MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Bekerja Sama dengan Influencer secara Optimal

26 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 12.440  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Sudah bukan rahasia kalau berkolaborasi dan menjalin kerjasama dengan para influencer menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif. 

Hal ini karena influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan menjangkau audiens yang besar melalui akun media sosial mereka. 

Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat bekerja sama dengan influencer. Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk penjelasan lengkapnya.

5 Cara Kerjasama dengan Influencer untuk Capai Hasil Terbaik

1. Pilih Influencer dengan Bijak

Hal pertama dalam strategi pemasaran media sosial yang sangat penting Anda perhatikan adalah memilih influencer secara bijak. Beberapa hal penting yang perlu cari tahu, antara lain:

Agar social media campaign yang Anda selenggarakan bisa menjangkau target market, tentunya influencer juga harus memiliki rekam jejak digital yang baik, serta tidak kontroversial yang memicu haters dan berakibat produk Anda terkena dampak negatif.

2. Perkuat Pesan Brand

Sering yang terjadi ketika influencer mengunggah suatu konten terkait produk dari brand, maka hal tersebut dianggap wajar sebagai kewajiban sang influencer tanpa brand melakukan apa pun. 

Padahal ada hal sederhana yang perlu Anda lakukan agar pesan yang dibawa influencer di dalam kontennya bisa semakin kuat, yaitu:

  • Membagikan ulang konten di jaringan sosial media Anda sendiri (atau jaringan sosial media resmi milik brand). 
  • Bisa dengan share di Instastory, reshare di Facebook, membagikannya di akun Twitter, dan sebagainya. 
  • Memberikan tag maupun mentions kepada influencer agar ia tahu yang Anda lakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada mereka. 

Di saat yang sama, pengikut dari influencer juga semakin yakin dengan produk yang sedang dipromosikan influencer serta bisa membuat brand Anda dikenal sebagai brand yang ramah. Ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan lho.

3. Tawarkan Benefit untuk Penyemangat

Membangun hubungan yang baik terkadang tidak cukup. Ada banyak influencer yang perlu sesuatu yang lebih nyata dan lebih dari sekadar melakukan penciptaan konten yang menarik.

Di saat yang sama, ada pula influencer yang hanya sekadar membuat konten, mengunggahnya, kemudian berupaya mencapai target reach dan engagement yang ditentukan. Hanya itu saja yang mereka lakukan tanpa mengharapkan hal ini. 

Agar digital campaign yang dilakukan bersama influencer bisa mencapai hasil optimal, Anda bisa menawarkan hadiah atau apresiasi tambahan jika mereka melampaui target yang ditentukan (boleh memberikan batasan target tertinggi).

Bisa pula menjanjikan untuk jadi brand ambassador jika mereka masuk dalam kualifikasi yang Anda tentukan. 

Dengan cara ini, dijamin influencer akan semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik dari yang mampu ia lakukan untuk mempromosikan brand dan produk Anda.

4. Bangun Hubungan Baik dengan Influencer

Menjalin hubungan baik dengan influencer tak ada ruginya. Ketika hubungan sudah terjalin baik, influencer kadang dengan senang hati mempromosikan produk Anda kepada pengikut atau orang-orang di sekitarnya. Bahkan di luar campaign yang Anda selenggarakan.

Jika gagal dalam membangun hubungan, itu artinya Anda akan melewati cara sebatas negosiasi bisnis saja. Lalu dalam jangka panjang ada budget yang harus selalu Anda sediakan ketika membutuhkan jasa influencer lagi. 

Perlu Anda ketahui, bisnis adalah tentang take and give. Jadi, Anda jangan mendekati influencer dengan pola pikir hanya ingin take saja. 

Namun sebaiknya, ada imbalan atau sedikit apresiasi yang bisa membuat influencer tak sekadar jadi influencer, melainkan jadi teman baik bisnis Anda.

5. Hindari Spamming Follow-up

Melakukan follow-up kepada influencer jangan sampai membuat Anda menjadi orang yang menjengkelkan. Anda perlu berusaha sabar karena sebagian influencer memiliki kesibukannya sendiri. 

Kadang, bisa jadi mereka akan slow respons dan terlambat memberi jawaban atas pesan yang Anda kirim. Beri jeda waktu, sebelum Anda mengirimkan ulang pesan berikutnya sekaligus mengingatkan.

  

Semoga 5 Cara Optimal Kerja Sama dengan Influencer ini bisa berkontribusi untuk kesuksesan promosi produk yang Anda lakukan. 

Jika ingin lebih mudah memilih dan menggunakan jasa influencers, coba pelajari lebih banyak dari social media agency atau bekerja sama dengan digital agency Indonesia yang berada di Jakarta atau di kota besar lainnya di Indonesia. 

Selain itu, Anda yang ingin mencari influencer untuk platform Instagram, misalnya, bisa juga mengikuti tips dan Cara Memilih Influencer untuk Endorse di Instagram.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER