Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif per bulan, Instagram membuka peluang besar bagi brand dan pemilik bisnis untuk terhubung dengan audiens.
Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif per bulan, Instagram membuka peluang besar bagi brand dan pemilik bisnis untuk terhubung dengan audiens.
Salah satu fitur yang sering kali diabaikan adalah Instagram insight, yang sebenarnya memegang kunci penting dalam merancang strategi konten yang sukses.
Apakah Anda sudah tahu apa itu Instagram insight, fungsi, dan cara menggunakan data Instagram insight untuk mengembangkan rencana konten? Jika belum, Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai.
Instagram insights adalah fitur analitik bawaan Instagram yang bisa membantu Anda melakukan analisis dan melacak performa konten, memahami audiens, dan mengukur interaksi yang terjadi pada setiap konten.
Melalui fitur ini, Anda dapat mengakses berbagai data statistik dan berbagai metrik penting dalam social media campaign di Instagram, seperti jangkauan, tayangan, engagement Instagram (komentar, like, share, dan save, serta demografi audiens, seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi.
Anda bisa menggunakan seluruh fitur analitik ini kalau sudah menggunakan akun bisnis atau kreator.
Jadi setiap posting konten, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai performa tiap postingan, mulai dari konten di feed Instagram, Story IG, Reels, hingga iklan yang Anda pasang di Instagram Ads.
Memaksimalkan penggunaan data yang ada dalam Instagram insight bisa dikatakan sebagai kunci untuk mengoptimalkan online presence Anda di media sosial ini.
Tak hanya untuk memahami audiens dan mengembangkan rencana konten. Pada akhirnya, data tersebut juga sangat membantu ketika Anda perlu merancang strategi promosi dan pemasaran yang bisa menciptakan lebih banyak konversi.
Lalu, bagaimana cara menggunakan data dari Instagram insight agar bisa membantu dalam proses pembuatan konten? Lanjutkan membaca penjelasannya di bawah ini.
Salah satu aspek yang paling penting dari penggunaan Instagram insights adalah kemampuannya untuk membantu Anda mengidentifikasi target audiens dan metrik penting lainnya.
Beberapa metrik tersebut, antara lain jangkauan, impresi, interaksi hingga demografi audiens. Pada data demografi, misalnya, Anda bisa mengetahui usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis pengikut. Data ini membantu Anda membuat konten yang relevan dan cocok untuk mereka.
Metrik lainnya yang juga perlu Anda pantau dan nanti disesuaikan dengan konten, yaitu:
Contoh pemanfaatan data untuk pembuatan konten, misalnya Anda ingin meningkatkan brand awareness, maka fokuslah pada metrik jangkauan di mana konten Anda harus bisa menjangkau lebih banyak orang.
Sementara jika Anda ingin meningkatkan interaksi, pastikan Anda berfokus pada bagaimana konten Anda bisa memancing interaksi sebanyak mungkin. Inilah yang nanti akan memperbesar angka di metrik engagement.
Atau Anda punya tujuan lain yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan kampanye di media sosial? Jika iya, Anda bisa berdiskusi dulu dengan tim dari digital marketing agency Jakarta, Indonesia, yang memiliki keahlian social media marketing dan data driven marketing. Langsung saja klik Kontak Redcomm.
Melalui Instagram insights, Anda dapat melihat kinerja postingan, termasuk memahami jenis konten apa yang paling berhasil sehingga ada banyak audiens yang berinteraksi di konten tersebut.
Setelah menganalisis data dari Instagram insights, Anda dapat menyusun rencana konten yang lebih terarah. Gunakan temuan Anda terkait demografi pengikut, perilaku mereka, dan kinerja postingan untuk mengembangkan konten yang menarik dan relevan.
Menggunakan data insight yang sudah disediakan Instagram di dalam platformnya juga bisa Anda gunakan untuk mencari tahu perilaku followers.
Salah satunya, Anda jadi tahu pada jam berapa audiens aktif di Instagram. Kemudian, Anda tinggal mengatur waktu posting konten agar sesuai dengan waktu aktif audiens.
Artinya, ketika Anda memprioritaskan publish konten saat audiens banyak yang online, maka potensi mereka berinteraksi dan terlibat dengan konten Anda jadi semakin tinggi.
Peningkatan jumlah pengikut adalah salah satu indikator keberhasilan di Instagram.
Nah, dengan memanfaatkan seluruh data analitik yang sudah Instagram sediakan, Anda juga bisa mengukur efektivitas konten dan mampu tidaknya konten membuat audiens mengikuti akun Anda.
Ini artinya, Anda mau tidak mau harus memantau pertumbuhan jumlah pengikut dari waktu ke waktu, serta membandingkan jumlah pengikut baru dengan jumlah pengikut yang hilang.
Dengan cara ini, Anda kemudian bisa mengambil tindakan yang tepat untuk merancang dan merencanakan konten yang lebih baik kedepannya.
Melalui Instagram Insights, Anda akan mengetahui jenis konten yang paling efektif dalam menarik perhatian dan keterlibatan pengikut.
Identifikasi jenis postingan yang paling sukses, apakah itu gambar, video, atau fitur Instagram stories, dan gunakan informasi ini untuk mengembangkan konten yang serupa di masa depan.
Anda sudah tahu cara menggunakan Instagram insight untuk mengembangkan rencana konten. Implementasi dan praktikkan cara di atas. Kemudian lengkapi strategi Anda menggunakan jenis konten Instagram Carousel yang bisa Mendatangkan Audiens.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC