MENU
SEARCH KNOWLEDGE

KOL Management Itu Apa dan Di Mana Bisa Mendapatkannya?

09 Nov  · 
2 min read
 · 
eye 72.109  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Dalam dunia digital agency, Anda pasti sering menemukan istilah KOL management. Nah, KOL management itu apa dan di mana bisa mendapatkannya? Cari tahu penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge kali ini, yuk.

Pengertian Key Opinion Leader (KOL)

Sebelum Anda membaca bahasan lebih lengkap mengenai KOL management, ada baiknya Anda mengingat lagi apa sebenarnya Key Opinion Leader (KOL) itu sendiri dan peran mereka dalam digital marketing strategy.

KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leader. KOL biasanya sangat dipercaya pendapatnya oleh para pengikut mereka karena dianggap sebagai ahli dalam suatu bidang tertentu. 

Peran mereka sangat besar, karena bisa membantu Anda, para pemilik brand, untuk mempromosikan merek, produk, maupun layanan bisnis yang sedang Anda promosikan. 

Apa Itu KOL Management?

Sementara KOL management adalah cara perusahaan menangani para KOL yang bernaung dalam manajemen perusahaan.

Di saat yang sama,  KOL management membantu mengarahkan KOL agar bisa menjadi agen pemasaran digital maupun offline yang baik bagi perusahaan. 

Termasuk menjadi pembawa pesan promosi yang bisa sampai kepada target market yang ditetapkan, terutama audiens dari para KOL itu sendiri.

Tugas KOL Management dalam Digital Agency

KOL management yang baik itu sangat penting karena akan membentuk hubungan yang solid antara perusahaan dan KOL, sehingga dapat bekerja sama melakukan promosi atas suatu brand

Kedua belah pihak harus saling percaya dan berkontribusi dalam kerja sama ini.  Karena faktanya memang keduanya memang saling membutuhkan demi tercapainya penerapan digital marketing strategy yang sukses.

Tugas KOL management, antara lain: 

  • Melakukan identifikasi, pemetaan, perencanaan dan keterlibatan KOL dalam semua aspek pemasaran, termasuk digital marketing.  
  • Mengelola penawaran dan mengatur hasil campaign pemasaran yang melibatkan KOL.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan jelas untuk memastikan kinerja campaign yang melibatkan para KOL bisa berjalan baik sesuai kesepakatan.
  • Memiliki keterampilan bernegosiasi sehingga dapat mengembangkan dan memelihara hubungan dengan KOL, selebgram & selebriti.

Tugas-tugas KOL management tersebut harus dipastikan dapat memberikan kontribusi pada seluruh siklus manajemen KOL. 

Jadi ketika penerapan digital campaign dilakukan dapat mencapai misi perusahaan yang sesungguhnya, yaitu peningkatan brand awareness sekaligus bisa meningkatkan konversi berupa naiknya angka penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan. 

Cara Memastikan Seluruh Tugas Manajemen KOL Bisa Tercapai 

1. Melakukan Pendataan Secara Detail Terhadap KOL 

KOL management tidak hanya mampu mendata jumlah followers dari para KOL, namun mengetahui seberapa besar dampak yang bisa dihasilkan campaign yang melibatkan KOL.

Memang, jumlah followers sudah tentu berpengaruh pada peningkatan brand awareness suatu perusahaan. 

Semakin banyak followers yang dimiliki oleh KOL, semakin mudah bagi perusahaan untuk melakukan estimasi atas seberapa banyak konsumen yang akan berubah pikiran setelah melihat pesan yang disampaikan nantinya. 

Masalahnya, tetap perlu mewaspadai KOL dengan ghost account, akun kosong, atau KOL dengan fake followers

Maka tugas KOL management adalah mencari tahu lebih lanjut mengenai engagement rate dari KOL dan insight secara lengkap yang bisa mereka berikan. Ini agar social media strategy maupun social media campaign yang Anda selenggarakan memberi hasil sesuai keinginan perusahaan.

2. Relevansi antara KOL dengan Brand

KOL management harus menjadi perpanjangan tangan bagian marketing yang mampu membantu perusahaan mendapatkan dampak dari penyelenggaraan promosi yang tepat sasaran. 

Untuk itu, KOL management harus memiliki kemampuan untuk melakukan analisis terhadap latar belakang dan keahlian para KOL. Selain itu, harus pula melihat kesesuaian serta relevansi KOL dengan brand.  

Di saat yang sama, Anda tak bisa mengabaikan peran manajemen KOL sebagai sarana bagi perusahaan untuk melihat bagaimana kinerja konten dari KOL yang nantinya akan diajak kerja sama. 

Hal ini juga penting untuk memastikan setiap konten yang diberikan oleh tim marketing dapat diterima dengan baik oleh audiens atau justru sebaliknya. 

3. Memiliki Alur Manajemen yang Rapi

KOL management menjadi elemen pendorong perusahaan untuk mengetahui angka keterlibatan audiens dengan konten yang dibuat dan dipromosikan oleh KOL yang sepakat bekerja sama dengan perusahaan. 

Pada prinsipnya, fokus pemasaran terdapat pada konten KOL sehingga di dalam manajemen perlu memiliki alur manajemen yang tertata dengan baik. 

Setiap manajemen campaign umumnya terbagi menjadi tiga fase utama, yaitu fase pra campaign, campaign, dan fase pasca campaign

Setiap tahapan yang dilalui dalam penyelenggaraan suatu kampanye memiliki indikator atau skala ukuran yang bisa menetapkan, apakah kampanye sudah berjalan dengan baik atau masih perlu perbaikan lagi. 

Pengukuran kesuksesan suatu kampanye tidak serta merta bisa terlihat dari meningkatnya angka penjualan produk. 

Kadang awalnya hanya didahului dengan meningkatnya kesadaran akan merek atau brand awareness, baru kemudian akan meningkatkan penjualan. Penerapan dan kesuksesan online marketing campaign dengan kampanye offline juga sangat berbeda sehingga indikator penilaiannya juga perlu disesuaikan. 

 

Jika perusahaan Anda saat ini belum memiliki KOL Management sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu best digital agency Indonesia yang nanti akan memberi penjelasan lebih lanjut bagaimana caranya agar digital campaign yang Anda selenggarakan bisa mendapatkan hasil maksimal.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC