MENU
SEARCH KNOWLEDGE

11 Jenis CTA dan Contoh Penggunaannya

23 Oct  · 
3 min read
 · 
eye 1.423  
Data Driven Marketing

redcomm

Ada berbagai jenis CTA untuk beragam jenis bisnis yang bisa Anda pilih dan terapkan demi menciptakan konversi. Anda harus benar-benar memahami jenis-jenis Call to Action tersebut sekaligus menggunakannya secara tepat sehingga strategi marketing yang Anda terapkan dapat berhasil dengan baik. Yuk, simak penjelasan lengkapnya

Memahami 11 Jenis CTA untuk Beragam Bisnis

CTA  atau Call to Action adalah tindakan yang mengarahkan pengunjung website untuk melakukan sesuatu, seperti mengisi formulir, mengklik tautan, atau berlangganan newsletter

1. Lead Generation

Untuk mengubah audiens yang berkunjung ke website Anda menjadi calon pelanggan potensial, Anda membutuhkan CTA. Maka jenis CTA pertama yang perlu Anda pahami, yaitu CTA Lead Generation.

Karena tujuannya untuk mendapatkan leads, Call to action jenis ini umumnya ditempatkan di blog atau halaman konten artikel, misalnya di sidebar, di akhir postingan blog, dalam bentuk banner, atau bisa pula hanya teks ajakan disertai dengan internal link yang bisa diklik oleh audiens.

Bisa dikatakan, CTA Lead Generation berfokus untuk mengumpulkan informasi kontak dari pengunjung situs web. 

Contoh, Anda menyediakan “Panduan Gratis” yang bisa audiens unduh. Tetapi sebelum proses pengunduhan, audiens harus mengisi formulir dengan nama dan alamat email mereka terlebih dahulu.

2. Lead Nurturing

CTA jenis Lead Nurturing adalah CTA yang berfungsi untuk mengarahkan audiens yang sudah pernah berkunjung ke situs web bisnis milik Anda, dan sudah berinteraksi dengan berbagai konten di dalamnya. Bahkan mereka juga sudah berlangganan newsletter.

Jenis CTA ini lebih banyak digunakan dalam email marketing mengingat audiens sudah berlangganan newsletter. Di dalamnya terdapat ajakan untuk mengarahkan calon pelanggan melakukan suatu tindakan. Contoh penerapannya, seperti ajakan “Hubungi Kami”, “Coba Gratis”, “Belanja Sekarang”, dan sebagainya.

3. Tombol Read More

Tombol Read More juga merupakan salah satu jenis CTA yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung untuk membaca lebih banyak konten yang relevan. 

Selain menggunakan tombol Read More, Anda juga bisa menemukan penerapan jenis Call to Action ini dalam bentuk ajakan “Baca Artikel Lainnya”, “Baca juga”, “Rekomendasi Konten Populer”, dan sebagainya.

4. Related Content

Tujuan penggunaan CTA atau Call to Action adalah memandu audiens untuk menemukan konten yang mereka butuhkan. Prinsipnya, semakin lama audiens berselancar di dalam situs Anda dan menjelajahi berbagai konten, semakin besar potensi terjadinya konversi.

Itulah sebabnya, Anda perlu menggunakan jenis CTA yang tepat, yang bisa mendorong audiens berpindah dari satu konten ke konten lain di situs Anda dengan lancar.

Salah satu jenis CTA yang bisa Anda gunakan misalnya, menempatkan related content atau konten yang relevan dengan konten yang dibaca audiens pada sidebar, di dalam konten, atau di bagian akhir postingan blog.

Contohnya bisa Anda lihat pada website Redcomm digital marketing agency Jakarta ini:

5. Quiz CTA

Cukup banyak orang yang senang mencoba berbagai kuis atau menjawab pertanyaan sebagai hiburan atau untuk menguji pengetahuan yang mereka miliki. Contohnya saja seperti banyak jenis kuis yang ada di media sosial.

Nah, pada website, ada juga lho jenis CTA berbentuk kuis dan di sebelum mulai bermain, audiens harus mengisi nama dan emailnya terlebih dahulu. Cara ini sekaligus merupakan cara yang ampuh untuk mengumpulkan data leads.

Contoh kata-kata Call to Action yang bisa Anda gunakan, antara lain: “Take a Quiz”, “Uji Pengetahuanmu!”, atau bisa pula “Ikuti Survei Ini dan Dapatkan Hadiah Kejutan.”

6. Event Promotion

Untuk mempromosikan acara atau webinar, Anda dapat menggunakan tombol “Daftar Sekarang”. Ketika target audiens yang Anda jangkau tepat, maka mereka yang sudah tertarik sejak awal tanpa pikir panjang akan langsung mendaftarkan diri melalui CTA yang tersedia. Dengan cara ini, Anda memudahkan audiens untuk melanjutkan langkah berikutnya tanpa harus mencari-cari menu lagi di website Anda.

7. Penawaran Produk / Jasa

“Beli Sekarang” atau “Berlangganan” produk adalah dua contoh CTA untuk penawaran produk dan jasa. CTA ini mengarahkan pengunjung untuk melakukan pembelian atau berlangganan layanan.

8. Tombol Social Sharing

Anda pasti pernah menemukan jenis CTA yang berupa tombol social sharing ini saat berkunjung ke suatu website. Ya, biasanya ada website yang sudah menyediakan icon dari berbagai media sosial di halaman website sehingga memudahkan audiens yang ingin berbagi konten.

9. Ajakan untuk Menyelesaikan Pembelian

Jenis CTA yang satu ini umumnya digunakan oleh e-commerce atau platform khusus untuk berjualan online. Tujuan penggunaannya tentu saja untuk mendorong audiens yang telah memasukkan produk ke keranjang belanjaan untuk segera menyelesaikan transaksi pembelian.

Contoh kata-kata saat mencantumkan CTA pada situs web bisa seperti “Selesaikan Pembelian”, “Langsung Check Out, Yuk” atau jenis kata-kata lainnya yang menarik atau menciptakan urgensi agar audiens segera berbelanja.

10. Form Submission

Untuk permintaan informasi lebih lanjut kepada pengunjung, Anda dapat menggunakan CTA ini. Gunakan "Hubungi Kami" atau "Minta Penawaran” untuk mengajak pengunjung mengisi Form Submission.

11. Sidebar CTA

Seperti namanya, CTA ini ditempatkan di sidebar atau sisi halaman website. Contoh penggunaannya seperti, "Berlangganan Newsletter" atau "Ikuti Kami di Sosial Media."

Contoh Penggunaan CTA

1. Related Content

Ketika seorang pengunjung membaca artikel tentang “Cara Merawat Tanaman Hias”, penggunaan CTA “Artikel Terkait” mengenai “Tips Penyiraman Tanaman” atau “Panduan Pemupukan” bisa mendorong audiens untuk terus lanjut membaca. 

Hal ini menjadi cara terbaik untuk mempertahankan minat pengunjung dan meningkatkan waktu yang dihabiskan di website Anda.

2. Form Submission / Contact Form

Jika bisnis Anda menawarkan layanan konsultasi, CTA “Hubungi Kami” wajib disematkan pada website. Dengan adanya CTA tersebut, audiens yang berminat dapat segera mengisi formulir kontak untuk meminta informasi lebih lanjut atau penawaran konsultasi.


Dalam dunia pemasaran digital, CTA memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan audiens untuk berinteraksi lebih lanjut dengan bisnis Anda. Setelah memahami 11 jenis CTA dan contoh penggunaannya, alangkah baiknya kalau sekalian saja Anda mempelajari cara membuat Call to Action yang efektif. Cek caranya di sini: Tips Membuat CTA yang Efektif dan Mengundang Click.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER