MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Lebih Untung Mana, Promosi dengan Social Media Marketing atau Pasang Iklan Berbayar?

29 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 14.859  
Social Media

redcomm

Anda bisa menempuh berbagai cara untuk melakukan pemasaran melalui internet atau media digital. Salah satunya dengan menerapkan strategi social media marketing dan pemasangan iklan berbayar.

Kedua cara tersebut sudah banyak terbukti ampuh untuk menjangkau pelanggan dari kaum milenial, yang mana gemar menggunakan media sosial dan internet dalam keseharian.

Lalu, bagaimana dengan pemasangan iklan berbayar? Jangkauan target iklan yang seperti apa yang cocok untuk promosi dengan pasang iklan berbayar? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Membandingkan Efektivitas Social Media Marketing dan Iklan Berbayar

Kalau Anda bertanya lebih untung mana, promosi menggunakan strategi social media marketing atau pasang iklan berbayar dalam melakukan pemasaran digital, maka jawabannya ada pada penjelasan dua poin berikut:

1. Keuntungan dan Kekurangan Social Media Marketing untuk Promosi Produk

Social media marketing adalah strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan platform media sosial sebagai sarana mempromosikan produk, layanan, maupun brand.

Semua aktivitas promosi dan pemasaran di media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, LinkedIn, TikTok, YouTube, Podcast, bahkan Pinterest, bisa Anda lakukan secara gratis lho. 

Meskipun gratis, menjadikan media sosial sebagai media promosi online telah terbukti mampu meningkatkan brand awareness, juga penjualan produk dan jasa. 

Apalagi kalau melihat hasil survei dari We Are Social, pengguna aktif di media sosial yang berasal dari Indonesia per Januari 2023 telah mengalami peningkatan sebanyak 167 juta pengguna, dan akan terus meningkat di tahun 2024.

Untuk memulai digital marketing pada platform media sosial, tentunya Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

  • Membuat akun media sosial untuk bisnis.
  • Menyiapkan konten dengan cermat, mulai dari menyesuaikan format konten dengan media yang mau digunakan, memastikan isi konten informatif, menarik, serta sesuai dengan kategori usia para pengguna terbanyak di platform tersebut.
  • Menyiapkan deskripsi atau caption yang mengundang rasa penasaran calon pelanggan dan pemilihan kosakatanya sesuai usia target pasar.
  • Menggaet followers dan menciptakan interaksi yang solid untuk mendapatkan kepercayaan mereka, dan membuat mereka mau mengenal dan menggunakan produk Anda.

Salah satu contoh social media marketing untuk pengguna TikTok dan Instagram yang kebanyakan adalah generasi milenial adalah video life hacks singkat yang tetap informatif dan menarik perhatian. 

Video ini akan mengundang lebih banyak penonton sehingga angka view jadi lebih tinggi kalau Anda melengkapinya dengan caption copywriting yang menarik perhatian mereka untuk berkomentar.

Hal berikutnya, jangan terlena akan kemudahan dan tidak ada biaya dalam penggunaan media sosial sebagai wadah promosi ya. 

Sebab untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus meluangkan waktu dan tenaga dalam melakukan strategi social media marketing

Tanpa riset yang berkesinambungan, konten yang Anda buat belum tentu bisa menjangkau target pasar dengan maksimal. Hal ini karena persaingan konten yang sangat tinggi. 

Untuk bisa mengoptimalkan social media marketing, Anda bisa juga menggandeng social media agency, creative media agency, digital agency Indonesia, digital marketing agency Jakarta, atau digital agency yang benar-benar paham dengan penerapan social media and digital marketing

2. Kelebihan dan Kekurangan Pasang Iklan Berbayar

Iklan berbayar atau paid ads adalah cara pemasaran digital menggunakan iklan di platform tertentu. Tujuannya, untuk menarik perhatian dan mengajak sebanyak mungkin orang berkunjung ke halaman produk.

Untuk menggunakan fitur iklan ini, tentunya Anda harus membayar biaya pemasangan iklan pada penyedia layanan yang Anda pilih.

Jika dulu hanya ada Google Ads dengan fitur paid search, saat ini ada pilihan platform lain untuk memasang iklan media digital. 

Ya, Anda bisa pasang iklan berbayar di media sosial, seperti Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, YouTube Ads, Linkedln, dan lain-lain. Iklan di media sosial juga dikenal dengan sebutan social media advertising atau paid social.

Dengan memasang iklan media sosial melalui digital advertising agency, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari promosi yang dilakukan, seperti:

  • Ketika menggunakan paid social, kemungkinan menargetkan calon pelanggan bisa lebih spesifik atau sesuai target. Bahkan Anda dapat menyesuaikan iklan dengan demografi, baik dari segi gender, usia, pekerjaan, hobi, hingga minat mereka.
  • Pasang iklan berbayar di media sosial bisa turut meningkatkan awareness, consideration, conversations, views, serta engagement yang maksimal untuk bisnis karena format iklannya lebih beragam.

Pemasangan iklan berbayar jelas sangat menguntungkan dalam upaya menarik calon pelanggan baru maupun meningkatkan penjualan dari pelanggan lama. 

Anda tak perlu repot melakukan berbagai cara agar media sosial bisnis banyak pengunjung. Iklan berbayar memungkinkan calon pelanggan yang bukan followers juga bisa tahu keberadaan produk atau bisnis Anda secara lebih praktis. 

Namun tentu saja Anda harus menyiapkan anggaran iklan yang lebih banyak dibandingkan dengan melakukan social media marketing yang natural atau organik.

Jadi, kita bisa menarik kesimpulan kalau pasang iklan berbayar di media sosial membuat kegiatan promosi lebih efektif daripada menggunakan social media marketing tanpa iklan. Meski begitu, pilihan tetap di tangan Anda. Kalau bimbang menentukan pilihan, yuk konsultasikan kebutuhan Anda dengan klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER