Tahukah Anda, bagaimana cara mengukur atau menghitung engagement rate Instagram? Meskipun Instagram sudah banyak digunakan, ternyata masih banyak pula orang yang belum paham cara menghitung engagement rate (ER). Padahal, penting mengetahui ER Instagram, terutama untuk penggunaan Instagram sebagai media promosi. Hal ini karena terkait dengan pengetahuan akan performa konten yang telah diposting di Instagram.

 

Melalui perhitungan ER, Anda dapat mengetahui interaksi para followers dengan konten Anda. Semakin tinggi nilai ER, maka bisa dikatakan semakin efektif dan semakin bagus interaksi dari social media campaign yang Anda selenggarakan.

 

Cara Mudah Menghitung Engagement Rate Instagram

Likes dan followers memberikan pengaruh besar pada konten yang telah Anda posting. Itu sebabnya, Anda harus tahu jumlahnya secara tepat, sehingga bisa melakukan perhitungan dengan baik. Hanya saja, melakukan perhitungan secara manual tentu tidak mungkin dilakukan. Apalagi kalau jumlah followers sudah ratusan ribu atau bahkan jutaan. Ini jelas bakal menjadi kegiatan yang menghabiskan waktu. 

 

Agar perhitungan jauh lebih mudah dan praktis, ada cara tersendiri untuk melakukan perhitungan engagement rate Instagram. Cara ini bisa dilakukan siapa saja, bahkan bagi Anda pemilik brand yang membutuhkah rumusan atau tolak ukur untuk pengukuran keberhasilan suatu campaign, sekaligus mengetahui, apakah brand awareness yang dibangun telah berhasil? 

 

Manfaat lainnya, Anda bisa mendapatkan feedback dalam rangka penyusunan strategi selanjutnya. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menghitung engagement rate Instagram? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nilai ER Instagram bisnis Anda.

 

 

  1. Menghitung ER Berdasarkan Reach

Pengertian dari reach adalah audiens atau user unik yang melihat konten Anda. Biasanya, satu postingan di Instagram tidak selalu dilihat oleh followers saja, tetapi juga bisa dilihat oleh pengguna Instagram lain yang tidak mengikuti akun Anda, asalkan akun Anda sudah di setting untuk publik. Dengan kata lain, perhitungan ER Instagram sudah jelas tidak hanya menghitung jumlah view dari followers, namun juga view yang dilakukan oleh non-followers.

 

Rumus yang digunakan untuk melakukan perhitungan adalah ER = total engagements per post / reach per post X 100

 

Nilai dari reach nantinya akan terus berubah-ubah karena dipengaruhi angka ER pada postingan. Dengan menggunakan rumus ini, Anda bisa mengetahui, berapa jumlah non followers yang melihat konten.

 

  1. Menghitung ER Post

Engagement rate Instagram juga bisa dihitung berdasarkan post. Cara ini bisa dilakukan, kalau akun Instagram Anda memiliki angka reach post yang mengalami naik turun dan tidak stabil. Oleh karena itu, sebaiknya cek dulu angka reach post di insight Instagram. 

 

Jika memang angkanya fluktuatif, maka Anda bisa menggunakan cara perhitungan ER post dengan rumus: ER = total engagements on post / total followers X 100

 

Jika Anda menggunakan rumus ini, akan menghasilkan angka ER yang lebih stabil. Hanya saja, perlu diingat bahwa rumus ini tidak bisa digunakan pada viral post yang memiliki reach tinggi. Alasannya, perhitungan yang dilakukan tidak akan mempengaruhi angka ER.

 

 

  1. Menghitung ER Impressions

Seberapa banyak konten yang Anda buat muncul di layar, bisa dilihat langsung melalui insight Instagram dan disebut sebagai impresi. Berdasarkan impresi, Anda bisa pula menghitung ER. 

 

Rumus yang digunakan adalah ER = total engagement on post / total impression X 100. Sifat dari angka impression sama dengan reach yang sering berubah.

 

  1. Menghitung ER Views

Sesuai dengan namanya, perhitungan ER Instagram ini berguna khusus untuk konten video untuk promosi di Instagram. Ada yang perlu diperhatikan, yaitu view dan unique view adalah dua hal yang berbeda. 

 

Jika terdapat data 500 views, maka belum tentu ditonton oleh 500 users. Bisa saja hanya berjumlah 250 users (unique view) yang menonton berkali-kali. Cara menghitungnya adalah menggunakan rumus ER = total engagements on video post / total video views X 100.

 

 

  1. Menghitung Daily ER

Terakhir adalah cara menghitung jumlah ER setiap hari. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan untuk membedakan mana followers yang melihat postingan berulang kali, dan mana user baru. Akibatnya, hasilnya bisa dikatakan kurang akurat. Tetapi tidak masalah jika Anda ingin mengetahui data secara kasar terlebih dahulu.

 

Cara menghitungnya adalah dengan rumus, ER = total engagements in a day / total followers X 100

 

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara menghitung engagement rate Instagram. Saatnya untuk mempraktekkan langsung dari data yang telah diperoleh. 

 

Kebutuhan akan perhitungan engagement Instagram biasanya juga menjadi patokan dalam penentuan KPI saat mengadakan social media campaign. Terutama, kalau Anda menjalin kerja sama dengan influencer. Maka agar lebih memudahkan, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency yang sudah punya pengalaman mengelola media sosial milik brand, menyelenggarakan campaign, menjadi penghubung brand dengan influencer, dan sebagainya.