Setiap marketer memiliki tujuan utama dalam menjalankan strategi marketing. Salah satunya, meningkatkan konversi.
Setiap marketer memiliki tujuan utama dalam menjalankan strategi marketing. Salah satunya, meningkatkan konversi.
Namun, tidak semua orang yang melihat iklan Anda langsung menuju ke website dan melakukan pembelian. Untuk itu, Anda perlu strategi digital marketing yang tepat agar konsumen tetap setia pada bisnis Anda.
Banyak perusahaan B2B mengatakan bahwa content marketing mampu menghasilkan lebih banyak prospek dibandingkan strategi pemasaran yang masih tradisional. Konten media sosial masuk ke dalam salah satu jenis content marketing.
Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan tren content marketing sebaik mungkin, baik secara organik maupun berbayar.
Facebook dan Instagram menjadi media sosial paling populer yang sering digunakan untuk melakukan promosi secara online.
Jika tertarik menggunakannya, berikut beberapa tips meningkatkan penjualan di Facebook dan promosi di Instagram yang dapat Anda coba.
Saat Anda mulai berfokus pada pelanggan, hal utama yang perlu dilakukan adalah memberikan value terbaik kepada mereka.
Salah satu caranya, dengan membuat berbagai konten berkualitas yang mampu memenuhi apa yang audiens butuhkan sehingga mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
Menurut Andrew Davis, seorang pakar konten marketing, konten akan membangun sebuah hubungan, dan hubungan itu dibangun di atas kepercayaan. Adapun kepercayaan mendorong naiknya pendapatan.
Oleh sebab itu, Anda dapat membuat website perusahaan semenarik mungkin dan mengisinya dengan aneka informasi bermanfaat yang dapat dipercaya, sehingga berpotensi dibagikan oleh audiens ke berbagai media sosial yang mereka miliki.
Konversi adalah tujuan utama dari sebagian besar iklan yang Anda temukan di media sosial. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, Anda harus memiliki customer relationship management yang baik.
Untuk mendapatkan konversi yang lebih baik, gunakan iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook dan Instagram.
Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti kualitas konten, materi iklan, dan penempatan iklan yang dijalankan. Hal ini akan berpengaruh pada hasil yang Anda dapatkan.
Lakukan A/B testing sekaligus analisis dari setiap langkah yang dilakukan, agar Anda menemukan strategi iklan yang tepat dan menghasilkan.
Iklan memang akan memberikan lebih banyak visibilitas, tetapi Anda memerlukan konten organik atau konten evergreen yang dibagikan setiap hari untuk membangun hubungan baik dengan audiens.
Percayalah, mereka selalu menunggu sesuatu yang menarik, meski mungkin tak semua audiens merupakan followers sejati Anda.
Oleh karena itu, walaupun digunakan untuk keperluan promosi, media sosial yang Anda miliki juga harus diselingi dengan konten organik yang bermanfaat bagi followers.
Interaksi yang terjadi dari konten organik akan membuat pelanggan selalu terhubung dengan Anda. Apalagi jika Anda mampu membuat mereka terlibat dalam konten yang dibagikan.
Sesekali, Anda juga dapat memberikan hadiah atau sample produk gratis kepada audiens. Cukup banyak perilaku followers yang menunjukkan kalau mereka menyukai postingan yang terdapat hadiah di dalamnya.
Dengan memberikan hadiah kepada followers, Anda dapat meningkatkan interaksi dan bukan tidak mungkin nantinya mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.
Dengan melakukan segmentasi audiens berdasarkan usia, gender, geografis, tingkat pendidikan, dan sebagainya, Anda dapat membuat konten promosi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menentukan metode promosi yang digunakan, baik menggunakan email maupun media lainnya.
Selalu kenali karakteristik audiens karena setiap orang memiliki pertimbangan tersendiri sebelum memutuskan membeli sesuatu.
Ketika audiens melakukan proses registrasi pada layanan Anda, tentunya mereka akan memberi beberapa informasi penting, termasuk nomor handphone atau email yang digunakan.
Anda dapat menyimpan data tersebut untuk melakukan retargeting terhadap calon konsumen yang pernah berinteraksi dengan konten Anda.
Berikan penawaran kepada mereka melalui email marketing atau nomor handphone tersebut untuk meningkatkan konversi Anda.
Pastikan Anda selalu memeriksa nilai statistik karena data analitik akan membantu Anda merancang strategi promosi yang lebih efektif.
Perhatikan bagaimana postingan Anda mampu menarik interaksi audiens. Pertimbangkan berbagai aspek, seperti video untuk memasarkan produk, deskripsi gambar, carousel, dan lain sebagainya.
Jika kesulitan melakukan analisis terhadap data yang dihasilkan dari penyelenggaraan digital marketing dan social media campaign, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia atau digital marketing agency Jakarta, seperti Redcomm.
Digital agency seperti Redcomm biasanya memiliki tim yang terdiri dari orang-orang dengan kemampuan sesuai spesialisasi yang diperlukan.
Mereka ahli dalam hal online marketing services, local advertising, internet marketing strategies, digital marketing social media, dan masih banyak lagi.
Mereka juga memiliki keahlian dalam melakukan media planning, media buying, creative campaign, best digital marketing strategies, ad agency websites, juga dapat membantu Anda melakukan branding, dan meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Langsung saja hubungi Kontak Redcomm.
Tak ada satu pun yang dapat memprediksi perilaku konsumen. Perilaku mereka cenderung mudah berubah, bahkan dalam waktu yang terbilang cepat.
Bisa saja setelah Anda melakukan berbagai strategi marketing dan mengikuti tips yang ditulis di atas, tetap saja banyak calon customer yang tidak membeli produk atau tidak berkunjung ke website Anda.
Saat Anda telah mencoba menyajikan konten yang relevan dan melakukan iklan penargetan ulang, tetapi belum juga memberikan hasil sesuai keinginan, Anda harus tetap berusaha.
Teruslah lakukan edukasi yang positif terhadap audiens. Suatu hari, bisa saja mereka mempertimbangkan untuk mengambil tawaran Anda.
Semoga tips meningkatkan konversi menggunakan Facebook dan Instagram ini bisa segera Anda coba dan mendapatkan hasil yang sesuai harapan.
Cara lain, cobalah Menggali Consumer Insight dari Data Facebook untuk Membidik Konsumen Premium. Semoga setelahnya, bisnis Anda menjadi lebih baik dan menghasilkan peningkatan pendapatan sesuai harapan.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC