3. Multiplatform yang Digunakan
Untuk brand, jangan terpaku pada satu platform media sosial saja. Sebab, zaman akan terus berubah, sehingga media sosial pun akan mengalami banyak pembaruan.
Bahkan mungkin sudah pengguna tinggalkan karena ada media sosial baru yang lebih menarik. Selalu membuka diri untuk platform baru, dan Anda perlu selalu up to date dalam mempromosikan bisnis.
4. Dedikasi dan Effort
Hal lain yang menjadikan tarif influencer lebih mahal adalah dedikasinya. Tidak jarang, ada influencer yang hanya mengikuti brief saja tanpa effort lainnya.
Misalnya, melakukan promosi tambahan atau sekadar menulis caption yang lebih menarik. Akibatnya, campaign menjadi tidak maksimal karena dikerjakan secara asal-asalan.
Influencer yang memiliki dedikasi, umumnya memiliki followers yang lebih loyal karena mereka tertarik dengan kepribadian influencer.
Bisa juga karena konten-konten yang mereka bagikan sangat menarik dan bermanfaat bagi para pengikutnya.
Situs untuk Mengetahui Rate Card Influencer
Ada beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa rate card influencer secara umum. Perhitungan tersebut berdasarkan jumlah followers dan berapa besar engagement rate. Beberapa situs tersebut, antara lain:
1. Socialblade
Situs Socialblade menjadi rujukan untuk melihat seberapa besar penghasilan yang didapatkan seorang YouTuber.
Melalui data yang tercantum di platform tersebut, Anda bisa memperhitungkan secara umum berapa budget yang perlu Anda siapkan jika ingin mengajak influencer YouTube bekerja sama.
2. Phlanx.com
Sebelum memilih influencer, cari tahu terlebih dahulu berapa engagement rate yang dimiliki dengan kalkulator dari website ini.
Selain menunjukkan besar engagement rate, Anda juga bisa melihat jumlah penghasilan yang bisa influencer dapatkan dari satu postingan di media sosial. Hal itu menjadi salah satu aspek penentuan tarif yang akan mereka ajukan saat Anda mengajak mereka bekerja sama.
Di sini, Anda bisa juga membandingkan antara influencer yang satu dengan influencer lainnya. Terutama, yang masih dalam satu niche, misalnya beauty influencer dengan sesama beauty dan seterusnya.
Mendapatkan saran dan rekomendasi dari digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam bekerja sama dengan influencer pun bisa Anda lakukan. Tim agensi bahkan bisa membantu Anda menyusun strategi digital marketing yang paling tepat sehingga berdampak pada perkembangan bisnis.
Nah, Anda sudah tahu berapa biaya yang harus disiapkan jika ingin bekerja sama dengan influencer. Sebagai rekomendasi tambahan, cari tahu juga 11 Faktor yang Mempengaruhi Harga Influencer. Lalu, pelajari 10 Pertanyaan yang Perlu Diajukan Sebelum Bekerja Sama dengan Influencer.