Apakah Anda menyadarinya jika dalam keseharian ada banyak data yang muncul. Bahkan jumlah data baik kualitatif maupun kuantitatif yang tersedia amat besar, sehingga dibutuhkan visualisasi data yang mempermudah penggunaannya.

 

Visualisasi data interaktif dibuat dengan bantuan tools. Salah satu software visualisasi data yang banyak untuk digunakan adalah Tableau.

 

Pengertian Visualisasi Data

Visualisasi data adalah proses mengubah data mentah menjadi data visual yang mudah dibaca, tak hanya bagi para data analis tetapi bagi masyarakat umum. Dalam prosesnya, data akan tersaji berbentuk grafik. Bentuk grafiknya beragam, disertai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Nah, berikut ini merupakan jenis grafik yang dapat Anda gunakan dalam visualisasi data, di antaranya:

 

  1. Grafik Batang

Grafik batang adalah bagan atau grafik yang menyajikan data berdasarkan kategori yang disimbolkan menggunakan batang persegi panjang. Tingginya sesuai dengan nilai yang diwakili.

 

Grafik batang merupakan salah satu grafik yang cukup populer dalam visualisasi data. Penggunaan grafik batang bisa diterapkan saat menyajikan proporsi dari beberapa populasi. Kemudian menggambarkan perkembangan sebuah data atau perbandingan tertentu dalam suatu kelompok dan masih banyak lagi.

 

Kelebihan dari jenis grafik yang satu ini, penyajian analisis data mampu menjelaskan informasi lebih banyak dibandingkan jenis grafik lain.

 

  1. Grafik Lingkaran (Pie Chart)

Grafik pie chart merupakan lingkaran yang dibagi menjadi irisan-irisan untuk menggambarkan proporsi numerik. Grafik lingkaran biasanya dipakai untuk menyajikan data dalam bentuk persentase. Kelebihan penggunaan grafik lingkaran ialah dari segi visual yang menarik. Namun di sisi lain menjadi kelemahan grafik pie chart, karena hanya mampu menampilkan data dari tabel satu arah dapat ditutupi.

 

  1. Grafik Garis

Grafik garis digunakan untuk membandingkan beberapa data dalam satu waktu. Grafik garis memiliki sumbu X dan sumbu Y. Dengan grafik garis Anda dapat mengetahui perkembangan suatu data dari waktu ke waktu.

 

  1. Scatter Pot

Selanjutnya adalah scatter plot atau diagram tebar. Jenis grafik ini berguna untuk melihat pola hubungan antara dua variabel.

 

  1. Grafik Radar

Disebut juga grafik laba-laba karena bentuknya yang mirip sarang laba-laba. Grafik radar biasa digunakan untuk melihat kinerja karyawan, atlet dan sebagainya. Alasannya tentu saja karena dapat digunakan untuk melihat sebaran data.

 

  1. Grafik Map

Salah satu jenis visualisasi data yang bisa dibuat dengan Tableau ialah grafik Map. Memiliki penampilan seperti peta, grafik ini biasanya digunakan untuk melihat persebaran suatu variabel di suatu wilayah.

 

 

Mengapa Visualisasi Data Harus Dilakukan?

 

  • Agar data dapat dipahami dengan mudah. Salah satu alasannya karena otak manusia lebih cepat merespon informasi dalam bentuk gambar dibanding tulisan atau teks.
  • Untuk memudahkan pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan big data. Misalnya saja data nasabah bank, data konsumen sebuah perusahaan rintisan yang mulai berkembang. Hingga data persebaran sebuah penyakit dan sebagainya. Jika informasi tersaji setelah proses visualisasi data, maka akan lebih mudah dalam menemukan solusinya.
  • Agar hemat waktu, karena info yang dibutuhkan lebih mudah dibaca jika berbentuk data visual.

 

Kapan Visualisasi Data Perlu Dilakukan?

 

  • Ketika sebuah perusahaan atau lembaga memiliki big data yang rumit untuk dipahami tanpa visualisasi data.
  • Ketika seseorang memiliki kepentingan tertentu pada sebuah data. Contohnya seorang penulis yang membutuhkan data terkait pasien COVID-19 di seluruh dunia. Visualisasi data juga dibutuhkan untuk menyukseskan program pemerintah, misal ketika sensus penduduk berlangsung. Selain itu, visualisasi data diperlukan saat karyawan mengumpulkan laporan terkait perkembangan data, seperti data digital marketing strategist misalnya.

 

Seperti yang sudah dikemukakan pada awal artikel Redcomm knowledge kali ini. Ada beragam tools yang dapat digunakan untuk visualisasi data. Salah satunya adalah Tableau.

 

 

Apa yang Dimaksud dengan Tableau dan Kelebihannya

Tableau adalah sebuah software visualisasi data. Visualisasi data dengan Tableau banyak dipilih karena memiliki kelebihan sebagai berikut!

 

  • Tableau memiliki tampilan visual yang menarik.
  • Tableau bisa digunakan oleh setiap orang yang membutuhkan visualisasi data, tak hanya mereka yang menekuni bidang analisis saja. Mengapa begitu? Karena cara menggunakan Tableau cukup mudah.
  • Data yang diolah menggunakan Tableau secara otomatis terbagi berdasar kategori masing-masing. Misalnya saja data wilayah akan langsung masuk kategori demografi.
  • Visualisasi data dengan Tableau dapat mengolah banyak sumber data. Karena software ini dapat terintegrasi dengan berbagai alat visualisasi data lain, seperti text file, JSON file, Microsoft Excel, Microsoft Acces, pdf file, Spasial, dan masih banyak lagi. Tableau juga dapat terhubung dengan beragam server, seperti Tableau Server, mySQL, Microsoft SQL dan banyak pilihan lainnya.
  • Tableau terintegrasi dengan bahasa skrip.
  • Tableau cocok untuk perusahaan dengan big data.
  • Biaya berlangganan Tableau memang cukup mahal, namun Tableau juga menyediakan versi publik yang dapat diakses gratis.
  • Data yang diolah dengan Tableau dapat berubah secara dinamis.

 

Cara Mengunduh Tableau

Pada kolom pencarian ketik https://public.tableau.com/en-us/s/download lalu tulis alamat email. Buka email, klik url yang dikirim. Unduh dan Tableau siap digunakan.

 

 

Mengenal Elemen Tableau

  1. Tableau Prep

Tableau Prep ini berguna untuk merencanakan, membersihkan, dan mengkombinasikan sumber data.

 

  1. Desktop Tableau

Desktop Tableau digunakan agar terhubung ke setiap sumber data. Dasbornya dapat digali untuk membantu pengguna mengidentifikasi wawasan mereka sendiri.

 

  1. Tableau Server/Tableau Online

Merupakan opsi yang sangat mirip untuk membagikan laporan, jawaban serta dasbor pada pengguna lain. 

 

Jika Anda sedang melakukan pemasaran digital business dan memiliki data mentah yang rumit, maka dapat disederhanakan dengan visualisasi data. Kemudian, Tableau merupakan software visualisasi data yang wajib Anda coba.

 

Selain mempelajari terkait Tableau ini secara otodidak, Anda pun dapat mencoba untuk bekerja sama dengan tim digital marketing agency Indonesia yang sudah berpengalaman.