1. Menghitung ER Berdasarkan Reach
Pengertian dari reach adalah jumlah audiens atau user unik yang melihat konten Anda.
Biasanya, satu postingan di Instagram tidak selalu dilihat oleh followers saja, tetapi juga bisa dilihat oleh pengguna Instagram lain yang tidak mengikuti akun Anda. Dengan catatan, akun Anda sudah di setting untuk publik.
Artinya apa? Perhitungan ER Instagram sudah jelas tidak hanya menghitung jumlah view dari followers, namun juga view yang dilakukan oleh non-followers.
Rumus yang digunakan untuk melakukan perhitungan adalah ER = total engagements per post / reach per post X 100.
Nilai dari reach nantinya akan terus berubah-ubah karena dipengaruhi angka ER pada postingan. Dengan menggunakan rumus ini, Anda bisa mengetahui, berapa jumlah non followers yang melihat konten.
2. Menghitung ER Post
Engagement rate Instagram juga bisa dihitung berdasarkan post. Cara ini bisa dilakukan, kalau akun Instagram Anda memiliki angka reach post yang mengalami naik turun dan tidak stabil. Oleh karena itu, sebaiknya cek dulu angka reach post di insight Instagram.
Jika memang angkanya fluktuatif, Anda bisa menggunakan cara perhitungan ER post dengan rumus: ER = total engagements on post / total followers X 100.
Jika Anda menggunakan rumus ini, akan menghasilkan angka ER yang lebih stabil. Hanya saja, perlu diingat bahwa rumus ini tidak bisa digunakan pada viral post yang memiliki reach tinggi. Alasannya, perhitungan yang dilakukan tidak akan mempengaruhi angka ER.
3. Menghitung ER Impressions
Seberapa banyak konten yang Anda buat muncul di layar, bisa dilihat langsung melalui insight Instagram dan disebut sebagai impresi. Berdasarkan impresi, Anda bisa pula menghitung ER.
Rumus yang digunakan adalah ER = total engagement on post / total impression X 100. Sifat dari angka impression sama dengan reach yang sering berubah.