Di era serba canggih seperti saat ini, banyak bidang pekerjaan baru bermunculan. Terlebih dengan tren media sosial, membuat siapa pun bisa berkarya walau hanya bekerja dari rumah. Tak hanya bidang pekerjaan, cara bertransaksi pun mengalami banyak perubahan.

 

Adaptasi akan cara transaksi yang mengandalkan internet, menghadirkan beragam strategi promosi baru, baik untuk mempromosikan produk maupun layanan bisnis. Content creator merupakan salah satu bidang pekerjaan yang memiliki peran penting dalam dunia digital marketing. Berikut uraian manfaat bekerja sama dengan content creator.

 

Sederet Manfaat Bekerja Sama dengan Content Creator 

Content creator adalah profesi yang cukup menjanjikan di masa digital seperti sekarang. Tugasnya membuat konten, baik konten organik maupun konten untuk keperluan promosi. Bentuk konten yang dibuat ada beraneka macam, seperti artikel, foto, ilustrasi, video, dan sebagainya.

 

Berikut manfaat bekerja sama dengan content creator yang akan brand dapatkan:

 

  1. Mendapatkan Konten yang Membuat Bisnis Terlihat Profesional

Seorang content creator memiliki keahlian masing-masing sesuai dengan bidang yang mereka geluti. Seperti ahli membuat caption di media sosial dengan memanfaatkan storytelling yang membius, piawai memadukan busana dan berpose, atau memiliki keterampilan berbicara di depan kamera.

 

Melalui keahlian tersebut, tentunya konten yang mereka hasilkan akan lebih menarik, beragam, dan terlihat lebih profesional. Tentunya, disesuaikan dengan keahlian yang mereka miliki dengan tujuan dan value Anda. Itu sebabnya, ketika Anda bekerja sama dengan content creator, mereka bisa membantu membuat konten yang bagus dan membuat bisnis Anda jadi terlihat lebih profesional pula.

 

 

  1. Meraih Lebih Banyak Engagement atau Interaksi 

Content creator memperlihatkan kreasi kontennya melalui internet. Biasanya mereka memiliki kanal yang memang dirancang untuk berinteraksi dengan para pengikut.

 

Jika Anda adalah pemilik brand yang bekerja sama dan memanfaatkan jasa content creator, Anda akan mendapatkan keuntungan dari interaksi yang terjalin antara si kreator dengan audience mereka. Hal ini, bisa membantu Anda mendapatkan engagement yang lebih baik di media sosial bisnis Anda, mengingat mereka akan melakukan mention ketika bercerita mengenai bisnis Anda di kanal media sosial mereka. Dampak berikutnya, makin banyak pengguna internet, khususnya pengguna media sosial dalam lingkaran pertemanan konten kreator tadi, mengenal bisnis Anda.

 

  1. Membantu Menyebarkan Konten Anda secara Lebih Luas

Content creator terbagi atas beberapa kategori sesuai dengan jumlah pengikutnya. Semakin banyak pengikut disertai nilai ER yang tinggi, tentu akan semakin banyak audience yang membicarakan brand tersebut.

 

Sebagai brand, Anda akan diuntungkan dengan ragam konten yang dihasilkan. Manfaat bekerja sama dengan content creator lainnya, Anda akan mendapat konten yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi bisnis.

 

Tahapan dalam Membuat Social Media Campaign bersama Content Creator

Untuk menjalin kerja sama dengan content creator dalam sebuah campaign, Anda harus melalui beberapa tahapan. Berikut langkah yang perlu Anda tempuh:

 

 

  1. Tahap Persiapan yang Meliputi Riset dan Brainstorming

Pada tahap ini, Anda perlu melakukan riset dan brainstorming ide, seperti menetapkan tujuan yang akan diraih dalam penyelenggaraan campaign. Anda bisa menggunakan data driven marketing untuk meningkatkan efektivitas campaign. Kemudian, kenali produk Anda dengan cara menggali kelebihan dan kekurangan, serta fitur yang dimiliki. Sekaligus benefit yang akan didapatkan konsumen jika membeli dan memiliki produk atau layanan yang Anda tawarkan. Riset kompetitor juga dapat Anda lakukan untuk menjadikan campaign mereka sebagai acuan. 

 

Tak kalah penting adalah mengetahui target market yang Anda miliki. Gunakan benang merah ini untuk membuat konsep yang akan diusung. Tuangkan gagasan ke dalam bentuk creative brief dengan detail dan mudah dipahami

 

Setelahnya, Anda perlu mematangkan konsep campaign yang akan diusung. Caranya dengan membuat SOW sejelas mungkin agar tidak menimbulkan miskomunikasi.

 

  1. Tahap Pencarian Content Creator

Untuk menemukan creator, brand bisa melakukannya dengan berbagai cara, di antaranya:

 

  • Menghubungi content creator secara langsung. Hal ini karena content creator biasanya menampilkan alamat email atau kontak yang dapat dihubungi di bio akun sosial media mereka. 
  • Melalui digital agency marketing Indonesia. Salah satu digital agency Indonesia yang bisa Anda hubungan untuk mencari talent adalah RedComm Indonesia. Bekerja sama dengan digital agency terbaik memiliki banyak kelebihan. Mereka sudah memiliki data base creator yang dapat Anda sesuaikan, baik dari segi budget ataupun niche.
  • Melalui perseorangan pun bisa Anda lakukan. Caranya, meminta rekomendasi dari sesama pebisnis atau pemilik brand yang menjadi kenalan Anda.

 

  1. Negosiasi

Selanjutnya, Anda perlu bernegosiasi mengenai cara kerja hingga aturan pembayaran sesuai waktu dan metode yang telah disepakati. Opsi ini sebenarnya beragam, bahkan ada beberapa brand yang melakukan pembayaran terlebih dulu setelah kesepakatan terjadi.

 

  1. Analisis Campaign

Melakukan analisis terhadap hasil campaign perlu dilakukan. Hal ini karena Anda perlu mengetahui apakah campaign yang Anda jalankan sudah efektif dan mencapai tujuan atau goals yang diinginkan, atau sebaliknya.

 

 

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam analisis campaign, antara lain: 

 

 

Performa akun media sosial merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan perlu menjadi pertimbangan dalam memilih content creator. Seperti content creator Instagram, jumlah pengikut yang dimiliki tentu memiliki beberapa perbedaan. Misal pada sebuah akun dengan follower minimal 10K yang sudah bisa melakukan swipe up

 

Namun sebaiknya jangan terpaku hanya pada satu faktor, seperti jumlah followers. Banyak juga content creator yang benar-benar otentik dengan hasil profesional meski jumlah follower belum banyak. Indikator lain terkait performa akun yang perlu diperhitungkan adalah nilai ER (engagement rate). Semakin tinggi nilai ER, maka semakin baik pula performa akun tersebut 

 

Demikianlah manfaat bekerja sama dengan content creator beserta beberapa tips melakukannya.