Instagram adalah salah satu platform media sosial populer dan banyak digunakan untuk mencari referensi mengenai suatu hal, menambah pengetahuan, konten how to, bahkan banyak brand yang memanfaatkannya untuk promosi digital

Selain itu, Instagram hingga hari ini dipercayai sebagai media yang masih efektif untuk menerapkan digital marketing strategist. Itu sebabnya, wajar kalau ada banyak pengusaha online, mulai dari UMKM, UKM, hingga brand besar melakukan social media campaign di Instagram

Lalu, bagaimana cara meningkatkan efektivitas penggunaan Instagram sebagai media promosi dan pemasaran? Tentunya, Anda perlu memanfaatkan berbagai fitur di Instagram, terutama beberapa fitur baru Instagram yang rilis pada 2022 ini.

Fitur Baru di Instagram untuk Meningkatkan Engagement

  1. Memanfaatkan Stiker Add Yours

Stiker Add Yours atau Drop Your Photos dapat digunakan melalui sticker di Instagram Stories. Bagi pemilik bisnis atau brand, fitur Add Yours dapat membantu dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan atau pengikut Anda, misalnya dengan menyelenggarakan challenge dan semua followers Anda bisa ikut meramaikan.

Contoh, Anda berjualan sepatu dan membuat challenge “OOTD pakai sepatu casual”. Challenge ini akan membantu menambah interaksi dengan audiens, yang artinya turut meningkatkan engagement rate akun Instagram bisnis.

Membuat challenge stiker Add Yours juga membuka kesempatan untuk menjangkau lebih banyak audiens di luar followers. Karena sticker ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna Instagram, termasuk non followers.

fitur baru pada Instagram yang bernama Instagram collaboration

  1. Mencoba Instagram Collaboration

Apakah Anda pernah melihat satu akun Instagram menampilkan foto, video, hingga Reels yang sama, lengkap dengan caption-nya? Itu merupakan hasil penggunaan fitur baru pada Instagram yang bernama Instagram collaboration. Melalui penggunaan fitur ini, Anda bisa tagging akun lain saat mengunggah foto atau video di feed. Instagram collaboration dapat membantu kolaborasi antar brand karena foto atau video yang diposting salah satu pengguna akan turut muncul di beranda pengguna lainnya, yang diajak berkolaborasi.

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan apabila menggunakan Instagram collaboration dalam mempromosikan produk. Tak hanya engagement media sosial yang mengalami peningkatan, tetapi dengan cara ini Anda bisa sekaligus meningkatkan brand awareness, kredibilitas, hingga meningkatkan return of investment atau ROI.

Hal berikutnya, pelajari pula faktor pendukung saat Anda melakukan social media campaign menggunakan Instagram, seperti:

situs web melalui story Instagram

  1. Sticker Link

Dulu, untuk bisa menyematkan URL ke suatu situs web melalui story Instagram hanya bisa dilakukan oleh akun dengan followers 10k ke atas. Nah, sejak 2021 lalu, Instagram mulai menghapus fitur swipe up dan menggantinya dengan stiker yang bisa diisi URL. Fitur stiker Link URL ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna Instagram tanpa minimal followers.

Sticker link tentu menjadi angin segar bagi pemilik bisnis UMKM, UKM, dan bisnis rumahan yang belum memiliki banyak pengikut. Berbagai manfaat dapat Anda rasakan sebagai pemilik small business melalui fitur ini. Salah satunya, bisa membantu Anda meningkatkan penjualan. 

Caranya, Anda tinggal menambahkan link produk yang dijual pada website atau marketplace langsung di Instagram Stories. Tak hanya itu, menyematkan URL website di Story akan membantu pula peningkatan traffic website karena audiens jadi lebih mudah berkunjung ke website official bisnis Anda.

  1. Post from Desktop

Saat ini, Anda bisa mengakses Instagram melalui desktop PC secara lebih lengkap, dan tak seperti sebelumnya yang hanya bisa melihat unggahan feed atau story saja. Ini sudah tentu mempermudah social media specialist hingga admin media sosial untuk mengunggah konten yang tersimpan di komputer. Jadi, tak perlu repot mentransfernya terlebih dulu ke smartphone.

fitur bernama Live Scheduling

  1. Fitur Live Scheduling 

Live Instagram masuk ke dalam salah satu strategi digital marketing. Sekarang ini, untuk melakukan live Instagram sudah tersedia fitur bernama Live Scheduling. Fitur ini memungkinkan Anda memberi notifikasi kepada followers tentang jadwal live selanjutnya. Tujuannya, tentu saja agar pengikut yang ingin melihat live tidak ketinggalan jadwalnya.

Anda bisa mengatur penjadwalan ini dari 90 hari sebelumnya. Jadi, followers yang ingin ikut live bisa mengosongkan jadwal dari jauh-jauh hari. Hal ini bisa menguntungkan pemilik bisnis, karena jangkauan live dapat lebih efektif dibandingkan tiba-tiba live. Melalui fitur notifikasi kepada pengguna, peserta Live jumlahnya bisa lebih banyak dibanding biasanya.

Jika diperhatikan, kelima fitur baru Instagram di atas tentunya bisa meningkatkan engagement akun Anda. Sebab, fitur-fitur tersebut bisa menciptakan interaksi dengan audiens jadi lebih intens.