MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Digital Agency: Arti, Ciri, dan Tips Memilih Digital Agency Indonesia Terbaik

04 Feb  · 
3 min read
 · 
eye 6.491  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Ingin meningkatkan visibilitas bisnis dan memaksimalkan online presence? Jika iya, Anda membutuhkan bantuan digital agency

Cari tahu yuk, apa itu digital agency, ciri-ciri digital agency profesional, dan tips memilih digital agency Indonesia terbaik untuk diajak bekerja sama di artikel kali ini.

Apa Itu Digital Agency?

Digital agency adalah agensi atau perusahaan periklanan yang menyediakan layanan dan jasa digital marketing untuk membantu para pebisnis melakukan promosi dan pemasaran secara digital.

Adapun berbagai layanan dan jasa yang biasanya mereka sediakan, seperti pembuatan dan desain website bisnis yang profesional, content marketing, Search Engine Marketing (SEM), jasa Search Engine Optimization (SEO), iklan online, social media marketing, dan masih banyak lagi.

Anda yang ingin bekerja sama dengan digital agency terbaik tinggal memilih mana layanan dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah tahu ciri digital agency yang profesional dan berkualitas.

Ciri Digital Agency Jakarta Terbaik & Profesional 

Saat ini, ada banyak perusahaan penyedia jasa digital marketing di Indonesia yang bisa membantu Anda melakukan promosi dan pemasaran digital. 

Namun, memilih agensi untuk diajak bekerja sama tidak bisa sembarang. Untuk itu, Anda perlu mengenali ciri-ciri digital agency Jakarta atau digital agency Indonesia terbaik dan berpengalaman, antara lain:

1. Memiliki Portofolio & Prestasi

Hal pertama yang perlu Anda lihat ketika mau bekerja sama dengan agensi digital yang profesional adalah ada tidaknya portofolio dan prestasi yang pernah dicapai.

Di dalam portofolio, digital agency Indonesia terbaik harus bisa menampilkan sistem kerja, studi kasus, data pendukung, dan campaign yang sudah berhasil mereka kerjakan.

Cari tahu juga berapa banyak klien yang sudah mereka bantu, industrinya, dan apakah ada brand-brand besar yang juga menggunakan jasa digital marketing yang mereka sediakan.

Selain itu, lihat ada tidaknya prestasi yang pernah dicapai. Contohnya, prestasi yang pernah Redcomm Indonesia raih.

Redcomm adalah salah satu digital agency Indonesia yang meraih penghargaan sebagai Agency of the Year 6 tahun berturut-turut dari tahun 2018 dari Campaign of Asia.

Semua hal baik tersebut harus tercantum di dalam portofolio. Sebab, portofolio memberi gambaran yang jelas mengenai kemampuan digital agency dalam menghasilkan digital campaign yang sukses dan hasil yang memuaskan bagi klien-klien sebelumnya.

2. Tim Profesional dan Berpengalaman

Tim di dalam digital agency Indonesia yang berkualitas biasanya terdiri dari individu-individu yang berpengalaman dalam berbagai aspek pemasaran digital. 

Mereka memiliki pengetahuan mendalam terkait berbagai strategi digital marketing, tren digital marketing terbaru, algoritma mesin pencari, dan strategi pemasaran digital yang efektif.

Beberapa di antaranya bahkan memiliki spesialis di bidang tertentu, seperti search engine marketing, SEO specialist, internet marketing services, internet marketing strategies, KOL Management, dan lainnya.

3. Memiliki Beragam Layanan

Ciri digital agency Indonesia terbaik berikutnya, tersedia berbagai layanan digital marketing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Artinya, agensi pemasaran digital tersebut tak hanya menawarkan jasa SEO atau iklan digital saja, namun juga menyediakan 360° integrated digital marketing yang bisa membantu brand mencapai goals.

Layanan dan service digital agency berikutnya, ada social media activation & management, social-driven content creation, digital assets production, digital media planning & buying, hingga data-driven intelligence untuk data and insights analysis.

4. Transparansi dan Komunikatif

Kemampuan untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, rencana, bahkan hasil implementasi secara baik juga menjadi syarat baik tidaknya suatu agensi pemasaran digital.

Mengapa kemampuan berkomunikasi penting? Karena Anda punya hak untuk tahu apa saja rencana digital campaign yang perlu diselenggarakan, bagaimana implementasinya, apa hasilnya, dan sebagainya.

Di saat yang sama, perlu adanya transparansi dan sikap terbuka dalam memberikan laporan, progress, serta hasil kampanye berdasarkan data yang akurat. 

Andaipun terjadi kegagalan, mereka tetap akan menjelaskan dengan baik, termasuk penyebab, dan solusi untuk mengatasinya.

5. Memiliki Strategi yang Efektif dan Terukur

Digital agency profesional sudah tentu mampu menyusun dan menjalankan strategi yang efektif dan terukur sehingga potensi pencapaian tujuan juga lebih besar.

Pelaksanaan strategi juga akan berdasarkan dengan aktivitas evaluasi dan analisis data, sehingga bisa melakukan penyesuaian yang diperlukan tergantung performa campaign.

Dengan cara ini, hasil digital campaign akan jauh lebih optimal dan bisa meminimalkan potensi kegagalan.

Nah, Anda sudah tahu ciri-ciri digital agency seperti apa yang sebaiknya diajak bekerja sama. Selanjutnya, terapkan tips memilih agensi yang terbaik.

5 Tips Memilih Digital Agency Indonesia Terbaik

1. Sesuai Tujuan dan Kebutuhan Anda

Pilih digital agency Jakarta atau digital agency Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Termasuk memastikan kebutuhan tersebut akan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Mulai dari mengidentifikasi permasalahan yang sedang bisnis hadapi, hingga memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut secara efektif dan efisien.

2. Lihat Portofolio dan Cari Referensi

Agensi digital profesional sudah pasti memiliki portofolio. Maka baca dengan teliti apa saja yang ditampilkan dalam portofolio yang mereka ajukan.

Kemudian lakukan checking dan cari referensi sebanyak mungkin berkaitan dengan kebenaran seluruh data yang diberikan dalam portofolio.

Anda bisa membaca berbagai berita yang berkaitan dengan prestasi digital agency, penghargaan yang pernah diraih, brand mana saja yang pernah bekerja sama dengan mereka, dan sebagainya.

3. Evaluasi Tim Kerja

Usahakan untuk tidak langsung menyetujui kerja sama. Anda perlu melakukan evaluasi terhadap tenaga profesional yang terlibat dalam project yang akan dikerjakan bersama Anda.

Pastikan agency digital memiliki tim yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Misalnya, Anda butuh campaign SEO untuk mendapatkan lebih banyak traffic

Nah, SEO specialist yang terlibat harusnya paham apa saja yang seharusnya dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal yang sama berlaku untuk bidang kerja dan kebutuhan lainnya. 

4. Memiliki Strategi Digital yang Efektif

Masing-masing agensi memiliki strategi pemasaran yang menurut mereka paling efektif. Pada umumnya, strategi pemasaran akan didiskusikan bersama Anda melalui pembuatan desain iklan dan metode pemasangan iklan. 

Dari diskusi tersebut, Anda bisa menilai bagaimana kualitas dari pihak digital agency Jakarta tadi untuk menentukan suatu metode pemasaran. Cari tahu pula, apakah strategi tersebut memang cocok untuk perusahaan Anda?

5. Pertimbangkan Budget

Banyak digital agency yang menawarkan paket layanan dengan beragam nominal dana yang perlu Anda bayarkan.

Saat memilih digital agency terbaik, jangan hanya berfokus pada penawaran harga yang murah saja ya, tetapi pastikan solusi yang mereka tawarkan benar-benar bisa membantu bisnis Anda bertumbuh dengan baik.

Selain itu, pastikan penawaran mereka memang sesuai dengan budget yang tersedia. Jangan memaksakan diri mengeluarkan dana yang kemudian malah bisa membahayakan posisi keuangan perusahaan.


Jika saat ini Anda sedang mencari dan memilih digital agency terbaik, termasuk sudah pula memiliki perhitungan budget yang tersedia, coba konsultasikan dulu kebutuhan Anda dengan tim dari Redcomm Indonesia. Konsultasi dulu gratis kok, siapa tahu solusi yang Redcomm tawarkan malah bisa membuat bisnis Anda berkembang dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Yuk, langsung hubungi tim Redcomm dengan klik: Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER