Social media campaign menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan seiring dengan meningkatnya pengguna sosial media di internet. Selain faktor tersebut, pergeseran metode transaksi dari cara konvensional menjadi serba digital turut memberi pengaruh.

 

Pertanyaannya sekarang, apakah penyelenggaraan social media campaign bisa menjadi strategi melejitkan penjualan? Bagaimana social media campaign yang efektif dan tepat sasaran?

 

Manfaat Media Sosial bagi Bisnis Online

Anda pasti sudah bisa menjawab jika ditanya, apa saja manfaat media sosial bagi bisnis online? Atau jangan-jangan masih banyak di antara Anda yang menjalankan bisnis secara online, belum benar-benar menggunakan media sosial secara efektif untuk promosi dan jualan? Untuk diketahui, melesatkan bisnis online dengan bantuan sosial media memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

 

  • Jangkauan pasar dan audiens jadi lebih luas. Jika pada bisnis konvensional jangkauan pembeli hanya sampai di sekitar toko, maka menggunakan media sosial akan membuat Anda bisa jualan ke kota lain, bahkan ke luar negeri. 
  • Pelanggan Anda tidak hanya yang berasal dari satu kota, bahkan dari konsumen dari seluruh wilayah di Indonesia bisa jadi pelanggan Anda, asalkan brand dan produk serta layanan yang Anda tawarkan memang dikenal baik oleh mereka.
  • Biaya promosi bisa disesuaikan budget dengan hasil yang terukur dan lebih efektif.
  • Membangun 'rumah' di media sosial penting bagi brand karena dapat menjalin relasi lebih dekat dengan para pelanggan serta memahami kebutuhan mereka.
  • Akun media sosial menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan kepercayaan pembeli karena di sana segala aktivitas terkait brand dapat dipantau.

 

 

Social Media Campaign, Strategi Melejitkan Penjualan

Dalam bisnis online terdapat berbagai strategi promosi yang biasa diterapkan, di antaranya:

 

  1. SEO Content

Saat pengguna sedang mencari produk yang dibutuhkan, mereka biasanya mencari terlebih dahulu di internet, atau lebih tepatnya di search engine. SEO content banyak diterapkan sebagai media promosi dalam bentuk artikel maupun caption media sosial. Kelebihan konten artikel memungkinkan produsen memberikan deskripsi sedetail mungkin.

 

Selain itu, konten SEO juga bisa dijadikan backlink bagi pemilik website untuk meningkatkan nilai kepercayaan di mesin pencari. Sebuah website yang memiliki domain authority tinggi memiliki potensi lebih besar untuk menduduki halaman satu page rank Google.

 

  1. Email Marketing

Electronic mail merupakan data yang sangat penting bagi brand karena mereka bisa mendekati calon pembeli melalui email yang dikirim. Email marketing adalah surat elektronik yang berisi penawaran, program terbaru, program diskon khusus hari ulang tahun dan banyak lagi yang tentunya berdampak baik bagi hasil penjualan.

 

  1. Social Media Campaign

Merupakan suatu tindakan yang diselenggarakan oleh brand di akun sosial media  dengan goal yang spesifik. Beberapa manfaat social media campaign diantaranya:

 

 

  • Membangun brand awareness.
  • Menjalin hubungan interaktif antara produsen dan konsumen.
  • Mengetahui keluhan konsumen.
  • Brand mendapatkan banyak konten yang bisa digunakan sebagai media promosi.
  • Meningkatkan penjualan dan engagement.

 

Beberapa bentuk social media campaign yang biasanya diselenggarakan digital marketing agency Indonesia, di antaranya:

 

  1. Mencapai Trending Topic Twitter

Menggunakan jasa buzzer masih menjadi salah satu social media campaign yang banyak diandalkan. Buzzer biasanya digunakan untuk mencapai trending topic di Twitter, meramaikan giveaway, memperkenalkan produk baru, dan sebagainya, sesuai dengan tujuan brand. Bentuknya bisa berupa single tweet dengan hashtag tertentu atau melakukan retweet dari akun selebtwit lain.

 

  1. Mengadakan Giveaway dan Challenge yang Melibatkan Konsumen

Selain giveaway dengan beragam hadiah, belakangan ini muncul banyak challenge. Challenge yang diadakan bisa dalam bentuk lomba foto, lomba menyanyi dengan jingle produk, atau membuat video bersama produk.

 

Selain menyebarkan awareness pada pengguna media sosial, campaign seperti ini juga berdampak baik bagi penjualan, mengingat setiap challenge yang diadakan melibatkan pembelian produk.

 

 

Kelebihan promosi dengan social media campaign, antara lain:

 

  • Lebih tepat sasaran dengan biaya efisien.
  • Relevan dengan pertumbuhan zaman.
  • Jangkauan luas.
  • Biaya dapat disesuaikan dengan budget.

 

Nah, itulah macam-macam bentuk social media campaign sebagai salah satu strategi yang dapat melejitkan penjualan dan bisa membantu Anda mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.