Saat bekerja sebagai tim digital agency marketing Jakarta, tentu Anda sudah terbiasa  menangani perusahaan atau brand yang ingin memperkenalkan produk atau jasa terbaru dari perusahaan mereka. Umumnya, permintaan tersebut berupa pembuatan kampanye social media and digital marketing. Nah, setelah campaign tersebut selesai, tentunya dibutuhkan reporting campaign untuk mengetahui hasil akhirnya. Maka, Anda pasti membutuhkan tools reporting campaign untuk analisis digital campaign yang dilakukan apakah berhasil baik atau tidak. 

 

Mengapa Perlu Reporting Campaign?

Laporan hasil social media dan digital campaign sangat penting bagi klien, karena pastinya mereka ingin tahu, apakah dengan biaya yang telah dikeluarkan sudah memberi hasil yang sesuai dengan harapan dan target yang ditetapkan?

 

Namun, masalah reporting campaign ini memang harus disajikan dengan lebih praktis, sistematis dan singkat, tetapi tetap detail. Hal ini, mengingat klien sibuk dan jarang punya waktu banyak untuk membaca data. Mereka lebih memilih mengkonfirmasi secara langsung terkait hasil yang didapatkan.

 

Mengingat banyak sekali data yang harus dikumpulkan, tentu Anda sebagai tim agency membutuhkan tools yang mampu menggabungkan semua data dengan praktis dan lengkap. Sebab, klien pun akan menginginkan laporan data yang lengkap, tanpa ada satu bagian pun yang tertinggal. 

 

Untuk membuat laporan dengan cepat, praktis, tapi tetap detail, apalagi dengan KPI berbeda, Anda bisa menggunakan berbagai tools reporting campaign yang sudah banyak tersedia, khususnya untuk layanan jasa digital agensi. Memang, bagi pemilik bisnis alangkah lebih mudah kalau langsung bekerja sama saja dengan best digital agency Jakarta, misalnya, untuk penyelenggaraan campaign marketing.

 

Di sisi lain, kalau Anda ingin mempelajari sendiri berbagai tools reporting campaign, kali ini Redcomm knowledgeakan merekomendasikan reporting tools yang bisa Anda gunakan di bawah ini.  

 

 

  1. Megalytic

Tools pertama yang sangat direkomendasikan adalah Megalytic. Salah satu alat pelaporan hasil kampanye yang populer dan digunakan oleh berbagai digital agency marketingJakarta. Mengapa banyak agency yang memilih tools ini dalam proses reporting campaign mereka untuk klien? Tentu saja, karena berbagai kemudahan yang ditawarkan menjadi alasan mengapa tools ini banyak digunakan.  

 

Tersedia template menarik yang bisa langsung digunakan dalam Megalytic. Jadi, Anda sebagai digital marketer cukup melakukan proses import data saja dari aplikasi atau platform yang Anda gunakan untuk menyelenggarakan kampanye. Misalnya, dari Facebook ads, Google analytics, CSV file, dan lain sebagainya. 

 

Tak hanya itu, Megalytic juga menyediakan macam-macam widgets yang berguna untuk mengoptimalkan laporan kepada klien. Melalui tools ini, Anda tak hanya bisa mengirimkan report secara langsung, namun juga dapat meninjaunya, apakah laporan tersebut sudah dibuka atau belum oleh klien. 

 

  1. Databox

Anda menginginkan tool pelaporan hasil digital marketing campaign yang lebih lengkap, bahkan hingga bisa menghitung return of investment atau ROI? Maka Databox merupakan pilihan yang tepat. Alat yang satu ini memungkinkan tim Anda bisa melakukan reporting campaign secara otomatis. Berbagai data laporan dari berbagai macam sumber populer seperti Twitter, Google ads bahkan HubSpot, bisa didapatkan secara detail dan lengkap.  

 

Menariknya lagi, Anda diperbolehkan melakukan goal setting dengan menggunakan Databox, kemudian memonitornya dengan teliti. Anda pun bisa mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Sebab, tool ini bisa dibuka dari berbagai aplikasi, baik dibuka di desktop, mobile, bahkan Slack. Tentu ini sangat menguntungkan, bukan? Anda bisa melihat progress campaign yang sedang berlangsung kapan saja Anda butuhkan.

 

 

  1. DashThis

Bisa dibilangDashThis merupakan alat pelaporan hasil social media marketingyang istimewa. Selain untuk mengumpulkan hasil reporting campaign, tool ini akan memberitahu semua progress dari setiap kampanye yang sedang berlangsung. Hal tersebut dapat dilakukan melalui dashboard untuk agency dan klien, yang mana bisa diakses bersamaan. Jadi, kedua belah pihak bisa mengetahui seberapa jauh perkembangan campaign branding yang sedang berjalan. 

 

Selain keistimewaan tersebut, banyak digital marketer yang terbiasa menggunakan DashThis dengan tujuan mengetahui, seperti apa report campaign sebuah brand untuk setiap produknya. Menariknya lagi, tool ini bisa diintegrasikan pada berbagai platform media sosial populer, ataupun tools search engine optimization (SEO), seperti: Ahrefs, Instagram, dan lain sebagainya. Metode pelaporannya dilakukan secara real time.

 

  1. tapClicks

Membuat reporting campaign dari berbagai sumber semakin mudah dan lengkap jika Anda menggunakan layanan dari tapClicks. Sebab, tool ini menyediakan kostumisasi hasil laporan yang sangat lengkap dibanding alat lainnya, mulai dari tapAnalytics, tapReports, tapOrders, tap Workflow, competitive intelligence, hingga SEO research, bisa Anda coba di tapClicks.   

 

Selain lengkap, untuk penggunaannya pun sangat simple. Jadi, tool ini akan mempermudah Anda agar bisa menyajikan report yang lengkap dan juga penuh insight untuk diberitahukan kepada para klien. Melalui tools ini, membuat reports untuk klien bisa dilihat juga oleh mereka, karena berada dalam satu dashboard yang sama. tapClicks cocok bagi para digital marketer yang dalam satu campaign mengelola banyak akun media sosial. 

 

 

Demikian beberapa rekomendasi tools untuk reporting campaign lengkap dan bisa diakses oleh kedua belah pihak dengan mudah. Jadi, reporting tools apa yang akan Anda gunakan? Jika masing bingung, cobalah berdiskusi dengan tim digital marketing agency Jakarta yang Anda miliki.