Keberadaan influencer memiliki peran penting dalam pemasaran digital. Namun untuk bekerja sama dengan mereka tentu ada biaya yang perlu Anda siapkan.
Keberadaan influencer memiliki peran penting dalam pemasaran digital. Namun untuk bekerja sama dengan mereka tentu ada biaya yang perlu Anda siapkan.
Berapa sih biaya untuk bekerja sama dengan influencer? Yuk, cari tahu lebih banyak dengan membaca artikel ini sampai selesai.
Sebenarnya, tidak terlalu sulit menentukan biaya yang harus Anda keluarkan saat ingin bekerja sama dengan influencer. Namun, ada beberapa hal yang mempengaruhi harga atau rate card dari tiap influencer.
Umumnya, influencer terbagi dalam beberapa kategori tergantung jumlah pengikut dan niche konten mereka.
Ada juga influencer yang memiliki harga tersendiri dalam menawarkan jasanya karena konten yang mereka sajikan membutuhkan effort khusus.
Intinya, Anda perlu tahu hal dasar sebelum memilih influencer untuk digital campaign.
Biaya untuk kerja sama dengan influencer profesional tentu berbeda dengan influencer biasa. Biaya tersebut disebut dengan istilah rate card.
Untuk itu, Anda perlu mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Harga Influencer, di antaranya:
Umumnya, brand memiliki standar minimal follower untuk setiap kerja sama yang mereka lakukan, terutama berkaitan dengan kegiatan promosi di media sosial.
Anda bisa saja memilih influencer dengan pengikut ratusan ribu orang, tetapi bisa juga memilih orang yang hanya memiliki puluhan ribu pengikut saja.
Setiap tingkatan influencer akan memiliki harganya tersendiri. Secara logika, influencer dengan ratusan ribu pengikut memiliki kemungkinan mendapatkan perhatian lebih besar ketika mereka mempromosikan sesuatu.
Namun terkadang, Anda juga harus mempertimbangkan hal lain, seperti engagement di media sosial, serta reach atau impression.
Untuk menentukan tarif influencer, Anda juga bisa melihatnya dari engagement dan reach yang berhasil konten dapatkan dari postingan influencer.
Melihat datanya di mana? Ya, Anda bisa meminta data insight untuk setiap postingan kalau influencer menggunakan akun business profile di Instagram atau statistik di Twitter.
Dengan mendapatkan data insight dari influencer yang ingin Anda ajak bekerja sama, Anda bisa melihat performa setiap postingan mereka terlebih dahulu.
Apakah postingan mereka mampu mendapatkan engagement yang besar? Bagaimana dengan luas jangkauan postingan tersebut?
Apakah social media campaign yang diselenggarakan bisa berhasil sesuai harapan? Prinsipnya, semakin bagus engagement yang influencer hasilkan, semakin mahal tarif influencer tersebut.
Untuk brand, jangan terpaku pada satu platform media sosial saja. Sebab, zaman akan terus berubah, sehingga media sosial pun akan mengalami banyak pembaruan.
Bahkan mungkin ada media sosial yang sudah pengguna tinggalkan karena mereka menggunakan media lain yang lebih menarik dan interaktif.
Oleh karena itu, coba pertimbangkan untuk menyelenggarakan digital campaign multiplatform untuk memperluas jangkauan pemasaran.
Misalnya, influencer perlu membuat video di TikTok, dan video tersebut juga mirroring di Instagram. Atau menulis blog dan URL tulisan perlu ditayangkan juga di media sosial influencer.
Hal lain yang menjadikan tarif influencer lebih mahal adalah dedikasinya. Tidak jarang, ada influencer yang hanya mengikuti brief saja tanpa effort lainnya.
Misalnya, melakukan promosi tambahan atau sekadar menulis caption yang lebih menarik. Akibatnya, campaign menjadi tidak maksimal karena dikerjakan secara asal-asalan.
Influencer yang memiliki dedikasi, umumnya memiliki followers yang lebih loyal karena mereka tertarik dengan kepribadian influencer.
Bisa juga karena konten-konten yang mereka bagikan sangat menarik dan bermanfaat bagi para pengikutnya.
Ada beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa rate card influencer secara umum. Perhitungannya biasanya berdasarkan jumlah followers dan berapa besar engagement rate. Beberapa situs tersebut, antara lain:
Situs Socialblade menjadi rujukan untuk melihat seberapa besar penghasilan yang didapatkan seorang YouTuber.
Melalui data yang tercantum di platform ini, Anda bisa memperhitungkan secara umum berapa budget yang perlu Anda siapkan jika ingin mengajak influencer YouTube bekerja sama.
Sebelum memilih influencer, cari tahu terlebih dahulu berapa engagement rate yang dimiliki dengan kalkulator dari website ini.
Selain menunjukkan besar engagement rate, Anda juga bisa melihat jumlah penghasilan yang bisa influencer dapatkan dari satu postingan di media sosial.
Hal ini menjadi salah satu aspek penentuan tarif yang akan mereka ajukan saat Anda mengajak mereka bekerja sama.
Di sini, Anda bisa juga membandingkan antara influencer yang satu dengan influencer lainnya. Terutama, yang masih dalam satu niche, misalnya beauty influencer dengan sesama beauty dan seterusnya.
Mendapatkan saran dan rekomendasi dari digital agency Jakarta atau dari digital marketing agency Indonesia yang sudah berpengalaman dalam KOL management jelas akan sangat membantu.
Tim agensi umumnya sudah berpengalaman dalam menjalin kerjasama dengan influencer sesuai kebutuhan brand. Bahkan mereka bisa sekaligus membuatkan strategi influencer marketing yang tepat sasaran. Yuk, langsung hubungi Kontak Redcomm.
Nah, Anda sudah tahu berapa biaya yang harus disiapkan jika ingin bekerja sama dengan influencer. Sebagai rekomendasi tambahan, cari tahu juga Pertanyaan yang Perlu Diajukan Sebelum Bekerja Sama dengan Influencer.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC