MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Elemen CTA yang Penting dan Wajib Ada

14 Nov  · 
3 min read
 · 
eye 884  
Data Driven Marketing

redcomm

Ajakan yang tepat sasaran dapat meningkatkan peluang terjadinya konversi dan penjualan. Itulah sebabnya, Anda harus memastikan sudah menerapkan elemen penting dan krusial dalam pembuatan CTA supaya tujuan penggunaan CTA, yaitu mendapatkan leads potensial, bisa tercapai. Apa saja elemen CTA yang penting tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge ini.

7 Elemen CTA yang Wajib Ada untuk Menciptakan Konversi

1. Gunakan Bahasa yang Mendorong Tindakan

Salah satu elemen kunci dalam pembuatan Call to Action (CTA) yang efektif adalah penggunaan bahasa yang dapat mendorong tindakan (action word). 

Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan 2-5 kata saja. Jika ingin lebih banyak, pastikan tidak lebih dari 7 kata. 

Contoh action word yang bisa Anda gunakan, antara lain, “Daftar Sekarang”, “Beli Sekarang”, atau “Dapatkan Penawaran Khusus”. CTA yang menggunakan kata-kata seperti ini memiliki dampak yang besar. 

Kalau ingin lebih panjang, maka Anda bisa membuatnya, seperti “Beli Sekarang dan Dapatkan Diskon 30%”. Pada prinsipnya, gunakan bahasa yang tegas, jelas, dan mendesak, untuk memotivasi audiens melakukan tindakan yang Anda sarankan.

2. CTA Wajib Relevan dengan Copy pada Landing Page

Penting untuk memastikan CTA relevan dengan konten pada landing page. Jika landing page menjelaskan tentang suatu produk tertentu, sudah seharusnya CTA yang digunakan merupakan ajakan untuk membeli produk tersebut.

Sementara kalau CTA yang Anda buat untuk mengajak audiens membaca lebih banyak artikel di situs web bisnis, maka pastikan kata-kata yang Anda gunakan sebagai ajakan memang memberi gambaran yang jelas mengenai isi artikelnya. 

Contoh: Ingin tahu lebih banyak tentang landing page? Yuk, langsung baca dan pelajari artikel berjudul: Pengertian Landing Page dan Tujuannya.

Relevansi antara CTA dan konten pada landing page akan membantu menjaga minat audiens dan meningkatkan peluang konversi, bisa berupa klik pada link yang dimaksud, mengisi formulir data kontak, berlangganan email, atau melakukan pembelian.

3. Desain Bagus & Visibilitas Tinggi

Tampilan visual CTA juga berperan penting untuk menarik perhatian audiens sehingga bisa menciptakan konversi. Itulah sebabnya, Anda perlu membuat desain CTA yang menarik dan meletakkan tombol CTA tersebut pada tempat yang mudah terlihat.

Gunakan warna yang berbeda untuk teks CTA, atau gunakan tombol yang warnanya lebih dominan dibandingkan dengan warna latar atau background. Strategi ini juga dapat membuat CTA lebih terlihat menonjol dan memiliki visibilitas tinggi. 

Lokasi peletakkan CTA pada halaman website maupun pada email saat menjalankan strategi email marketing, juga perlu Anda perhatikan. Bahkan CTA bisa lho menjadi pernyataan penutup pada postingan artikel di blog, tombol yang berada di sidebar, di antara paragraf konten, dan sebagainya.

4. Singkat, Jelas, dan Ada Sense of Urgency

Kehidupan masyarakat modern saat ini penuh dengan distraksi dan “kebisingan” akibat derasnya arus informasi. Inilah yang membuat perhatian konsumen mudah sekali teralihkan.

Jadi saat Anda membuat CTA, pastikan singkat, jelas, dan menciptakan rasa mendesak supaya bisa langsung mendapatkan atensi dari audiens tanpa banyak distraksi. 

Kata-kata seperti “Segera”, “Hari Ini”, atau “Terbatas”, dapat memberikan dorongan tambahan kepada audiens untuk segera mengambil tindakan. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau terlalu panjang yang dapat membingungkan mereka ya.

Untuk memahami faktor penting terkait pembuatan CTA yang efektif, luangkan juga waktu untuk membaca beberapa artikel mengenai CTA berikut:

5. Value Proposition Jelas dan Memikat Audiens

Penting untuk mengkomunikasikan value proposition yang jelas melalui CTA. Intinya, konsumen harus bisa dengan cepat memahami manfaat apa yang mereka dapatkan jika mereka mengklik CTA tersebut. Misalnya, jika Anda menawarkan diskon, pastikan CTA tersebut mencerminkan keuntungan dari diskon tersebut.

6. Tombol CTA Wajib Clickable

CTA yang tidak dapat diklik adalah sia-sia. Oleh karena itu, Anda harus memastikan semua tombol CTA yang Anda buat benar-benar bisa diklik dengan baik di berbagai perangkat.

Responsif dan user-friendly adalah kunci untuk menciptakan pengalaman yang baik bagi konsumen saat mereka berinteraksi dengan produk maupun layanan bisnis yang tersedia pada platform promosi dan penjualan yang Anda gunakan.

7. Penempatan CTA Dipersonalisasi Sesuai Target Audiens

Penempatan CTA harus dipersonalisasi sesuai dengan profil target audiens. Misalnya, Anda menargetkan pengunjung yang telah melihat beberapa halaman produk, CTA dapat mengarahkan mereka ke halaman pembelian langsung. 

Memahami perilaku pengunjung dan menyesuaikan penempatan CTA bisa menjadi strategi efektif untuk mendapatkan lebih banyak leads, mengoptimalkan strategi lead generation, dan akhirnya dapat menciptakan lebih banyak konversi.

Ciri CTA yang Bisa Mendatangkan Konversi

Jika sedang mencari tahu seperti apa CTA yang efektif dan bisa mendatangkan konversi tinggi, maka Anda harus memahami dengan baik ciri-ciri CTA yang baik tersebut. Beberapa ciri CTA yang efektif, antara lain: 

  • Warna yang menonjol tentu bisa membantu CTA lebih terlihat, namun jangan terlalu terpaku pada hal ini saja. Sukses tidaknya CTA tidak bergantung pada warna kuning atau merah, melainkan pada sejauh mana CTA membantu audiens mencapai tujuan mereka.
  • Anda harus memahami dengan baik, apa yang mendorong konsumen mengunjungi situs web Anda. Saat seseorang mengakses situs, mereka pasti memiliki tujuan atau masalah yang ingin dipecahkan. Ini adalah faktor pendorong utama yang membawa mereka ke situs Anda. Jika Anda dapat memberikan solusi, peluang konversi akan meningkat.
  • Jika tujuan Anda adalah meningkatkan konversi atau rasio klik-tayang untuk situs bisnis Anda, manfaatkan Unique Selling Proposition (USP) untuk membangun CTA yang kuat. Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain? Mengapa calon pelanggan harus memilih perusahaan Anda? CTA yang efektif akan dengan tegas menjelaskan hal-hal ini.


Dengan menerapkan 7 elemen CTA di atas saat membuat Call to Action (CTA) yang efektif, Anda bisa meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran online yang Anda selenggarakan. Selain itu, ingatlah selalu untuk menguji dan mengoptimalkan CTA secara terus-menerus untuk hasil yang lebih baik, dan pastikan juga jenis CTA sudah sesuai dengan media yang digunakan. Cek langsung di sini: Jenis CTA Berdasarkan Media yang Digunakan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER