knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Tools Reporting C...

Tools Reporting Campaign untuk Analisis Digital Campaign dengan Lebih Baik

28 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 5.145  
Analisis Data

Tools Reporting Campaign Untuk Analisis Digital Campaign Dengan Lebih Baik

Saat bekerja sebagai tim digital agency marketing Jakarta, tentu Anda sudah terbiasa  menangani perusahaan atau brand yang ingin memperkenalkan produk atau jasa terbaru dari perusahaan mereka. 

Umumnya, permintaan tersebut berupa pembuatan kampanye social media and digital marketing

Nah, setelah campaign selesai, tentunya butuh ada reporting campaign untuk mengetahui hasil akhirnya. Maka, Anda pasti membutuhkan tools reporting campaign untuk analisis berhasil tidaknya digital campaign yang sudah Anda lakukan. 

Mengapa Perlu Reporting Campaign?

Laporan hasil social media dan digital campaign sangat penting bagi klien, karena pastinya mereka ingin tahu. 

Apakah dengan biaya yang telah mereka keluarkan sudah memberi hasil yang sesuai dengan harapan dan target yang ditetapkan?

Namun, masalah reporting campaign ini memang harus disajikan dengan lebih praktis, sistematis dan singkat, tetapi tetap detail. 

Hal ini mengingat klien sibuk dan jarang punya waktu banyak untuk membaca data. Mereka lebih memilih mengkonfirmasi secara langsung terkait hasil yang didapatkan.

Di saat yang sama, ada banyak sekali data yang harus Anda kumpulkan sehingga Anda membutuhkan tools yang mampu menggabungkan semua data dengan praktis dan lengkap sesuai permintaan klien.

Untuk membuat laporan dengan cepat, praktis, tapi tetap detail, apalagi dengan KPI berbeda, Anda bisa menggunakan berbagai tools reporting campaign yang sudah banyak tersedia. Berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Tools Reporting Campaign yang Efektif

1. Megalytic

Tools pertama yang sangat direkomendasikan adalah Megalytic. Salah satu alat pelaporan hasil kampanye yang populer dan digunakan oleh berbagai digital agency marketing Jakarta.

Mengapa banyak agency yang memilih tools ini dalam proses membuat laporan kampanye digital untuk klien? 

Tentu saja karena berbagai kemudahan yang ditawarkan menjadi alasan mengapa tools ini banyak digunakan, seperti:

  • Tersedia template menarik yang bisa langsung digunakan dalam Megalytic. 
  • Tersedia proses import data dari aplikasi atau platform yang Anda gunakan untuk menyelenggarakan kampanye. Misalnya, dari Facebook ads, Google analytics, CSV file, dan lain sebagainya. 
  • Megalytic juga menyediakan macam-macam widgets yang berguna untuk mengoptimalkan laporan kepada klien. 
  • Melalui tools ini, Anda tak hanya bisa mengirimkan report secara langsung, namun juga dapat meninjaunya, apakah laporan tersebut sudah dibuka atau belum oleh klien. 

2. Databox

Anda menginginkan tool pelaporan hasil digital marketing campaign yang lebih lengkap, bahkan hingga bisa menghitung return of investment atau ROI? Maka Databox merupakan pilihan yang tepat. 

Alat yang satu ini memungkinkan tim Anda bisa melakukan reporting campaign secara otomatis. Berbagai data laporan dari sumber populer, seperti Twitter, Google ads, bahkan HubSpot, bisa Anda dapatkan secara detail dan lengkap.  

Menariknya lagi, Anda diperbolehkan melakukan goal setting dengan menggunakan Databox, kemudian memonitornya dengan teliti. 

Anda pun bisa mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Sebab, tool ini bisa Anda buka dari berbagai aplikasi, baik dibuka di desktop, mobile, bahkan Slack

Tentu ini sangat menguntungkan, bukan? Anda bisa melihat progress campaign yang sedang berlangsung kapan saja Anda butuhkan.

3. DashThis

Bisa dibilang DashThis adalah alat pelaporan hasil social media marketing yang istimewa. Selain untuk mengumpulkan hasil reporting campaign, tool ini akan memberitahu semua progress dari setiap kampanye yang sedang berlangsung. 

Hal tersebut dapat dilakukan melalui dashboard untuk agency dan klien, yang mana bisa diakses bersamaan. 

Jadi, kedua belah pihak bisa mengetahui seberapa jauh perkembangan campaign branding yang sedang berjalan. 

Selain keistimewaan tersebut, banyak digital marketer yang terbiasa menggunakan DashThis dengan tujuan mengetahui, seperti apa report campaign sebuah brand untuk setiap produknya.

Menariknya lagi, tool ini bisa diintegrasikan pada berbagai platform media sosial populer, maupun tools search engine optimization (SEO), seperti: Ahrefs, Instagram, dan lain sebagainya. Metode pelaporannya dilakukan secara real time.

4. tapClicks

Membuat reporting campaign dari berbagai sumber semakin mudah dan lengkap jika Anda menggunakan layanan dari tapClicks. 

Tool ini menyediakan kostumisasi hasil laporan yang sangat lengkap dibanding alat lainnya, mulai dari tapAnalytics, tapReports, tapOrders, tap Workflow, competitive intelligence, hingga SEO research, bisa Anda coba di tapClicks.   

Selain lengkap, untuk penggunaannya pun sangat simple. Jadi, tool ini akan mempermudah Anda agar bisa menyajikan report yang lengkap dan juga penuh insight untuk diberitahukan kepada para klien. 

Melalui tools tapClicks, membuat reports untuk klien bisa dilihat juga oleh mereka, karena berada dalam satu dashboard yang sama. 

Tools reporting campaign tapClicks cocok bagi para digital marketer yang dalam satu campaign mengelola banyak akun media sosial. 


Demikian beberapa rekomendasi tools untuk reporting campaign lengkap dan bisa Anda dan klien akses dengan mudah. 

Jadi, reporting tools apa yang akan Anda gunakan? Jika masih bingung, coba berdiskusi dengan tim digital marketing agency Jakarta dengan menghubungi Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER