MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Ampuh Jadi Viral di TikTok

 · 
2 min read
 · 
eye 356  
Social Media

redcomm

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan dan jutaan video diunggah setiap hari, butuh kerja keras untuk tampil beda di TikTok

Tapi, ini bisa terjadi, bahkan akun kecil pun bisa jadi viral di TikTok.

Nah, buat kamu yang ingin mengembangkan akun TikTok-mu dan dikenal banyak orang, ada 5 tips nih yang bisa membantu meningkatkan peluangmu jadi viral di platform ini.

1. Ikutin trend yang lagi hits

TikTok dikenal dengan musik dan suara yang selalu hits, dan menggabungkan sound populer ke dalam kontenmu bisa meningkatkan peluang jadi viral. 

Kenapa? Karena ini bikin video kamu lebih catchy dan bikin orang nonton lebih lama, penonton sudah tahu apa yang akan mereka dapatkan di video kamu

Bahkan jika kamu sudah rekam suara sendiri untuk video, tambahkan sound viral sebagai background track untuk meningkatkan peluang jadi viral. 

Kamu bisa atur volume lagu lebih rendah dibandingkan dengan suara pembicaraanmu.

Catatan penting nih, akun merek punya akses terbatas ke Commercial Music Library. Jadi, pastikan akunmu bisa pakai suara tersebut. 

2. Bikin konten yang tidak bisa dilewatkan

Bikin konten yang tidak bisa dilewatkan adalah salah satu faktor paling penting buat jadi viral di TikTok. 

Jenis konten apa yang biasanya orang suka share sama teman-temannya? Ini dia beberapa tema yang udah terbukti ampuh:

  • Lucu/seru. Siapa yang tidak suka mention akun temannya dengan meme lucu atau kirim video kocak ke group chat, kan?
  • Edukatif. #LearnOnTikTok adalah hashtag populer dengan alasan, jadi ajarin orang sesuatu! Kalau itu sesuatu yang mengejutkan atau unik, kemungkinan besar orang bakal mau share ilmu itu ke orang lain.
  • Inspiratif. Kamu bisa menginspirasi orang dengan berbagai cara, dengan menunjukkan cara meningkatkan penampilan atau lifestyle dan memberi ide yang bisa masuk wishlist mereka. Kalau kamu bisa menginspirasi seseorang sampai mereka ingin ubah perilaku atau hidupnya, biasanya mereka mau share ke orang lain.

3. Perhatikan durasi video

TikTok menganalisis waktu nonton rata-rata sebagai bagian dari algoritmanya. Jadi, kamu perlu bikin penonton tertarik dalam beberapa detik pertama dan kasih alasan buat mereka nonton video kamu sampai habis. 

Walaupun TikTok sekarang sudah memperpanjang durasi video, secara umum, semakin pendek, semakin bagus. 

Tapi, kalau kamu mau bikin video yang lebih panjang, ceritakanlah sebuah kisah dan ikuti format yang konsisten.

Untuk mengetahui hook yang paling efektif, lihat statistik TikTok kamu buat lihat video mana yang punya waktu tonton rata-rata tertinggi.

4. Berteman dengan penonton dan bikin peluang untuk komentar

Interaksi sama penonton itu penting banget buat membangun pengikut di TikTok. 

Balas komentar dan pesan di video kamu, serta tidak ada salahnya juga nge-like atau komen di video yang sejenis atau pake hashtag yang sama seperti punyamu. 

Dengan cara ini, kamu bisa bangun komunitas seputar kontenmu dan mendorong orang buat share video kamu ke pengikut mereka.

Pengikut juga membalas komentar dengan humor. Kadang-kadang, jawaban mereka lebih lucu dibandingkan videonya sendiri.

Ingat, punya tingkat keterlibatan tinggi bisa bikin TikTok share video kamu di lebih banyak FYP. 

Kamu bisa bantu tingkatkan engagement rate dengan sengaja meninggalkan "umpan komentar" di video kamu.

Ide-ide umpan komentar:

  • Buat CTA di akhir video. Kamu bisa coba kalimat seperti "hit the plus button for more content like this," atau "coba komen dong, apa yang harus aku tunjukkan di video berikutnya," dll.
  • Biarkan beberapa pertanyaan belum terjawab. Jangan terlalu bikin bingung atau samar, tapi daripada jawab semua pertanyaan di video, biarkan beberapa pertanyaan bisa ditanyakan dan dijawab di komentar.

5. Jadi diri sendiri yang asli

Orang lebih suka berinteraksi dengan dan berbagi konten yang terasa asli dan tulus. Jangan takut untuk menunjukkan kepribadianmu dan jadi dirimu sendiri dalam video TikTok. 

Biarkan itu mengarahkan kontenmu juga, karena orang cenderung lebih suka nonton dan share video dari kreator dan merek yang menunjukkan gairah dalam kontennya.

TikTok adalah platform di mana kreativitas dan ekspresi diri berkembang, dan semakin seru kamu membuat konten, semakin mungkin itu akan respon positif dari penontonmu.

Ingat, jadi viral tidak dijamin, tapi dengan strategi yang tepat dan sedikit keberuntungan, kamu bisa sukses di platform ini. 

Mengikuti tips-tips ini akan membantu meningkatkan peluangmu membuat konten yang patut dibagikan dan menjadi viral di TikTok.

Lalu agar memaksimalkan tingkat keberhasilan promosi yang kamu lakukan di TikTok, tidak ada salahnya menghindari berbagai kesalahan yang mungkin terjadi. Cek di sini 3 Kesalahan Promosi di TikTok yang Harus Anda Hindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC