Mengapa review online jadi penentu nasib bisnis di tahun 2025 ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melihat lagi perilaku konsumen era digital.
Mengapa review online jadi penentu nasib bisnis di tahun 2025 ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melihat lagi perilaku konsumen era digital.
Coba perhatikan lagi, apa yang membuat calon pelanggan mundur dan tidak jadi beli produk yang Anda tawarkan, padahal produknya bagus dan harganya juga masuk akal?
Bisa jadi, calon pelanggan itu membaca review online dari konsumen lain dan menemukan pengalaman yang kurang menyenangkan terkait produk atau layanan bisnis Anda.
Kelihatannya sepele ya, namun ternyata keberadaan review online sangat penting dan bisa mempengaruhi nasib bisnis Anda. Bahkan sudah banyak terjadi bisnis mengalami rugi besar, atau malah sampai tutup, hanya karena review online.
Nah, agar Anda bisa memanfaatkan keberadaan review online secara optimal dan mencegah pengaruh buruknya bagi bisnis, masi simak ulasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge ini.
Ulasan terhadap produk Anda memiliki peranan penting karena dapat memberikan informasi yang calon pembeli butuhkan dan membantu mereka mengambil keputusan pembelian.
Hal ini sejalan dengan laporan Local Consumer Review Survey 2025 di situs BrightLocal, yang menulis secara jelas mengenai kebiasaan konsumen membaca online review minimal dari 2 situs sebelum mengambil keputusan pembelian.
Konsumen bahkan mempercayai ulasan pelanggan yang mereka baca layaknya mendengar rekomendasi dari teman, apalagi kalau beberapa ulasan isinya kurang lebih sama.
Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari keberadaan review online yang positif, di antaranya:
Berdasarkan pengalaman Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta Pusat, konsumen di Indonesia saat ini akan terlebih dahulu membaca review online sebelum membeli suatu produk.
Itulah sebabnya, produk dengan rating 4+ bintang dan punya review positif yang banyak akan jauh lebih menarik perhatian sehingga sangat mudah mengalami peningkatan penjualan dan membuat usaha jadi mendapatkan untung besar pula.
Anastasiia Yashchenko, Copywriting Expert SEMrush, dalam artikel berjudul How to Write Copy that Turns Readers into Customers mengatakan kalau produk tanpa review ibarat toko tanpa etalase, sulit menarik perhatian pelanggan pertama.
Ini sesuai dengan kenyataan yang terjadi juga di berbagai marketplace besar, di mana produk-produk yang memiliki banyak ulasan terbaru akan mendapatkan prioritas algoritma pencarian sehingga mudah ditemukan konsumen.
Online review bukan hanya membangun kepercayaan, tetapi berbanding lurus dengan omzet. Semakin banyak penilaian positif yang bisnis online Anda dapatkan, semakin tinggi pula angka penjualannya.
Namun tetap bisa saja terjadi sebagian konsumen lainnya tidak hanya membaca ulasan pelanggan, namun lebih tertarik dengan jumlah produk terjual. Kalau produk terjual banyak, maka mereka yakin untuk membeli produk Anda.
Selain 3 poin di atas, masih ada beberapa fakta yang juga dapat menguatkan betapa pentingnya online review bagi pertumbuhan bisnis, di antaranya:
Melihat data di atas, maka wajar kalau Anda pernah mendapati ada pemberitaan mengenai suatu bisnis yang mendapat banyak review negatif akhirnya terpaksa menutup bisnisnya karena merugi.
Sebaliknya, cukup banyak pula bisnis yang mengalami peningkatan penjualan dan keuntungan karena banyak mendapatkan review online yang bernada positif.
Anda sudah tahu kalau ada banyak manfaat review online bagi pertumbuhan dan pengembangan bisnis.
Sekarang, tahukah Anda kalau ulasan pelanggan juga bisa memberi Anda insight yang sangat berguna? Berikut beberapa di antaranya:
Saat bisnis memiliki banyak testimoni pelanggan, Anda dapat membandingkan semua produk yang Anda miliki, kemudian mencari tahu produk mana yang menjadi favorit konsumen.
Hasil pengamatan ini bisa Anda gunakan untuk pengembangan produk baru di masa mendatang dengan inovasi yang lebih baik dari produk yang sudah ada sekarang.
Selain itu, pengetahuan tentang produk mana saja yang masuk daftar produk favorit dan laris memudahkan Anda mengelola persediaan barang, sekaligus untuk merancang kampanye promosi yang lebih tepat sasaran.
Setelah bertransaksi, umumnya pembeli akan memberikan penilaian mengenai produk maupun pelayanan bisnis Anda secara jujur dan apa adanya, berupa kelebihan dan kekurangan yang mereka rasakan.
Nah, dari penilaian yang jujur ini Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan yang perlu Anda perbaiki. Lalu jadi tahu juga hal-hal baik yang perlu Anda pertahankan sehingga produk dan bisnis Anda semakin andal.
Ini bisa jadi sumber masukan yang bernilai untuk meningkatkan layanan, memperbaiki produk, atau menyusun SOP yang lebih customer centric.
Ingat, bisnis yang berkembang adalah bisnis yang mampu memperbaiki kekurangan sembari melakukan inovasi untuk memperkuat kelebihan.
Jangan sampai bisnis Anda hanya diam di tempat hanya karena tidak teliti menganalisis kekurangan bisnis. Selain itu, jika muncul review negatif, sikapilah dengan bijaksana.
Kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual merupakan hal yang sangat penting. Semakin sering brand Anda di-review secara positif, semakin tinggi pula tingkat trust atau kepercayaan pelanggan.
Bahkan, jumlah review seringkali lebih penting dari rating itu sendiri. Produk dengan 500 review dan rating 4,5 lebih dipercaya ketimbang yang hanya punya 5 review dengan rating sempurna.
Di saat yang sama, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk Anda ketika ada banyak konsumen yang melakukan pembelian, kemudian memberikan penilaian dan ulasan positif.
Ini juga menjadi acuan bagi para calon pembeli Anda. Semakin banyak penilaian mengenai produk Anda, maka akan semakin meyakinkan lebih banyak calon pelanggan untuk membeli produk Anda.
Dari online review, Anda bisa mengetahui dan memantau kata kunci apa saja yang pelanggan gunakan saat mereka menyebutkan brand atau produk Anda.
Pengetahuan mengenai kata kunci alami ini akan sangat berguna untuk SEO, sebab Google menyukai konten yang berbasis bahasa alami pengguna.
Oleh karena itu, gunakan kesempatan ini untuk melakukan analisis kata kunci, kemudian gunakan untuk melakukan optimasi kata kunci pada website bisnis.
Ulasan seringkali mengungkapkan lebih dari sekadar opini, mereka memuat cerita, motivasi, dan kebutuhan yang bisa dianalisis untuk menyusun strategi pemasaran berbasis data atau data driven marketing.
Sederhananya begini, ketika Anda mendapatkan data dari review online yang konsumen berikan, Anda sekaligus mendapatkan insight untuk pengembangan bisnis kedepannya.
Biasanya, ulasan yang mereka sampaikan mengenai produk Anda bisa merepresentasikan kualitas produk atau hal-hal yang mempengaruhi calon pembeli dalam mengambil keputusan pembelian. Selain itu, bisa pula untuk memahami perilaku konsumen.
Dalam panduan Google, yaitu Search Quality Rater Guidelines, Google secara jelas menyebutkan kalau online review adalah bagian dari faktor ranking lokal SEO.
Artinya, semua konten hasil dari User Generated Content (UGC), seperti review, juga memperkuat sinyal Experience, Expertise, Authoritativeness, Trust (E.E.A.T).
Nah, untuk meningkatkan jumlah review, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
Review online tidak hanya sekadar testimoni atau ulasan pelanggan semata, melainkan menjadi “jembatan” yang menghubungkan calon pelanggan menuju brand bisnis Anda.
Maka dari itu, jangan hanya berfokus pada aktivitas penjualan saja, namun segeralah membangun hubungan, galang kepercayaan, dan jadikan review online sebagai kekuatan pemasaran terbesar Anda.
Anda juga bisa meningkatkan jumlah online review melalui kerja sama dengan social media and digital marketing agency terpercaya dan berpengalaman.
Tim digital marketing agency Indonesia ini bisa menghubungkan dan membantu Anda menjalin kerja sama dengan blogger atau bekerja sama dengan influencer.
Bekerja sama dengan mereka juga memungkinkan Anda jadi lebih mudah menyelenggarakan creative marketing campaign yang paling jitu dalam meningkatkan jumlah pelanggan aktif.
Yuk hubungi Kontak Redcomm, dan bersiaplah menyambut sebanyak mungkin pelanggan setia yang membeli dan menggunakan produk Anda.
Referensi:
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC