2. Pendapat KOL Membuat Brand Anda Lebih Mudah Diterima Masyarakat
KOL tidak segan memberikan pendapat positif mereka mengenai beberapa kondisi yang berhubungan dengan bisnis Anda, baik atas pertanyaan yang diajukan oleh para konsumen, maupun dari brand itu sendiri.
Bekerja sama dengan KOL, akan membuat bisnis Anda lebih mudah dan lebih cepat diterima konsumen.
3. Membantu Brand Mengedukasi Konsumen
KOL memiliki kemampuan untuk mengedukasi konsumen mengenai kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan setelah menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan.
Hal ini tentu sangat baik dalam membangun brand awareness. Bahkan kadang bisa meningkatkan penjualan begitu konsumen tertarik untuk membuktikan sendiri kelebihan produk yang dipromosikan KOL.
4. KOL Membagikan Pengalaman Penggunaan Produk Maupun Layanan
Sebelum memberikan pendapat atau opini berkaitan dengan produk maupun layanan jasa dari suatu brand, KOL akan mencobanya sendiri terlebih dahulu.
Artinya, mereka akan menggunakan produk atau layanan bisnis yang mau mereka promosikan dan tak segan pula mengaplikasikannya dalam aktivitas harian mereka.
Inilah yang kemudian bisa memberi pengaruh besar kepada calon konsumen, karena sudah ada seseorang yang ahli di bidangnya mereferensikan produk atau layanan yang ditawarkan.
Tips Memilih KOL yang Tepat dan Sesuai dengan Brand Anda
KOL tidak selalu aktif berinteraksi di sosial media. Kebanyakan dari mereka lebih aktif beraktivitas di dunia nyata.
Tapi di era digital seperti saat ini, bisa dipastikan mereka memiliki salah satu media sosial, seperti Instagram atau YouTube yang digunakan sebagai media untuk edukasi masyarakat.
Jika tertarik menggunakan jasa KOL untuk mempromosikan Anda, ikuti beberapa tips berikut untuk memilih KOL yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan brand:
1. Seberapa Relevan KOL yang Mau Dipilih dengan Target Pasar
Sebaiknya Anda tidak memilih KOL karena dia sedang naik daun. Lebih baik pilih yang relevan dan sesuai dengan target pasar bisnis Anda.
Contoh: Anda menjalankan bisnis kuliner. Jika ingin bekerja sama dengan KOL, maka pilih KOL yang berprofesi sebagai chef atau pakar kuliner.
Sementara jika produk Anda adalah produk kesehatan, ada baiknya Anda memilih KOL yang memang ahli di bidang kesehatan, seperti dokter, ahli gizi, dan sebagainya.
Jangan hanya berpatokan pada jumlah follower yang banyak juga ya, karena hasilnya akan berbeda jika Anda malah melihat kesesuaian KOL dengan target market.
2. Kekuatan Jangkauan Audiens
Dengan pengaruh yang besar dari seorang KOL, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih besar sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan.
Pengaruh lain yang juga penting Anda perhatikan adalah seberapa expert KOL yang Anda pilih dalam bidang tertentu di mata para audiens.
Semakin ahli, maka semakin besar pula pengaruhnya sehingga banyak konsumen yang mendengar dan mengikuti apa yang KOL itu referensikan.