Seiring perkembangan internet dan fiturnya yang semakin canggih, perkembangan bisnis online juga semakin mengalami meningkat. Banyak produk yang bisa dibeli hanya dengan  menggunakan smartphone dengan modal klik saja. Namun dengan kemudahan ini, tak jarang ada beberapa orang yang salah membeli atau memesan produk.

 

Hal ini dikarenakan, pembeli tidak dapat melihat dan mencoba barang secara langsung. Para pembeli hanya dapat mengandalkan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Untuk meminimalisir hal ini, biasanya pembeli akan melihat online review terlebih dahulu. Oleh karena itu, online review bagi pebisnis merupakan hal yang sangat penting.

 

Alasan Setiap Bisnis Perlu Online Review

Ulasan terhadap produk Anda memiliki peranan penting karena dapat memberikan informasi yang dibutuhkan para calon pembeli. Dikutip dari econsultancy.com, sekitar 61 persen pembeli membaca online review terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk membeli suatu produk. Selain itu, para calon pembeli cenderung melakukan pembelian pada produk yang memiliki nilai rata-rata 4 bintang atau bahkan lebih.

 

Dengan adanya online review ini, akan membantu para calon pembeli untuk memilih produk Anda atau produk kompetitor. Para calon pembeli biasanya lebih berminat memperhatikan review yang ditinggalkan dalam dua minggu terakhir. Apabila penilaian yang muncul bersifat positif, maka besar peluang calon pembeli akan memilih produk Anda.

 

Online review berbanding lurus dengan omzet penjualan. Semakin banyak penilaian positif yang diberikan oleh pelanggan untuk bisnis online Anda, semakin tinggi pula angka penjualan yang bisa Anda dapatkan. Sebagian pembeli lainnya, ada yang cenderung lebih tertarik dengan jumlah produk yang telah Anda jual daripada membaca ulasan dari pembeli lain. 

 

Ada beberapa fakta yang menguatkan bahwa online review ini sangat dibutuhkan oleh pebisnis, antara lain: 

  • Penilaian produk yang bagus dari konsumen akan meningkatkan penjualan.
  • Produk yang memiliki peringkat dengan rata-rata penilaian bintang 5 akan menerima banyak pesanan.
  • Pembeli akan membaca kurang lebih 10 online review sebelum memutuskan untuk membeli produk tertentu.
  • 32% konsumen memilih mengunjungi situs web setelah membaca penilaian positif mengenai sebuah produk.
  • Banyak pakar SEO menyetujui bahwa dengan adanya online review, menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan SEO bisnis.
  • Data lain menyebutkan, ada kurang lebih 82 konsumen akan membaca online review untuk bisnis lokal.  

 

 

Hal yang Bisa Dipelajari Pebisnis dari Data Online Review

  1. Mengetahui Produk yang Lebih Populer

Saat bisnis Anda memiliki banyak online review, Anda dapat membandingkan semua produk yang Anda miliki dan Anda dapat dengan mudah mengetahui produk mana yang menjadi favorit konsumen. Hasil pengamatan ini bisa Anda gunakan untuk pengembangan produk baru di masa mendatang dengan inovasi yang lebih baik dari produk yang sudah ada sekarang. 

 

  1. Dapat Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Bisnis

Biasanya, para pembeli Anda akan memberikan penilaian mengenai produk maupun pelayanan bisnis Anda, berupa kelebihan dan kekurangannya. Nah, dari sini Anda akan lebih mudah untuk memperbaiki kekurangan dan mempertahankan kualitas yang menjadi andalan produk Anda

 

Bisnis yang mampu berkembang adalah bisnis yang mampu memperbaiki kekurangan yang masih terjadi. Jangan sampai bisnis Anda hanya diam di tempat hanya karena tidak teliti menganalisis kekurangan bisnis Anda. Selain itu, jika muncul review negatif, sikapilah dengan bijaksana.

 

 

  1. Mengetahui Tingkat Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual merupakan hal yang sangat penting. Dengan banyaknya konsumen yang melakukan pembelian dan memberikan penilaian terhadap produk, maka Anda dapat mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Ini juga menjadi acuan bagi para calon pembeli Anda. Dengan banyaknya penilaian mengenai produk Anda, maka akan semakin meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda.

 

  1. Memantau Kata Kunci

Dari online review, memungkinkan Anda mengetahui kata kunci apa saja yang digunakan oleh pelanggan saat mereka menyebutkan brand produk Anda. Gunakan kesempatan ini untuk melakukan analisis kata kunci tersebut, kemudian gunakan untuk melakukan optimasi kata kunci pada website bisnis.

 

  1. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Data yang didapat dari online review yang dilakukan oleh para konsumen dapat bermanfaat untuk insight pengembangan bisnis Anda kedepannya. Biasanya, ulasan yang mereka sampaikan mengenai produk Anda bisa merepresentasikan kualitas produk atau hal-hal yang mempengaruhi calon pembeli dalam mengambil keputusan pembelian. Selain itu, bisa pula untuk mengetahui perilaku pembeli.

 

 

Dengan adanya online review, Anda dapat mengetahui lebih lanjut bagaimana kebutuhan konsumen Anda. Tak sedikit para pembeli akan meninggalkan ulasan dengan cara memberikan kritik atau saran mereka. Gunakan setiap masukan untuk pengembangan bisnis Anda berikutnya, termasuk dalam menyusun strategi digital marketing yang paling tepat sasaran. 

 

Bagi Anda yang memiliki bisnis, Anda perlu meningkatkan online review untuk produk Anda agar semakin meningkatkan brand awareness maupun penjualan produk Anda. Cara mudah untuk meningkatkan jumlah online review bisa Anda dapatkan dengan mengadakan lomba atau giveaway.

 

Anda juga bisa meningkatkan jumlah online review melalui kerja sama dengan social media and digital marketing agency terpercaya dan berpengalaman, yang bisa menghubungkan dan membantu Anda menjalin kerja sama dengan blogger atau influencer, atau membuatkan Anda creative marketing campaign yang paling jitu dalam meningkatkan pelanggan. Sudah siapkah Anda untuk semakin memperbanyak audiens yang menggunakan produk Anda agar online review terhadap produk Anda semakin banyak?