Tahukah Anda, bagaimana cara mengukur atau menghitung engagement rate Instagram? Meskipun Instagram sudah banyak digunakan, ternyata masih banyak pula orang yang belum paham cara menghitung engagement rate (ER).
Tahukah Anda, bagaimana cara mengukur atau menghitung engagement rate Instagram? Meskipun Instagram sudah banyak digunakan, ternyata masih banyak pula orang yang belum paham cara menghitung engagement rate (ER).
Padahal, penting mengetahui ER Instagram, terutama untuk penggunaan Instagram sebagai media promosi. Karena dengan cara inilah Anda bisa tahu bagaimana performa konten yang telah diposting di Instagram.
Melalui perhitungan ER, Anda dapat mengetahui interaksi para followers dengan konten. Semakin tinggi nilai ER, maka bisa dikatakan semakin efektif dan semakin bagus interaksi dari matriks social media campaign yang Anda selenggarakan.
Likes dan followers memberikan pengaruh besar pada konten yang telah Anda posting. Itu sebabnya, Anda harus tahu jumlahnya secara tepat, sehingga bisa melakukan perhitungan dengan baik.
Hanya saja, melakukan perhitungan secara manual tentu tidak mungkin dilakukan. Apalagi kalau jumlah followers sudah ratusan ribu atau bahkan jutaan. Ini jelas bakal menjadi kegiatan yang menghabiskan waktu.
Agar perhitungan jauh lebih mudah dan praktis, ada cara tersendiri untuk melakukan perhitungan engagement rate Instagram.
Cara ini bisa dilakukan siapa saja, bahkan bagi Anda pemilik brand yang membutuhkan rumusan atau tolak ukur untuk pengukuran keberhasilan suatu campaign.
Selain itu, ini menjadi cara paling praktis untuk tahu, apakah Anda sudah berhasil membangun brand awareness atau belum?
Manfaat lainnya, Anda bisa mendapatkan feedback dalam rangka penyusunan strategi selanjutnya.
Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menghitung engagement rate Instagram? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nilai ER Instagram bisnis Anda.
Pengertian dari reach adalah jumlah audiens atau user unik yang melihat konten Anda.
Biasanya, satu postingan di Instagram tidak selalu dilihat oleh followers saja, tetapi juga bisa dilihat oleh pengguna Instagram lain yang tidak mengikuti akun Anda. Dengan catatan, akun Anda sudah di setting untuk publik.
Artinya apa? Perhitungan ER Instagram sudah jelas tidak hanya menghitung jumlah view dari followers, namun juga view yang dilakukan oleh non followers.
Rumus yang digunakan untuk melakukan perhitungan:
ER = total engagements per post / reach per post X 100
Nilai dari reach nantinya akan terus berubah-ubah karena dipengaruhi angka ER pada postingan. Dengan menggunakan rumus ini, Anda bisa mengetahui, berapa jumlah non followers yang melihat konten.
Engagement rate Instagram juga bisa dihitung berdasarkan post. Cara ini bisa dilakukan, kalau akun Instagram Anda memiliki angka reach post yang mengalami naik turun dan tidak stabil. Oleh karena itu, sebaiknya cek dulu angka reach post di insight Instagram.
Jika memang angkanya fluktuatif, Anda bisa menggunakan cara perhitungan ER post dengan rumus:
ER = total engagements on post / total followers X 100
Penggunaan rumus ini akan menghasilkan angka ER yang lebih stabil. Hanya saja, perlu diingat rumus ini tidak bisa digunakan pada viral post yang memiliki reach tinggi. Alasannya, perhitungan yang dilakukan tidak akan mempengaruhi angka ER.
Seberapa banyak konten yang Anda buat muncul di layar, bisa dilihat langsung melalui insight Instagram dan disebut sebagai impresi. Berdasarkan impresi, Anda bisa pula menghitung ER.
Rumus yang digunakan, yaitu:
ER = total engagement on post / total impression X 100
Sifat dari angka impression sama dengan reach yang sering berubah.
Sesuai dengan namanya, perhitungan ER Instagram ini berguna khusus untuk konten video untuk promosi di Instagram.
Ada yang perlu Anda perhatikan dalam perhitungan ini, yaitu view dan unique view adalah dua hal yang berbeda.
Jika terdapat data 500 views, maka belum tentu ditonton oleh 500 users. Bisa saja hanya berjumlah 250 users (unique view) yang menonton berkali-kali.
Cara menghitungnya bisa menggunakan rumus:
ER = total engagements on video post / total video views X 100
Terakhir adalah cara menghitung jumlah ER setiap hari. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan untuk membedakan mana followers yang melihat postingan berulang kali, dan mana user baru.
Akibatnya, hasilnya bisa dikatakan kurang akurat. Tetapi tidak masalah jika Anda ingin mengetahui data secara kasar terlebih dahulu.
Cara menghitungnya adalah dengan rumus:
ER = total engagements in a day / total followers X 100
Kini Anda sudah tahu bagaimana cara menghitung engagement rate Instagram. Saatnya untuk mempraktekkan langsung dari data yang telah diperoleh. Kemudian gunakan data tersebut untuk meningkatkan engagement sesuai algoritma Instagram.
Kebutuhan akan perhitungan engagement Instagram biasanya juga menjadi patokan dalam penentuan KPI saat mengadakan tracking dan mengoptimalkan social media campaign. Terutama, kalau Anda menjalin kerja sama dengan influencer.
Maka agar lebih memudahkan, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta dan sudah punya pengalaman mengelola media sosial milik brand, menyelenggarakan campaign, menjadi penghubung brand dengan influencer, dan sebagainya.
Oh ya, selain memahami engagement Instagram, juga tahu cara menghitung rumus engagement rate Instagram, alangkah baiknya kalau Anda juga mempelajari berbagai jenis digital campaign selain Instagram. Yuk, baca artikel berikutnya, yaitu: Jenis Digital Campaign untuk Pemasaran Digital.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC