MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Berapa Biaya yang Harus Disiapkan untuk Kerja Sama dengan Influencer?

29 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 7.913  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Keberadaan influencer memiliki peran penting dalam pemasaran digital. Namun untuk bekerja sama dengan mereka tentu ada biaya yang perlu Anda siapkan. Berapa sih biaya untuk bekerja sama dengan influencer? Yuk, cari tahu lebih banyak dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengetahui Biaya untuk Bekerja Sama dengan Influencer

Sebenarnya, tidak terlalu sulit untuk menentukan biaya yang harus Anda keluarkan saat ingin bekerja sama dengan influencer. Namun, ada beberapa hal yang mempengaruhi harga atau rate card dari tiap influencer.  

Umumnya, influencer terbagi dalam beberapa kategori tergantung jumlah pengikut dan niche konten mereka. Ada juga influencer yang memiliki harga tersendiri dalam menawarkan jasanya karena konten yang mereka sajikan membutuhkan effort khusus. 

Intinya, Anda perlu mengetahui hal dasar sebelum memilih influencer untuk digital campaign.

Faktor yang Mempengaruhi Rate Card Influencer

Biaya untuk kerja sama dengan influencer profesional tentu berbeda dengan influencer biasa. Biaya tersebut disebut dengan istilah rate card. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang mempengaruhinya, antara lain:

1. Jumlah Follower 

Umumnya, brand memiliki standar minimal follower untuk setiap kerja sama yang mereka lakukan, terutama berkaitan dengan kegiatan promosi di media sosial. 

Anda bisa saja memilih influencer dengan pengikut ratusan ribu orang, tetapi bisa juga memilih orang yang hanya memiliki puluhan ribu pengikut saja. 

Setiap tingkatan influencer akan memiliki harganya tersendiri. Secara logika, influencer dengan ratusan ribu pengikut memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk lebih diperhatikan saat mempromosikan sesuatu. 

Namun terkadang, Anda juga harus mempertimbangkan hal lain, seperti engagement dan reach.

2. Engagement dan Reach

Untuk menentukan tarif influencer, Anda juga bisa melihatnya dari engagement dan reach yang berhasil suatu konten dapatkan dari postingan influencer. Melihat datanya di mana? Ya, Anda bisa meminta data insight untuk setiap postingan kalau influencer menggunakan akun business profile di Instagram atau statistik di Twitter.

Dengan mendapatkan data insight dari influencer yang ingin Anda ajak bekerja sama, Anda bisa melihat performa setiap postingan mereka terlebih dahulu, apakah postingan mereka mampu mendapatkan engagement yang besar? 

Bagaimana dengan luas jangkauan postingan tersebut? Apakah social media campaign yang diselenggarakan bisa berhasil sesuai harapan? Semakin bagus engagement yang influencer hasilkan, semakin mahal tarif influencer tersebut.

3. Multiplatform yang Digunakan

Untuk brand, jangan terpaku pada satu platform media sosial saja. Sebab, zaman akan terus berubah, sehingga media sosial pun akan mengalami banyak pembaruan. 

Bahkan mungkin sudah pengguna tinggalkan karena ada media sosial baru yang lebih menarik. Selalu membuka diri untuk platform baru, dan Anda perlu selalu up to date dalam mempromosikan bisnis.

4. Dedikasi dan Effort

Hal lain yang menjadikan tarif influencer lebih mahal adalah dedikasinya. Tidak jarang, ada influencer yang hanya mengikuti brief saja tanpa effort lainnya. 

Misalnya, melakukan promosi tambahan atau sekadar menulis caption yang lebih menarik. Akibatnya, campaign menjadi tidak maksimal karena dikerjakan secara asal-asalan.

Influencer yang memiliki dedikasi, umumnya memiliki followers yang lebih loyal karena mereka tertarik dengan kepribadian influencer

Bisa juga karena konten-konten yang mereka bagikan sangat menarik dan bermanfaat bagi para pengikutnya.

Situs untuk Mengetahui Rate Card Influencer

Ada beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa rate card influencer secara umum. Perhitungan tersebut berdasarkan jumlah followers dan berapa besar engagement rate. Beberapa situs tersebut, antara lain:

1. Socialblade

Situs Socialblade menjadi rujukan untuk melihat seberapa besar penghasilan yang didapatkan seorang YouTuber. 

Melalui data yang tercantum di platform tersebut, Anda bisa memperhitungkan secara umum berapa budget yang perlu Anda siapkan jika ingin mengajak influencer YouTube bekerja sama.

2. Phlanx.com

Sebelum memilih influencer, cari tahu terlebih dahulu berapa engagement rate yang dimiliki dengan kalkulator dari website ini. 

Selain menunjukkan besar engagement rate, Anda juga bisa melihat jumlah penghasilan yang bisa influencer dapatkan dari satu postingan di media sosial. Hal itu menjadi salah satu aspek penentuan tarif yang akan mereka ajukan saat Anda mengajak mereka bekerja sama.

Di sini, Anda bisa juga membandingkan antara influencer yang satu dengan influencer lainnya. Terutama, yang masih dalam satu niche, misalnya beauty influencer dengan sesama beauty dan seterusnya. 

Mendapatkan saran dan rekomendasi dari digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam bekerja sama dengan influencer pun bisa Anda lakukan. Tim agensi bahkan bisa membantu Anda menyusun strategi digital marketing yang paling tepat sehingga berdampak pada perkembangan bisnis. 


Nah, Anda sudah tahu berapa biaya yang harus disiapkan jika ingin bekerja sama dengan influencer. Sebagai rekomendasi tambahan, cari tahu juga 11 Faktor yang Mempengaruhi Harga Influencer. Lalu, pelajari 10 Pertanyaan yang Perlu Diajukan Sebelum Bekerja Sama dengan Influencer.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC