knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
9 Tips Bekerja de...

9 Tips Bekerja dengan Algoritma Instagram

21 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 79.057  
Social Media

Bekerja Dengan Algoritma Instagram

Setiap platform maupun search engine mempunyai algoritma yang berbeda satu sama lain, termasuk Instagram.

Algoritma Instagram adalah parameter untuk menentukan konten mana yang banyak dilihat setiap pengguna Instagram membuka feed

Saat ini, penggunaan kecerdasan buatan telah diimplementasikan dalam parameter algoritma Instagram sehingga cara menampilkan konten Anda akan terus berkembang.

Bagi digital marketing strategist, perhatikan hal ini saat bekerja menggunakan algoritma Instagram untuk meningkat kinerja social media campaign di Instagram. 

3 Cara Kerja Algoritma Instagram 

Feed setiap pengguna Instagram sudah diatur agar sesuai dengan algoritma Instagram, termasuk akun digital business Anda.

Lalu, apa saja yang mempengaruhi cara kerja algoritma Instagram? Ada tiga kriteria yang akan Redcomm uraikan di bawah ini!

1. Hubungan atau Relationship

Instagram mempunyai misi untuk membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu dalam aplikasinya. 

Oleh karena itu, salah satu algoritma Instagram menonjolkan postingan dari akun-akun yang sudah saling terhubung atau sering berinteraksi.

Jadi, tampilan feed Anda ketika pertama kali membuka Instagram akan memunculkan postingan dari akun-akun yang terakhir kali berinteraksi dengan Anda.

Interaksi yang dimaksudkan di sini bisa dalam bentuk saling memberi likes, komentar, DM, mention, dan tagging.

2. Ketertarikan atau Interest

Jika Anda menikmati beberapa postingan sebelumnya, algoritma akan menunjukkan jenis atau tema yang sama kepada Anda di sesi selanjutnya.

Misalnya, Anda sering memberikan likes, komentar, atau melakukan pencarian pada gambar maupun video tentang skincare dan healthy food

Selanjutnya saat membuka feed, postingan dengan tema tersebut akan muncul kembali di beranda Anda. 

3. Ketepatan Waktu atau Timeliness

Postingan terbaru cenderung mendapat kesempatan lebih besar untuk tampil di feed pengguna, dan aturan ini masih berlaku dalam penerapan algoritma Instagram saat ini.

Agar tetap bertahan di feed utama followers, Anda harus memiliki konten yang relevan dengan minat mereka.

Selain harus memilih waktu posting yang tepat, Anda juga perlu mengunggah konten yang diminati followers agar bisa bertahan lama.

Selain itu masih ada dua kriteria lain, yaitu frekuensi penggunaan dan akun-akun yang Anda ikuti.

9 Cara Bekerja dengan Algoritma Instagram 

Berikut tips dan cara yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan performa akun Instagram dan meningkatkan keterjangkauan setiap konten Anda berdasarkan algoritma Instagram.

1. Posting secara Konsisten

Melakukan posting di Instagram secara konsisten tidak hanya bermanfaat memperluas reach dan meningkatkan interaksi, tetapi juga memudahkan akun Anda beradaptasi dengan algoritma yang mereka miliki. 

Buat kalender konten untuk memudahkan Anda menentukan waktu posting konten terbaru, sesuaikan dengan data insight yang tersedia di akun Anda.

Ini berkaitan dengan performa setiap akun yang memang berbeda-beda.

2. Analisis Akun Anda 

Jika akun Instagram sudah dialihkan ke akun bisnis atau kreator, Anda akan mendapatkan fitur insight pada akun tersebut.

Fitur ini berguna untuk mengetahui konten mana yang berpengaruh pada audiens? Apakah mereka lebih menyukai video atau foto? Berapa banyak kunjungan yang datang dari hashtag?

Mempelajari data insight, akan memudahkan pekerjaan Anda saat merencanakan konten karena sudah mengetahui lebih dalam mengenai audiens yang Anda miliki.

Misalnya, kapan mereka online, konten seperti apa yang banyak mereka sukai, dari mana asal lokasinya, hingga usia dan jenis kelamin mereka. Semuanya bisa dibaca dengan mudah pada data yang terdapat di insight.

3. Repost Konten yang Menarik

Setelah mengatur kalender konten, selanjutnya temukan konten apa yang menarik bagi followers Anda.

Posting ulang konten yang memiliki banyak interaksi untuk membantu akun Anda mendapat lebih banyak kunjungan baru.

4. Berikan Reward pada Audiens

Ada banyak cara menghasilkan lebih banyak traffic dan interaksi dalam penerapan strategi digital marketing di Instagram.

Salah satunya dengan memberikan reward kepada audiens. Tidak harus berbentuk uang atau barang, Anda bisa memberikan reward dalam bentuk User Generate Content (UGC).

Saat ini, banyak akun besar Instagram yang melakukan posting ulang konten dari audiens.

Selain untuk menghasilkan konten baru dengan cepat, ini juga memberikan kepuasan dan mempererat hubungan dengan pemilik konten yang Anda repost.

5. Berkolaborasi

Jika ingin memperluas jangkauan akun digital business Anda, cobalah berkolaborasi dengan influencer Instagram.

Temukan orang yang sesuai dengan audiens Anda agar kolaborasi yang dilakukan bisa saling melengkapi dan memberikan keuntungan atau feedback.

6. Membangun Hubungan yang Berkualitas

Memiliki hubungan yang baik dengan followers dapat membuat akun Anda berkembang lebih cepat. Untuk bisa membangun hubungan yang berkualitas, coba ikuti beberapa cara berikut:

  • Mengajukan pertanyaan atau membuat Q&A dalam social media campaign Instagram melalui caption atau story, yang akan berdampak pada peningkatan engagement Instagram.
  • Memberi respons terhadap pesan yang masuk dari pelanggan, baik melalui direct message maupun kolom komentar. Lakukan dengan cepat dan gunakan bahasa yang baik.
  • Cobalah berinteraksi dengan akun lain, seperti memberi like atau komentar pada akun pelanggan maupun akun lain yang sesuai dengan tema Anda, selama itu bukan akun kompetitor Anda.

7. Gunakan Hashtag yang Tepat

Instagram menggunakan hashtag untuk mengelompokkan jenis konten atau topik. 

Sematkan hashtag yang tepat pada setiap postingan, agar unggahan Anda bisa dilihat lebih banyak pengguna lain.

Semakin populer hashtag, semakin banyak juga orang yang mencari atau menggunakan tagar tersebut.

Di saat yang sama, lakukan riset hashtag. Beberapa hashtag populer bisa berpengaruh negatif pada akun Anda, yang terburuk menyebabkan akun terkena banned.

8. Posting pada Waktu yang Tepat

Setiap akun Instagram memiliki waktu terbaik dalam melakukan posting konten terbaru. Oleh karena itu, pelajari kebiasaan audiens.

Lakukan posting saat audiens online. Selain berpatokan pada waktu tertentu, Anda juga bisa menyesuaikan dengan kalender konten dan data insight akun Anda.

9. Gunakan Fitur Instagram Secara Maksimal

Instagram memiliki berbagai fitur seperti Instagram Stories, Reels, dan Live, yang dapat membantu meningkatkan visibilitas konten.

Dengan menggunakan semua fitur ini, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam.

Misalnya, Reels dapat membantu konten muncul di halaman Explore, sementara Instagram Stories memungkinkan interaksi yang lebih personal dengan pengikut Anda.

Anda juga bisa mengeksplorasi dan memanfaatkan setiap fitur yang tersedia agar algoritma Instagram lebih mudah mengenali dan mempromosikan konten Anda.


Itulah sedikit gambaran sederhana tentang algoritma Instagram dan cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja akun Instagram. 

Misalkan butuh bantuan atau teman diskusi agar penerapan digital marketing strategist Anda lebih baik, bekerja sama saja dengan social media agency atau digital agency Indonesia seperti Redcomm.

Mengoptimalkan penggunaan Instagram secara tepat akan sangat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang di kalangan generasi milenial.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER