MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Begini Cara KOL Mempromosikan Bisnis Anda

09 May  · 
2 min read
 · 
eye 6.186  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Kenapa KOL penting? KOL memiliki peran penting dalam dunia bisnis karena bisa membantu mempromosikan bisnis Anda dengan lebih baik, sekaligus dapat membangun brand awareness. Untuk tahu cara KOL mempromosikan bisnis Anda, baca penjelasannya di artikel Redcomm Knowledge kali ini.

Mengapa KOL Penting untuk Promosi Bisnis?

Seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial, pengaruh KOL juga semakin besar. Key Opinion Leader atau KOL adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang tertentu. 

Karena keahlian yang mereka miliki, opini mereka pun cenderung dipercaya oleh banyak orang. Bahkan pendapat mereka mengenai suatu produk atau layanan tertentu banyak dianggap sebagai rekomendasi yang autentik dan meyakinkan.

Cara KOL Mempromosikan Bisnis Anda

1. Opini yang Kredibel Berdasarkan Profesi dan Keahlian

KOL memiliki kemampuan untuk memberikan pendapat yang kredibel mengenai produk maupun brand berdasarkan profesi dan keahlian yang mereka miliki. 

Mereka sudah pasti tidak akan sembarangan memberikan pendapat, karena profesi mereka dipertaruhkan. 

Nah, dengan kemampuan ini, mereka lebih bisa meyakinkan konsumen terkait kualitas produk dan layanan bisnis Anda.

2. Pendapat KOL Membuat Brand Anda Lebih Mudah Diterima Masyarakat

KOL tidak segan memberikan pendapat positif mereka mengenai beberapa kondisi yang berhubungan dengan bisnis Anda, baik atas pertanyaan yang diajukan oleh para konsumen, maupun dari brand itu sendiri. 

Bekerja sama dengan KOL, akan membuat bisnis Anda lebih mudah dan lebih cepat diterima konsumen.

3. Membantu Brand Mengedukasi Konsumen

KOL memiliki kemampuan untuk mengedukasi konsumen mengenai kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan setelah menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan. 

Hal ini tentu sangat baik dalam membangun brand awareness. Bahkan kadang bisa meningkatkan penjualan begitu konsumen tertarik untuk membuktikan sendiri kelebihan produk yang dipromosikan KOL.

4. KOL Membagikan Pengalaman Penggunaan Produk Maupun Layanan

Sebelum memberikan pendapat atau opini berkaitan dengan produk maupun layanan jasa dari suatu brand, KOL akan mencobanya sendiri terlebih dahulu. 

Artinya, mereka akan menggunakan produk atau layanan bisnis yang mau mereka promosikan dan tak segan pula mengaplikasikannya dalam aktivitas harian mereka. 

Inilah yang kemudian bisa memberi pengaruh besar kepada calon konsumen, karena sudah ada seseorang yang ahli di bidangnya mereferensikan produk atau layanan yang ditawarkan.

Tips Memilih KOL yang Tepat dan Sesuai dengan Brand Anda

KOL tidak selalu aktif berinteraksi di sosial media. Kebanyakan dari mereka lebih aktif beraktivitas di dunia nyata. 

Tapi di era digital seperti saat ini, bisa dipastikan mereka memiliki salah satu media sosial, seperti Instagram atau YouTube yang digunakan sebagai media untuk edukasi masyarakat. 

Jika tertarik menggunakan jasa KOL untuk mempromosikan Anda, ikuti beberapa tips berikut untuk memilih KOL yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan brand:

1. Seberapa Relevan KOL yang Mau Dipilih dengan Target Pasar

Sebaiknya Anda tidak memilih KOL karena dia sedang naik daun. Lebih baik pilih yang relevan dan sesuai dengan target pasar bisnis Anda. 

Contoh: Anda menjalankan bisnis kuliner. Jika ingin bekerja sama dengan KOL, maka pilih KOL yang berprofesi sebagai chef atau pakar kuliner. 

Sementara jika produk Anda adalah produk kesehatan, ada baiknya Anda memilih KOL yang memang ahli di bidang kesehatan, seperti dokter, ahli gizi, dan sebagainya. 

Jangan hanya berpatokan pada jumlah follower yang banyak juga ya, karena hasilnya akan berbeda jika Anda malah melihat kesesuaian KOL dengan target market.

2. Kekuatan Jangkauan Audiens

Dengan pengaruh yang besar dari seorang KOL, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih besar sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan. 

Pengaruh lain yang juga penting Anda perhatikan adalah seberapa expert KOL yang Anda pilih dalam bidang tertentu di mata para audiens. 

Semakin ahli, maka semakin besar pula pengaruhnya sehingga banyak konsumen yang mendengar dan mengikuti apa yang KOL itu referensikan.

3. Engagement yang Dihasilkan

Jika konten yang KOL unggah di media sosial ramai dengan interaksi antar audiens, bisa dikatakan KOL tersebut mampu melakukan tugasnya dengan baik. 

Interaksi antara brand Anda dan para audiens menjadi keterikatan emosional yang dampaknya bagus untuk perkembangan bisnis. 

Oleh karena itu, pilih KOL yang merupakan public figure dengan citra baik, lengkap dengan pengikut yang banyak dan aktif, sehingga engagement yang dihasilkan pun memuaskan.

Cara lain untuk mendapatkan KOL sesuai kebutuhan dan bisa mencapai sukses dalam digital marketing campaign, Anda bisa bekerja sama dengan KOL management atau top 10 advertising agencies yang memang ahli di bidang kerja sama dengan para KOL.

4. Memiliki Pengaruh Besar

KOL bukan sekadar selebriti dunia maya biasa. Sebab, mereka yang expert dan berpengalaman bisa memberikan saran yang terpercaya kepada konsumen terkait bisnis yang sedang mereka promosikan. 

Daya tarik KOL adalah meyakinkan calon pembeli untuk menggunakan produk yang mereka sarankan. Itu sebabnya, tak ada salahnya Anda bekerja sama dengan KOL yang relevan dengan bisnis Anda. 

Tujuannya, untuk meningkatkan awareness dan membuat lebih banyak orang mengenal produk, jasa, maupun layanan bisnis dari brand Anda.

Untuk diskusi lebih lanjut mengenai cara KOL mempromosikan bisnis dan bagaimana penerapan strategi digital marketing yang tepat sasaran, Anda bisa langsung kontak tim Redcomm yang siap membantu Anda. Oh ya, selain KOL ada pula yang namanya influencer lho. Coba baca dulu Perbedaan Influencer dan Key Opinion Leader (KOL).

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER