knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Social Media Camp...

Social Media Campaign, Strategi Melejitkan Penjualan

05 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 6.084  
Social Media

Social Media Campaign Strategi

Social media campaign menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan seiring dengan meningkatnya pengguna sosial media di internet. 

Selain faktor tersebut, pergeseran metode transaksi dari cara konvensional menjadi serba digital turut memberi pengaruh.

Pertanyaannya sekarang, apakah penyelenggaraan social media campaign bisa menjadi strategi meningkatkan penjualan? Bagaimana penerapan strategi social media campaign yang efektif dan tepat sasaran?

Jenis dan Bentuk Social Media Campaign untuk Meningkatkan Penjualan

Social media campaign adalah aktivitas atau kegiatan yang diselenggarakan oleh brand di akun sosial media dengan goal yang spesifik. 

Beberapa manfaat social media campaign di antaranya:

  • Membangun brand awareness.
  • Menjalin hubungan interaktif antara produsen dan konsumen.
  • Mengetahui keluhan konsumen.
  • Brand mendapatkan banyak konten yang bisa digunakan sebagai media promosi.
  • Meningkatkan penjualan dan engagement.

Beberapa bentuk social media campaign yang biasanya diselenggarakan digital marketing agency Indonesia, di antaranya:

1. Menerapkan SEO Content

Saat pengguna sedang mencari produk yang dibutuhkan, mereka biasanya mencari terlebih dahulu di internet, atau lebih tepatnya di search engine

Maka sebaiknya Anda memanfaatkan peluang ini dengan menerapkan SEO content sebagai media promosi dalam bentuk artikel maupun caption media sosial

Kelebihan konten artikel memungkinkan produsen memberikan deskripsi sedetail mungkin. Selain itu, konten SEO juga bisa menjadi sumber informasi untuk meningkatkan kepercayaan di mesin pencari. 

Lebih beruntung lagi kalau artikel atau konten Anda mendapatkan backlink dari website lain. Ini akan meningkatkan domain authority situs web Anda, sehingga berpotensi lebih besar untuk menduduki halaman satu page rank Google.

2. Email Marketing

Electronic mail atau email merupakan data yang sangat penting bagi brand karena mereka bisa mendekati calon pembeli melalui email yang dikirim. 

Email marketing adalah surat elektronik yang berisi penawaran, program terbaru, program diskon khusus hari ulang tahun, dan banyak lagi yang tentunya berdampak baik bagi hasil penjualan.

3. Trending Topic Twitter

Menggunakan jasa buzzer masih menjadi salah satu social media campaign yang banyak diandalkan. 

Buzzer biasanya digunakan untuk mencapai trending topic di Twitter, meramaikan giveaway, memperkenalkan produk baru, dan sebagainya, sesuai dengan tujuan brand

Bentuknya bisa berupa single tweet dengan hashtag tertentu atau melakukan retweet dari akun selebtwit lain.

4. Giveaway & Challenge Melibatkan Konsumen

Selain giveaway dengan beragam hadiah, belakangan ini muncul banyak challenge

Challenge yang diadakan bisa dalam bentuk lomba foto, lomba menyanyi dengan jingle produk, atau membuat video bersama produk.

Tujuannya tak untuk meningkatkan awareness di media sosial, namun campaign seperti ini juga berdampak baik bagi penjualan, mengingat setiap challenge yang diadakan melibatkan pembelian produk.

Kelebihan Promosi Melalui Social Media Campaign

Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau melakukan kegiatan promosi dan pemasaran dengan menerapkan social media campaign, antara lain:

Manfaat Media Sosial bagi Bisnis Online

Anda pasti sudah bisa menjawab jika ditanya, apa saja manfaat media sosial bagi bisnis online.

Atau jangan-jangan masih banyak di antara Anda yang menjalankan bisnis secara online, belum benar-benar menggunakan media sosial secara efektif untuk promosi dan jualan? 

Untuk diketahui, melejitkan bisnis online dengan bantuan sosial media memiliki banyak manfaat, seperti:

1. Jangkauan Pasar dan Audiens Jadi Lebih Luas. 

Jika pada bisnis konvensional jangkauan pembeli hanya sampai di sekitar toko, maka menggunakan media sosial akan membuat Anda bisa jualan ke kota lain, bahkan ke luar negeri. 

2. Pelanggan Beragam dari Berbagai Daerah

Pelanggan Anda tidak hanya yang berasal dari satu kota, namun bisa berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Dengan catatan, brand, produk serta layanan bisnis yang Anda tawarkan memang dikenal baik oleh mereka.

3. Biaya Promosi Terjangkau

Biaya promosi menggunakan media sosial bisa disesuaikan budget dengan hasil yang terukur dan lebih efektif. Bahkan Anda bisa promosi dengan gratis melalui pembuatan konten yang konsisten.

4. Media Interaksi

Membangun 'rumah' di media sosial penting bagi brand karena dapat menjalin relasi lebih dekat dengan para pelanggan serta memahami kebutuhan mereka.

5. Mendapatkan Kepercayaan dan Kredibilitas

Akun media sosial menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan kepercayaan pembeli dan membangun kredibilitas bisnis.

Apalagi kalau media sosial Anda aktif dengan berbagai aktivitas terkait brand yang dapat konsumen pantau dan ikuti.

 

Nah, itulah macam-macam bentuk social media campaign sebagai salah satu strategi yang dapat melejitkan penjualan dan bisa membantu Anda mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. 

Oh ya, kalau menyelenggarakan kampanye di media sosial, ada hal penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan lho, yaitu metrik dan kinerjanya. Untuk itu, baca artikel ini ya: KPI Saat Menjalankan Social Media Campaign.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER