan konsumen Anda. Secara lengkap, berikut beberapa cara memanfaatkan UGC:
Salah satu bentuk UGC yang paling efektif adalah ulasan produk yang jujur dan terpercaya dari pelanggan, terutama konten berbentuk video testimoni yang kemudian mereka tayangkan di media sosial.
Konten-konten berbentuk video testimoni menunjukkan secara langsung bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk dan pengalaman pengguna secara nyata dalam menggunakan produk yang diulas.
Di saat yang sama, pelanggan juga bisa berbagi cerita secara visual, menyampaikan pesan dengan emosi yang lebih kuat, dan menginspirasi orang lain untuk mempertimbangkan produk atau layanan Anda.
Testimoni memberikan bukti nyata tentang bagaimana keunggulan produk Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Penggunaan hashtag khusus dapat mendorong pengguna berkontribusi dengan konten yang dibuat pengguna di media sosial.
Ini juga menjadi cara terbaik yang bisa mendorong pengguna mau berbagi pengalaman mereka, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dan menciptakan buzz di kalangan pengguna media sosial.
Mengadakan lomba foto atau video pengguna adalah cara yang kreatif untuk mengumpulkan UGC yang menarik perhatian.
Dengan memberikan hadiah menarik, Anda dapat mendorong partisipasi pengguna dan memperoleh konten yang berkualitas tinggi untuk Anda gunakan sebagai materi promosi.
Anda juga bisa mendorong lebih banyak kontribusi dan memperkuat ikatan brand dan pelanggan dengan cara memberikan reward.
Misalnya, memberikan penghargaan, diskon eksklusif, hadiah berbentuk sample produk terbaru, atau kesempatan untuk berpartisipasi dalam kompetisi.
Mengumpulkan kutipan inspiratif dari pengguna yang membagikan cerita mereka tentang bagaimana produk atau layanan Anda dapat memengaruhi hidup dan menciptakan daya tarik emosional bagi calon pelanggan baru.
Kutipan-kutipan ini dapat Anda gunakan dalam kampanye pemasaran dan materi promosi lainnya.
Dalam dunia yang semakin terhubung, menggabungkan konten yang dibuat pengguna menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran sosial.
Dengan mengikutsertakan pengguna dalam menciptakan dan mempromosikan konten, Anda dapat meningkatkan keterlibatan, membangun kepercayaan, dan memperluas jangkauan merek Anda secara signifikan.
Contoh memanfaatkan UGC terbaru dan bisa Anda tiru, yaitu yang dilakukan Coca-Cola melalui kontes “Create Real Magic”. Di dalam konten ini, peserta diminta mengunduh dan mengirimkan karya terbaik.
Nanti karya pemenang akan berpeluang dipajang di billboard digital Coca-Cola yang ada di Times Square New York dan Piccadilly Circus London.
Ulasan lengkap mengenai contoh UGC dari brand minuman ternama satu ini bisa Anda baca secara lengkap di artikel berjudul Coca-Cola Rilis Generasi UGC Baru dengan Seni AI.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC