MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Terbaik Meningkatkan Engagement Sesuai Algoritma Instagram

24 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 45.590  
Social Media

redcomm

Ada banyak cara meningkatkan engagement di Instagram. Salah satu cara terbaik adalah yang sesuai algoritma Instagram, yaitu membuat konten on-brand yang berkualitas tinggi. 

Selain itu, Anda juga perlu melakukan posting pada jam sibuk, buat konten video, kelola followers, dan posting konten yang dibutuhkan audiens.

Dengan membuat konten yang berkualitas, harapannya semakin banyak orang yang melihat konten tersebut hingga akhirnya ikut berinteraksi. Bahkan bisa membuat pengguna Instagram selain followers bisa menemukan konten di fitur Search & Explore maupun Activity

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan engagement di Instagram yang sesuai dengan algoritma Instagram? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 Cara Terbaik Meningkatkan Engagement di Instagram Sesuai Algoritma Instagram

1. Lakukan Posting Pada Jam Sibuk

Kapan tepatnya jam sibuk bagi setiap akun? Untuk hal ini, Anda sendiri yang menentukan. Cara melihatnya, klik klik Insight > Audience > Pengikut > Jam. 

Nanti Anda bisa melihat kapan tepatnya pengguna Instagram ramai sesuai akun Instagram Anda. Namun untuk bisa melihat data insight ini, akun Instagram Anda sudah akun bisnis.

Setelah tahu pada jam berapa followers melihat-lihat feed dan story Instagram Anda, pastikan di waktu tersebut Anda melakukan posting konten baru. Lebih baik lagi jika setiap hari Anda punya jadwal untuk posting, misalnya pagi, siang, dan malam.

2. Utamakan Jenis Konten Video

Berdasarkan algoritma Instagram Tahun 2020 memang disebutkan kalau Instagram tidak memprioritaskan konten berbentuk video atau hanya foto. Hal ini juga berlaku hingga tahun 2023 ini.

Tetapi secara logika sebenarnya Anda bisa melihat kalau konten foto hanya membuat audiens cuma sebentar berada di konten Anda, kemudian mereka berpindah ke postingan lain. 

Lain halnya kalau Anda posting video, maka waktu yang dibutuhkan audiens berinteraksi di konten tersebut akan jauh lebih lama. 

Maka kalau Anda ingin audiens menonton video sampai selesai sehingga engagement Instagram ikut meningkat, pastikan video yang Anda posting juga menarik, unik, dan bermanfaat bagi audiens. 

3. Kelola Follower dan Buat Mereka Setia

Mengelola para pengikut sangat penting karena interaksi yang mereka lakukan memberi pengaruh besar bagi peningkatan engagement rate Instagram

Dengan kata lain, cara meningkatkan engagement Instagram bisa dengan mengajak audiens atau followers Anda untuk terlibat dalam konten-konten yang Anda ciptakan.

Misalnya meminta followers memberi komentar atas caption yang Anda buat, ikut polling, giveaway berhadiah, berinteraksi di Instastory, dan sebagainya.

4. Gunakan Hashtag Secara Tepat Sasaran

Ada banyak saran untuk menggunakan hashtag populer agar jangkauan postingan Instagram menjadi lebih luas. Namun sebenarnya, semakin populer suatu hashtag, maka semakin banyak yang menggunakan. 

Padahal penggunaan hashtag dalam jumlah berlebihan juga hanya akan membuat bingung audiens.

Lebih baik, gunakan hashtag dalam jumlah sedikit, misalnya hanya satu dan dua saja, lalu ikuti dengan tagar khas dan unik milik Anda sendiri. Usahakan hashtag yang Anda gunakan juga bisa mendeskripsikan produk atau brand Anda. 

5. Posting Konten yang Dibutuhkan Audiens

Topik konten yang menurut Anda menarik, belum tentu menarik juga buat audiens lho. Alih-alih memilih topik yang Anda sukai, lebih baik fokuslah memproduksi konten yang memang audiens butuhkan.

Pastikan konten tersebut bisa menjadi solusi yang membantu audiens menyelesaikan masalah mereka.  Atau minimal, konten buatan Anda mampu menghibur, memberi inspirasi, berisi wawasan dan pengetahuan baru, atau hanya selingan ringan yang memotivasi. 

Contohnya, posting video lucu mengenai hewan peliharaan karena kebetulan banyak pengikut akun Anda yang suka dengan kucing, misalnya. 

Bisa pula Anda mengunggah teks yang dipadukan dengan image berdesain menarik tentang review suatu buku, mengingat pengguna Anda banyak pecinta buku dan gemar membaca. Yah, hal-hal semacam inilah yang perlu Anda perhatikan.

Ingat, orang akan dengan senang hati memberikan reaksi terhadap postingan apa pun yang muncul di beranda mereka, jika postingan tersebut mampu menggugah perasaan dan emosi mereka.


Dari 5 cara terbaik meningkatkan engagement di Instagram di atas, mana yang sudah Anda terapkan? Anda juga bisa lho memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di Instagram. Cek di sini ulasannya: Meningkatkan Engagement dengan Fitur Instagram Terbaru.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER