MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Meningkatkan Engagement dengan Fitur Baru Instagram

26 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 6.262  
Social Media

redcomm

Apa yang baru dari Instagram 2023? Fitur baru Instagram 2023 ada mode senyap, suggested post, schedule post, restricted word, Instagram note, dan masih banyak lagi. Berbagai fitur tersebut bisa lho Anda gunakan secara maksimal untuk meningkatkan engagement.

Apalagi kalau Anda menggunakan Instagram sebagai media promosi digital dan untuk menerapkan strategi digital marketing.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan efektivitas penggunaan Instagram sebagai media promosi dengan memanfaatkan fitur baru Instagram? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

9 Fitur Baru Instagram untuk Meningkatkan Engagement

1. Mode Senyap

Fitur baru Instagram yang pertama adalah mode senyap. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang tak ingin mendapatkan banyak notifikasi dari Instagram, namun tetap bisa berselancar untuk melihat konten IG dengan nyaman.

Di kemudian hari ketika Anda ingin mematikan mode senyap, maka akun Instagram Anda akan kembali seperti semula. Bahkan Instagram akan memberikan rekapan tentang apa saja yang Anda lewatkan.

2. Memanfaatkan Stiker Add Yours

Jika ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan sehingga engagement rate Instagram naik, coba manfaatkan stiker Add Yours atau Drop Your Photos. Fitur ini bisa lho Anda gunakan untuk menyelenggarakan challenge dan semua followers bisa ikut meramaikan.

Contoh, Anda berjualan sepatu dan membuat challenge “OOTD pakai sepatu casual”. Lalu ajak pengikut Instagram mengikuti challenge ini. Agar lebih menarik, sediakan hadiah bagi pemenang yang OOTD-nya paling menarik.

3. Suggested Post

Suggested post adalah salah satu fitur baru Instagram yang merekomendasikan berbagai konten berdasarkan preferensi dan minat Anda.

Itulah sebabnya, Anda akan sering menemukan konten dari berbagai akun yang tak dikenal atau bukan dari followers saat scrolling di menu Explore Page Instagram maupun di Feed.

Lalu, bagaimana konten bisa masuk suggested post dan direkomendasikan ke banyak pengguna Instagram? Anda perlu membuat konten yang berkualitas tinggi dan disukai audiens.

4. Hidden Word

Masih berhubungan dengan konten yang Instagram rekomendasikan, maka hadir fitur hidden word atau kata tersembunyi. 

Fitur ini memungkinkan Anda menentukan kata-kata tersembunyi untuk memfilter mana saja konten yang tak ingin dan yang ingin Anda lihat. 

Nantinya, Instagram hanya menampilkan konten-konten sesuai dengan kebutuhan Anda dan memfilter yang tidak Anda inginkan dalam rekomendasi mereka.

5. Fitur Instagram Collaboration

Apakah Anda pernah melihat satu akun Instagram menampilkan foto, video, hingga Reels yang sama, lengkap dengan caption-nya? Itu merupakan hasil penggunaan fitur baru Instagram yang bernama Instagram collaboration. 

Menggunakan fitur ini memungkinkan Anda melakukan tagging akun lain saat mengunggah foto atau video di feed. Instagram collaboration juga dapat membantu kolaborasi antar brand karena foto atau video yang diposting salah satu pengguna akan turut muncul di beranda pengguna lain yang diajak berkolaborasi.

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan apabila menggunakan Instagram collaboration dalam mempromosikan produk. Tak hanya engagement media sosial yang mengalami peningkatan, tetapi dengan cara ini Anda bisa sekaligus meningkatkan brand awareness, kredibilitas, hingga meningkatkan return of investment (ROI).

6. Scheduled Post

Fitur terbaru Instagram 2023 yang wajib Anda maksimalkan penggunaannya adalah fitur scheduled post. Adanya fitur ini memungkinkan Anda melakukan penjadwalan publish konten di Instagram.

Bahkan pada pengaturan jadwal ini, Anda juga bisa menentukan waktu dan jam publish konten yang sesuai dengan kebutuhan followers.

7. Sticker Link

Fitur sticker link memungkinkan Anda menambahkan link halaman produk yang dijual atau sedang Anda promosikan langsung dalam postingan Instagram Stories

Bahkan menggunakan fitur ini, Anda juga bisa menyematkan link menuju ke website bisnis, URL ke marketplace, dan sebagainya. 

Keuntungan menyematkan URL website di Instagram Story akan membantu meningkatkan traffic website karena audiens jadi lebih mudah berkunjung ke website official bisnis Anda.

8. Post from Desktop

Saat ini, Anda bisa mengakses Instagram melalui desktop PC secara lebih lengkap, dan tak seperti sebelumnya yang hanya bisa melihat unggahan feed atau story saja. 

Ini sudah tentu mempermudah social media specialist hingga admin media sosial untuk mengunggah konten yang tersimpan di komputer. Jadi, tak perlu repot mentransfernya terlebih dulu ke smartphone.

9. Fitur Live Scheduling 

Live Instagram adalah salah satu strategi digital marketing. Sekarang ini, untuk melakukan live Instagram sudah tersedia fitur bernama Live Scheduling

Fitur ini memungkinkan Anda memberi notifikasi kepada followers tentang jadwal live selanjutnya. Tujuannya, tentu saja agar pengikut yang ingin melihat live tidak ketinggalan jadwal.

Hal ini bisa menguntungkan pemilik bisnis, karena jangkauan live dapat lebih efektif, selain itu, peserta atau penontonnya juga jadi lebih banyak jumlahnya karena sudah ada notifikasi sebelumnya. 


Sebagai digital marketing agency Indonesia terpercaya, Redcomm berkomitmen memberikan yang terbaik, termasuk dalam hal berbagai knowledge atau pengetahuan yang bermanfaat bagi semua orang. Salah satunya, berbagi info mengenai fitur baru instagram di atas.


Setelah tahu fitur baru Instagram 2023 dan sudah pula mencoba semua fitur tersebut, sekalian terapkan juga yuk Tips Bikin Postingan Instagram Muncul di Explore Page.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER