Strategi pemasaran media sosial yang saat ini sedang trend dilakukan adalah menggunakan jasa influencer. Para influencer selalu memiliki cara menarik dalam mempromosikan suatu produk sehingga para pengikut mereka ikut terpengaruh untuk menggunakan produk yang mereka gunakan. Agar Anda bisa mencapai hasil maksimal untuk social media campaign yang Anda lakukan, inilah 5 cara optimal kerja sama dengan influencer.

 

Mengapa penting memikirkan cara terbaik dalam bekerja sama dengan influencer untuk mendapatkan hasil yang optimal? Tujuannya agar influencer yang Anda ajak kerja sama benar-benar memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda sehingga Anda tidak sia-sia mengeluarkan biaya promosi.

  

 

5 Cara Optimal Kerja Sama dengan Influencer Agar Strategi Pemasaran Sosial Media Mencapai Hasil Terbaik 

  1. Pilih Influencer secara Bijak

Hal pertama dalam strategi pemasaran media sosial yang sangat penting untuk Anda perhatikan adalah memilih influencer secara bijak. Artinya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu latar belakang dan kehidupan sehari-hari yang ditampilkan influencer di sosial medianya, demografi pengikutnya, cara dia membuat konten, cara dia berinteraksi dengan pengikut, juga biaya yang harus dibayar.

 

Agar social media campaign yang diselenggarakan bisa menjangkau target market yang dibidik, tentunya influencer juga harus memiliki rekam jejak digital yang baik, tidak kontroversial yang memicu haters dan berakibat produk Anda terkena dampak negatif. 

 

  1. Perkuat Pesan Influencer

Sering yang terjadi ketika influencer mengunggah suatu konten terkait produk dari brand, maka hal tersebut dianggap wajar sebagai kewajiban sang influencer tanpa brand melakukan apa pun. Padahal, agar pesan yang dibawa influencer di dalam kontennya bisa semakin kuat, ada hal sederhana yang perlu Anda lakukan, yaitu dengan membagikan ulang konten tersebut di jaringan sosial media Anda sendiri (atau jaringan sosial media resmi milik brand Anda). 

 

Caranya bisa dengan share di Instastory, reshare di Facebook, membagikannya di akun Twitter, dan sebagainya. Pastikan Anda memberikan tag ataupun mention kepada influencer tersebut agar ia tahu bahwa yang Anda lakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada mereka. Di saat yang sama, pengikut dari influencer juga semakin yakin dengan produk yang sedang dipromosikan influencer serta bisa meningkatkan kepercayaan kepada brand Anda sebagai brand yang ramah terhadap pelanggan.

 

 

  1. Tawarkan “Something Special” kepada Influencer sebagai Penyemangat

Membangun hubungan yang baik terkadang tidak cukup. Ada banyak influencer yang perlu sesuatu yang lebih nyata dan lebih dari sekadar melakukan penciptaan konten yang menarik. Ada banyak pula influencer yang hanya sekadar membuat konten, mengunggahnya, berupaya mencapai target reach dan engagement yang ditentukan, lalu sudah, hanya itu saja yang mereka lakukan. 

 

Padahal ada cara yang lebih baik agar digital campaign yang Anda lakukan bersama influencer bisa mencapai hasil optimal, misalnya menawarkan hadiah atau apresiasi tambahan jika mereka melampaui target yang ditentukan (boleh memberikan batasan target tertinggi), atau menjanjikan untuk jadi brand ambassador jika mereka masuk dalam kualifikasi yang Anda tentukan. Dijamin dengan cara ini influencer akan semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik dari yang mampu ia lakukan untuk mempromosikan brand dan produk Anda.

  

  1. Bangun Hubungan Baik dengan Influencer

Menjalin hubungan baik dengan influencer tak ada ruginya karena ketika hubungan sudah terjalin baik, bahkan di luar campaign yang diselenggarakan influencer kadang dengan senang hati mempromosikan produk Anda kepada para pengikutnya serta orang-orang dalam lingkungan sekitarnya. 

 

Jika Anda gagal dalam membangun hubungan, itu artinya Anda akan melewati cara sebatas negosiasi bisnis saja, sehingga dalam jangka panjang ada budget yang harus selalu Anda sediakan ketika membutuhkan jasa influencer. Perlu Anda ketahui, bisnis adalah tentang give dan take. Jadi, Anda jangan mendekati influencer dengan pola pikir hanya ingin take saja. Namun sebaiknya, ada imbalan atau sedikit apresiasi yang bisa membuat influencer tak sekadar jadi influencer, melainkan jadi teman baik bisnis Anda.

 

 

  1. Jangan Spamming dengan Follow-up

Melakukan follow-up kepada influencer jangan sampai membuat Anda menjadi orang yang menjengkelkan. Anda harus berusaha selalu sabar karena sebagian influencer memiliki kesibukannya sendiri. Kadang, bisa jadi mereka akan slow respons dan terlambat memberi jawaban atas pesan yang Anda kirim. Beri jeda waktu, sebelum Anda mengirimkan ulang pesan berikutnya sekaligus mengingatkan.

  

Jika Anda ingin lebih mudah dalam memilih dan menggunakan jasa influencers, cobalah mempelajarinya lebih banyak dari social media agencyDigital agency yang memiliki layanan social media marketing biasanya punya cara terbaik dalam menjalin hubungan kerja sama yang solid dengan para influencer sehingga digital campaign yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik. Salah satu best digital agency Jakarta yang bisa membantu Anda untuk menjalin kerja sama, misalnya saja Redcomm.

 

Semoga 5 Cara Optimal Kerja Sama dengan Influencer ini bisa berkontribusi untuk kesuksesan promosi produk yang Anda lakukan di Facebook. Selamat mencoba.