Apa yang dimaksud dengan iklan Facebook? Facebook ads atau iklan Facebook adalah layanan iklan berbayar yang disediakan Facebook untuk membantu mempromosikan bisnis, layanan, hingga produk.
Apa yang dimaksud dengan iklan Facebook? Facebook ads atau iklan Facebook adalah layanan iklan berbayar yang disediakan Facebook untuk membantu mempromosikan bisnis, layanan, hingga produk.
Keuntungan menggunakan Facebook ads, iklan yang Anda pasang bisa tampil di berbagai platform media sosial di bawah naungan Meta (Facebook), sehingga jangkauan iklan jadi lebih luas.
Untuk meningkatkan kinerja iklan, aplikasi Facebook menyediakan fitur pendukung, yaitu Facebook reach & frequency serta Facebook auction. Masing-masing fitur punya kelebihan yang berbeda. Yuk cari tahu selengkapnya di artikel ini.
Reach adalah fitur di Facebook yang menyediakan data terkait jumlah unik dari pengunjung atau individu yang melihat tayangan iklan Anda.
Fitur ini berbeda dengan fitur impression yang berfungsi melihat frekuensi banyaknya iklan yang dilihat walaupun satu user sudah masuk beberapa kali untuk melihat iklan yang sama.
Sederhananya, ketika ada 3 pengunjung yang datang melihat iklan Anda sebanyak 10 kali, maka data yang tampil sebagai reach tetap 3. Sementara pada kasus yang sama, impression menilai jumlah iklan yang dilihat, yakni 10 kali, meskipun yang melihat iklan itu sebenarnya hanya 3 orang.
Dengan kata lain, reach dan impression memiliki perbedaan dalam perhitungan jumlah kunjungan pada iklan.
Ada 2 jenis jangkauan Facebook ads, yaitu:
Jangkauan organik atau organic reach adalah jumlah orang yang melihat konten secara alami, tanpa menggunakan iklan berbayar.
Jangkauan ini dipengaruhi oleh jumlah konten yang mendapatkan respons dan dibagikan ulang oleh pengguna Facebook lainnya.
Jangkauan berbayar atau paid reach adalah jumlah individu yang melihat konten berdasarkan iklan berbayar yang Anda pasang.
Anda bisa meningkatkannya dengan mengoptimalkan strategi promosi, seperti menargetkan audiens yang lebih spesifik atau mengatur anggaran iklan yang lebih besar.
Frequency adalah fitur Facebook yang berdampingan dengan reach. Fungsinya untuk melihat rata-rata jumlah iklan muncul pada setiap pengunjung yang datang dalam periode tertentu.
Sebagai contoh gambaran umum, Anda memasang iklan selama satu periode dan mendapatkan jumlah pengunjung 5 kali dalam sekali tayang untuk 1 orang. Nah, jika dirata-ratakan, maka nilai frequency-nya adalah satu.
Data frequency akan membantu Anda dalam hal-hal, seperti:
Tujuan dari fitur reach & frequency adalah menilai seberapa banyak pengunjung yang datang dan melihat iklan yang tayang di beranda Facebook mereka.
Dengan begitu, Anda bisa menganalisis kualitas dari konten yang ditayangkan, seperti seberapa kuat konten tersebut mampu menarik perhatian target market.
Jika konten berkualitas dan menarik, tentu saja akan banyak kunjungan dan otomatis meningkatkan jumlah pengunjung yang melihat konten iklan tersebut.
Sebaliknya jika kunjungan sedikit, bisa jadi konten atau materi iklan Anda kurang menarik atau tidak relevan dengan target audiens.
Keberadaan fitur reach dan frequency juga bisa membantu Anda menetapkan anggaran iklan yang sesuai.
Di saat yang sama, Anda jadi bisa menghitung, apakah total anggaran iklan bisa membantu mencapai target dari social media campaign yang Anda buat atau tidak.
Lebih bagus lagi kalau Anda bekerja sama dengan digital marketing marketing agency Indonesia terpercaya dan mendiskusikan anggaran iklan yang paling sesuai untuk hasil yang lebih besar. Untuk itu, coba hubungi saja melalui Kontak Redcomm.
Auction adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan hasil perkiraan jumlah pengunjung yang datang pada iklan yang Anda buat.
Karena tugasnya memprediksi angka user atau audiens yang datang, perkiraan naik turunnya belum pasti diketahui. Artinya, fitur ini hanya sebatas perkiraan kasar jumlah pengunjung yang datang melihat iklan.
Fitur ini memang kurang efektif dalam mengetahui jumlah pasti kunjungan pada iklan, tetapi nilai perkiraan yang muncul sebenarnya bisa membantu Anda menghitung ulang budget iklan yang Anda alokasikan.
Anda juga bisa mengoreksi iklan yang ditampilkan, apakah sudah sesuai dengan keinginan pengunjung atau belum.
Jadi, lebih efektif mana antara Facebook reach & frequency atau auction, jawabannya tergantung dari tujuan bisnis yang ingin Anda capai.
Ketika iklan produk tayang dan mendapatkan respons cukup baik, Anda bisa menjalankan pengelolaan bisnis lanjutan tanpa perlu membenahi kualitas iklan.
Sebaliknya, apabila jumlah pengunjung iklan kurang dari harapan (berdasarkan hasil yang ditampilkan fitur auction), maka Anda perlu mengevaluasi dan melakukan perbaikan tayangan iklan agar pengunjung yang datang semakin banyak.
Pada kasus yang berbeda, ketika jumlah pengunjung yang datang melihat iklan Facebook tinggi, Anda hanya perlu melihat detail angka nyata yang tampil pada fitur reach and frequency.
Kedua fitur Facebook, baik reach & frequency maupun auction, sama-sama penting dan bisa memudahkan pengelolaan jumlah pengunjung yang melihat iklan Facebook.
Fitur auction untuk melihat perkiraan jumlah pengunjung agar lebih maksimal dalam beriklan, sedangkan fitur reach and frequency untuk melihat jumlah nyata pengunjung yang datang.
Kemudian dengan memanfaatkan insight dari fitur reach and frequency, Anda bisa mengambil keputusan selanjutnya, apakah perlu melakukan perbaikan konten yang diiklankan atau tidak, termasuk menyesuaikan kembali anggaran belanja iklan.
Selain fitur Facebook reach & frequency dan auction, ada lagi yang namanya Facebook Pixel. Nah, fungsi fitur yang satu ini juga penting untuk Anda tahu. Langsung saja baca artikelnya di sini: Fungsi Facebook Pixel yang Bisa Membuat Iklan Tepat Sasaran.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC