Di era digital seperti sekarang, setiap interaksi pengguna di dunia maya meninggalkan jejak data. Menurut IDC, jumlah data digital global diprediksi mencapai 175 zettabytes pada tahun 2025.
Di era digital seperti sekarang, setiap interaksi pengguna di dunia maya meninggalkan jejak data. Menurut IDC, jumlah data digital global diprediksi mencapai 175 zettabytes pada tahun 2025.
Tanpa alat yang tepat, data ini hanya akan menjadi sekumpulan angka tanpa makna.Di sinilah peran data analysis tools menjadi sangat penting.
Tools ini memungkinkan marketer untuk mengekstrak insight berharga dari data mentah, seperti memahami perilaku konsumen, memetakan performa campaign, hingga mengoptimalkan Return on Investment (ROI).
Tahukah Anda bagaimana cara kerja data analysis tools? Perangkat data analysis adalah alat yang bisa membantu Anda mengungkapkan informasi tersembunyi dan memiliki target yang jelas.
Misalnya, Anda sedang mencari berbagai destinasi wisata di internet. Lalu, Anda membaca artikel terkait destinasi wisata tersebut, dan melihat-lihat foto-fotonya di Instagram.
Beberapa menit kemudian saat Anda scrolling, baik di Instagram maupun di media sosial lain, Anda mulai melihat iklan hotel di Bali, paket liburan di tempat wisata tersebut, dan sebagainya.
Nah inilah hasil dari data analysis tools yang secara otomatis bekerja dengan sistem atau algoritma tertentu untuk melacak pencarian Anda, kemudian mengungkapkannya pada halaman atau platform lain yang Anda buka.
Secara teknis, data analysis tools bekerja dengan cara:
Dengan insight ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih akurat, cepat, dan berbasis data dalam menjalankan strategi marketing.
Pada awal artikel ini telah disebutkan kalau jumlah data digital global diprediksi mencapai 175 zettabytes pada tahun 2025. Anggaplah kalau pengguna internet membuat data baru sebanyak 1,7 megabyte setiap detiknya, maka dalam waktu 1 tahun, setidaknya ada 44 triliun gigabyte data yang terkumpul dari seluruh dunia.
Semua data yang terkumpul tersebut merupakan data mentah yang masih perlu Anda olah dulu sebelum bisa memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan bisnis.
Misalnya untuk mengambil keputusan strategis, mengoptimalkan kinerja bisnis, mempelajari tren yang terjadi di masyarakat, dan bagaimana cara memberikan pelayanan yang lebih baik.
Nah, agar bisa mengolah data yang sedemikian besar, Anda perlu melakukan data analysis. Caranya bisa memperhatikan beberapa hal berikut:
Seluruh data harus Anda proses terlebih dahulu hingga menjadi data siap pakai. Data ini kemudian dianalisis kembali agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan saat membuat strategi bisnis terbaru atau penerapan strategi digital marketing.
Di luar sana, ada banyak data analysis tools untuk digital campaign. Namun, ini sekaligus menjadi tantangan bagi Anda untuk memilih tools yang tepat dari sekian banyak pilihan.
Salah satu hal yang kadang membuat marketer gagal dalam campaign adalah kesalahan memilih alat analisis atau karena tidak memahami dengan baik cara kerja tools yang digunakan.
Digital marketing tanpa analisis data ibarat bermain panah dengan mata tertutup. Anda bisa saja beruntung sesekali, tetapi tidak bisa mengandalkannya untuk jangka panjang.
Berdasarkan pengalaman Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta, mengambil keputusan strategis untuk pengembangan bisnis berbasis data jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan intuisi semata.
Artinya, penting memberi perhatian lebih untuk memilih data analysis tools yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis, karena alat tersebut akan membantu Anda dalam:
Nah, berikut rekomendasi data analysis tools terbaik untuk digital marketing yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan bisnis Anda.
Meskipun tampak sederhana, Excel tetap menjadi tulang punggung analisis data, terutama untuk pemula dan bisnis skala kecil.
Itulah sebabnya, alat analisis data yang satu ini menjadi sangat familiar, bahkan di kalangan non-pebisnis sekalipun.
Keunggulan Excel sebagai alat analisis data, antara lain:
Excel bukan tool gratis. Anda bisa mendapatkannya dalam satu paket dengan program Microsoft Office saat membeli laptop atau komputer.
Excel juga tidak memerlukan UI. Anda dapat memulai dengan cara mempelajari semua fiturnya terlebih dahulu dan langsung menggunakannya.
Dengan melakukan data analysis di Excel, Anda akan mendapatkan banyak opsi saat menganalisis statistik data bisnis untuk pengambilan keputusan.
Bahkan Anda juga bisa membuat grafik dan bagan menarik untuk menginterpretasi serta memvisualisasi data yang sedang dianalisis. Dengan cara ini, data yang dihasilkan jadi lebih mudah dimengerti.
Spark merupakan data analysis tool untuk digital campaign yang diintegrasikan agar dapat memproses big data, dan dirancang oleh para pengembang dan ilmuwan data di bidang ini.
Hal yang membuatnya menarik, Apache merupakan open source yang bisa Anda gunakan dengan gratis.
Inilah yang kemudian membuat Apache Spark menjadi populer di kalangan pengembang yang mengambil kesempatan untuk berkontribusi membentuknya jadi lebih sempurna.
Beberapa keunggulan Spark yang bisa Anda manfaatkan, yaitu:
Karena kemampuannya yang bisa memproses big data secara real time maupun batch dalam hitungan detik, banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan Spark, seperti eBay, Yahoo, bahkan Netflix yang sering menyelenggarakan digital campaign.
Microsoft menawarkan solusi analitik bisnis yang hebat dan powerful, bahkan hadir dengan tiga versi, yaitu desktop, pro, dan premium. Untuk pemula, tersedia versi desktop gratis dan sisanya berbayar.
Cara melakukan data analysis menggunakan Power BI, dengan memvisualisasikan data yang terhubung ke berbagai macam sumber data, kemudian membagikan hasilnya ke semua anggota dalam tim Anda.
Bila menggunakan tool ini, Anda akan mudah menayangkan data melalui live dan dashboard. Bahkan jika diintegrasikan dengan tool lain, seperti Excel, dapat membantu mempercepat kinerja Anda.
R adalah jenis bahasa pemrograman yang sangat populer. Biasanya digunakan untuk pemodelan statistik, visualisasi, dan data analysis.
Para ahli menggunakan R yang merupakan tool open source gratis untuk menganalisis statistik, pembelajaran mesin, dan big data.
Sementara itu, untuk konsistensi dan sintaks, R adalah bahasa pemrograman yang bagus dengan banyak kelebihan. Bahkan Uber, Facebook, Twitter, dan Google, juga menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini untuk menganalisis statistik mereka.
Pada awalnya, Python dirancang sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek untuk software dan pengembangan web, tetapi kemudian mengalami peningkatan untuk analisis data tools.
Python merupakan tool untuk data analisis yang sangat kuat, di mana library-nya memiliki banyak data untuk berbagai aspek komputasi ilmiah.
Hebatnya lagi, Anda bisa dengan mudah mempelajari dan mengakses Python, namun memang perlu punya pengetahuan dan kemampuan mempelajari cara kerjanya.
Karena jika tidak benar-benar tahu penggunaannya, maka hasil yang akan Anda dapatkan jadi kurang maksimal.
Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memantau hasil digital marketing campaign yang Anda lakukan, yaitu bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta.
Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan menggunakan layanan dan jasa digital agency Jakarta tersebut karena mereka memiliki tim khusus yang paham tentang analysis data campaign.
Namun sebelum memutuskan bekerja sama, Anda harus tahu dulu ciri-ciri digital marketing agency profesional dan berpengalaman.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC