Ada banyak cara meningkatkan engagement di Instagram. Salah satu cara terbaik adalah yang sesuai algoritma Instagram, yaitu membuat konten on brand yang berkualitas tinggi.
Ada banyak cara meningkatkan engagement di Instagram. Salah satu cara terbaik adalah yang sesuai algoritma Instagram, yaitu membuat konten on brand yang berkualitas tinggi.
Selain itu, Anda juga perlu melakukan posting pada jam sibuk, membuat konten video, mengelola followers, dan posting konten yang dibutuhkan audiens.
Dengan membuat konten yang berkualitas, harapannya semakin banyak orang yang melihat konten tersebut hingga akhirnya ikut berinteraksi.
Bahkan konten yang bagus berpotensi membuat pengguna Instagram selain followers bisa menemukan konten di fitur Search & Explore maupun Activity.
Ada banyak tips yang bisa Anda terapkan sebagai cara meningkatkan engagement di Instagram selain membuat konten sesuai algoritma Instagram.
Beberapa di antaranya, yaitu posting konten di jam sibuk, mengutamakan jenis konten video, mengelola follower dan membuat mereka setia, menggunakan hashtag, dan memastikan konten relevan dengan audiens.
Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Kapan tepatnya jam sibuk bagi setiap akun? Untuk mengetahui ini, Anda sendiri yang menentukan. Cara melihatnya, klik Insight > Audience > Pengikut > Jam.
Nanti Anda bisa melihat kapan tepatnya pengguna Instagram ramai sesuai akun Instagram Anda. Namun untuk bisa melihat data insight ini, akun Instagram Anda sudah harus berupa akun bisnis.
Setelah tahu pada jam berapa followers melihat-lihat feed dan story Instagram Anda, pastikan di waktu tersebut Anda melakukan posting konten baru.
Lebih baik lagi jika setiap hari Anda punya kalender konten yang memuat jadwal untuk posting konten secara teratur, misalnya pagi, siang, dan malam.
Berdasarkan algoritma Instagram pada tahun 2020 memang disebutkan kalau Instagram tidak memprioritaskan konten berbentuk video atau hanya foto. Hal ini juga berlaku hingga tahun ini.
Tetapi secara logika sebenarnya Anda bisa melihat kalau konten foto hanya membuat audiens cuma sebentar berada di konten Anda, kemudian mereka berpindah ke postingan lain.
Lain halnya kalau Anda posting video, maka waktu yang dibutuhkan audiens berinteraksi di konten tersebut akan jauh lebih lama.
Jadi kalau Anda ingin audiens menonton video sampai selesai sehingga engagement Instagram ikut meningkat, pastikan video yang Anda posting juga menarik, unik, dan bermanfaat bagi mereka.
Mengelola para pengikut sangat penting karena interaksi yang mereka lakukan memberi pengaruh besar bagi peningkatan engagement rate Instagram.
Dengan kata lain, cara meningkatkan engagement Instagram bisa dengan mengajak audiens atau followers Anda untuk terlibat dalam konten-konten yang Anda ciptakan.
Misalnya meminta followers memberi komentar atas caption yang Anda buat, ikut polling, giveaway berhadiah, berinteraksi di Instastory, dan sebagainya.
Ada banyak saran untuk menggunakan hashtag populer agar jangkauan postingan Instagram menjadi lebih luas.
Namun tingkat persaingannya juga tinggi, mengingat semakin populer suatu hashtag, maka semakin banyak yang menggunakan.
Selain itu, hindari menggunakan hashtag dalam jumlah berlebihan karena dapat membuat bingung audiens.
Lebih baik, gunakan hashtag dalam jumlah sedikit, misalnya hanya satu dan dua saja, lalu ikuti dengan tagar khas dan unik milik Anda sendiri.
Usahakan hashtag yang Anda gunakan juga bisa mendeskripsikan produk atau brand Anda.
Topik konten yang menurut Anda menarik, belum tentu menarik juga buat audiens lho.
Jadi alih-alih memilih topik yang Anda sukai, lebih baik fokuslah memproduksi konten yang memang audiens butuhkan, dan bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah mereka.
Atau minimal, konten buatan Anda mampu menghibur, memberi inspirasi, berisi wawasan dan pengetahuan baru, atau hanya selingan ringan yang memotivasi.
Contohnya, posting video lucu mengenai hewan peliharaan karena kebetulan banyak pengikut akun Anda yang suka dengan kucing, misalnya.
Bisa pula Anda mengunggah teks yang dipadukan dengan image berdesain menarik tentang review suatu buku, mengingat pengguna Anda banyak pecinta buku dan gemar membaca. Yah, hal-hal semacam inilah yang perlu Anda perhatikan.
Ingat, orang akan dengan senang hati memberikan reaksi terhadap postingan apa pun yang muncul di beranda mereka, jika postingan tersebut mampu menggugah perasaan dan emosi mereka.
Dari 5 cara terbaik meningkatkan engagement di Instagram di atas, mana yang sudah Anda terapkan? Yuk, diskusikan dengan tim digital marketing agency Jakarta yang siap membantu Anda. Langsung saja klik Kontak Redcomm.
Anda juga bisa lho memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di Instagram. Cek di sini ulasannya: Meningkatkan Engagement dengan Fitur Instagram Terbaru.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC