Tahukah Anda bagaimana cara kerja data analysis tools? Perangkat data analysis adalah alat yang bisa membantu Anda mengungkapkan informasi tersembunyi dan memiliki target yang jelas. 

 

Misalnya, Anda sedang mencari berbagai destinasi wisata di internet. Lalu, Anda membaca artikel terkait destinasi wisata tersebut, melihat-lihat fotonya, kemudian masuk ke media sosial. Di media sosial, tiba-tiba ada iklan yang muncul mengenai tempat wisata yang sedang Anda cari. 

 

Itulah hasil dari data analysis tools yang secara otomatis bekerja dengan sistem atau algoritma tertentu untuk melacak pencarian Anda, kemudian mengungkapkannya pada halaman atau platform lain yang Anda buka. 

 

Cara Melakukan Analisis Menggunakan Data Analysis Tools

Berdasarkan prediksi di tahun 2021, para pengguna internet akan membuat data baru sebanyak 1,7 megabyte setiap detiknya. Jadi, dalam waktu 1 tahun, setidaknya akan ada 44 triliun gigabyte data yang terkumpul dari seluruh dunia. 

 

Nah, semua data mentah ini akan dianalisis agar dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat. Data tersebut juga bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja bisnis, mempelajari tren yang terjadi di antara pelanggan, dan bagaimana cara memberikan pelayanan yang lebih baik. 

 

Selanjutnya, bagaimana cara melakukan data analysis? Anda perlu mengumpulkan semua data analitik dan matriks penting untuk mengukur kesuksesan campaign di media sosial. Selain itu, diperlukan pula data analitik dari website yang bisa Anda dapatkan dari Google analytic maupun Google search console. Untuk itu, Anda perlu pula memahami data penting yang wajib Anda analisis saat melakukan digital marketing.

 

Lalu, seluruh data tersebut harus diproses terlebih dahulu hingga menjadi data siap pakai. Data ini kemudian dianalisis kembali agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan saat membuat strategi bisnis terbaru atau penerapan strategi digital marketing.

 

Di luar sana, ada banyak data analysis tools untuk digital campaign. Namun, ini sekaligus menjadi tantangan bagi Anda untuk memilih tools yang tepat dari sekian banyak pilihan. Salah satu hal yang kadang membuat marketer gagal dalam campaign adalah kesalahan memilih data analysis tools atau karena tidak memahami dengan baik cara kerja tools yang digunakan.

 

 

Rekomendasi 5 Data Analysis Tools untuk Memantau Hasil Digital Marketing Campaign

Beberapa rekomendasi perangkat data analysis tools yang bisa Anda gunakan dengan mudah, antara lain:

 

  1. Excel

Excel merupakan salah satu tools paling familiar, bahkan di kalangan non-pebisnis sekalipun. Excel berbentuk spreadsheet dan termasuk perangkat sederhana, tetapi powerful untuk mengumpulkan dan melakukan data analysis

 

Excel bukan tool gratis. Anda bisa mendapatkannya dalam satu paket dengan program Microsoft Office saat membeli laptop atau komputer. Excel juga tidak memerlukan UI. Anda dapat memulai dengan cara mempelajari semua fiturnya terlebih dahulu dan langsung menggunakannya.

 

Dengan melakukan data analysis di Excel, Anda akan mendapatkan banyak opsi saat menganalisis statistik data bisnis Anda untuk pengambilan keputusan, bahkan bisa membuat grafik dan bagan menarik yang akan membantu menginterpretasi serta memvisualisasi data yang sedang dianalisis. Dengan cara ini, data yang dihasilkan jadi lebih mudah dimengerti.

 

 

  1. Apache Spark

Spark merupakan data analysis tool untuk digital campaign yang diintegrasikan agar dapat memproses big data, dan dirancang oleh para pengembang dan ilmuwan data di bidang ini. Hal yang membuatnya menarik, tool ini dapat digunakan dengan gratis. 

 

Apache merupakan open source. Banyak pengembang yang mengambil kesempatan untuk berkontribusi membentuknya jadi lebih sempurna. Apache spark juga merupakan tool yang memiliki kinerja tinggi karena dapat digunakan untuk streaming dan data batch

 

Perangkat ini bisa dipelajari dengan mudah oleh pemula dan dapat digunakan secara interaktif berdasarkan kerangka Python, Scala, dan SQL atau R. Spark juga digunakan di Apache Mesos, Hadoop, atau di cloud, serta bisa mengakses bermacam-macam sumber data.

 

  1. Power BI

Microsoft menawarkan solusi analitik bisnis yang hebat dan powerful, bahkan hadir dengan tiga versi, yaitu desktop, pro, dan premium. Untuk pemula, tersedia versi desktop gratis dan sisanya berbayar. 

 

Cara melakukan data analysis menggunakan Power BI, dengan memvisualisasikan data yang terhubung ke berbagai macam sumber data, kemudian membagikan hasilnya ke semua anggota dalam tim Anda.

 

Bila menggunakan tool ini, Anda akan mudah menayangkan data melalui live streaming dan dashboard. Bahkan jika diintegrasikan dengan tool lain, seperti Excel, dapat membantu mempercepat kinerja Anda.

 

  1. R

R merupakan jenis bahasa pemrograman yang sangat populer. Biasanya digunakan untuk pemodelan statistik, visualisasi, dan data analysis. Para ahli menggunakan R untuk menganalisis statistik, pembelajaran mesin, dan big data

 

Tool ini merupakan open source gratis dan bisa membantu kinerja analisis data menjadi lebih baik. Anda mungkin membutuhkan pengetahuan tentang coding agar bisa menggunakannya dengan baik. Sementara itu, untuk konsistensi dan sintaks, R adalah bahasa pemrograman yang bagus dengan banyak kelebihan. Bahkan Uber, Facebook, Twitter, dan Google, juga menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini untuk menganalisis statistik mereka.

 

 

  1. Python

Pada awalnya, Python dirancang sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek untuk software dan pengembangan web, tetapi kemudian mengalami peningkatan untuk data analysis tools. Python merupakan tool untuk data analysis yang sangat kuat, di mana library-nya memiliki banyak data untuk berbagai aspek komputasi ilmiah. Hebatnya lagi, Python yang mudah dipelajari ini juga dapat diakses gratis.

 

Untuk dapat menggunakan tools di atas, memang dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan mempelajari cara kerjanya. Karena jika tidak benar-benar tahu penggunaannya, maka hasil yang akan Anda dapatkan jadi kurang maksimal. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memantau hasil digital marketing campaign yang Anda lakukan, yaitu bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta

 

Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan menggunakan layanan dan jasa digital marketing agency Jakarta tersebut karena mereka memiliki tim khusus yang paham tentang analysis data campaign. Namun sebelum memutuskan bekerja sama, Anda harus tahu dulu ciri-ciri digital marketing agency profesional dan berpengalaman.