Domain authority menjadi tolak ukur yang penting, terutama bagi Anda yang memiliki tujuan monetisasi dan melakukan promosi menggunakan website. Namun dalam upaya menaikkan domain authority, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, bahwa nilai DA memang bergantung pada banyaknya backlink berkualitas yang menuju situs Anda, namun nilai DA tidak dapat diubah secara instan.

 

Pengertian Nilai Domain Authority

Domain authority (DA) adalah nilai kepercayaan yang dimiliki sebuah website di mesin pencari. Domain authority merupakan matriks yang dibuat oleh software SEO terkenal bernama MOZ dengan range 1-100. Semakin tinggi nilainya, berarti tingkat kepercayaan website di mesin pencari jadi semakin bagus.

 

Manfaat Memiliki Nilai DA Tinggi

  • Website yang memiliki nilai DA tinggi berarti mendapatkan tingkat kepercayaan yang lebih baik di SERP dan akan membantu pula untuk mendapatkan page rank yang bagus di mesin pencari besar, seperti Google.
  • Sebagai acuan kesehatan website yang Anda miliki. Sebuah website dengan DA tinggi, nilai authority website tersebut berbanding lurus dengan page rank.

 

 

Faktor yang Menentukan Nilai Domain Authority

Sebelum mengetahui cara menaikkan domain authority, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang menjadi faktor penentu nilai DA. Berikut beberapa faktor tersebut:

 

  • Usia Domain

Usia domain merupakan salah satu faktor penentu nilai DA. Pada web dengan domain yang baru saja didaftarkan, nilai domainnya lebih kecil dibandingkan dengan nama domain yang lebih lama. Tak heran, nilai domain pada alamat domain versi gratis bisa lebih besar dibanding versi berbayar yang baru saja didaftarkan. 

 

Hal ini disebabkan karena pada website berformat blogspot versi gratis masih menumpang ekstensi yang dimiliki Google. Untuk memeriksa nilai domain, Anda bisa menggunakan tools SEO dari MOZ yang dapat diakses secara gratis, namun dengan limit penggunaan terbatas.

 

  • Kecepatan Loading Website

Nilai DA juga dipengaruhi kecepatan loading sebuah website. Anda bisa memeriksa hal ini dengan memanfaatkan GT Metrix. Jika kecepatan loading situs Anda rendah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Misal, dengan mengurangi widget atau plugin yang tidak penting, memperkecil ukuran foto sebelum mengunggahnya, menampilkan sebagian badan artikel dibandingkan menampilkan secara menyeluruh. Website yang dapat dibuka dalam waktu singkat tentu lebih menarik minat pengunjung. 

 

  • Konten Berkualitas

Konten berkualitas menjadi faktor yang mempengaruhi nilai DA selanjutnya. Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memiliki konten berkualitas ialah mengedepankan tema evergreen atau abadi. Sebaiknya pilih konten yang bermanfaat dan memberi solusi dibandingkan artikel yang isinya tidak jelas. Tak kalah penting, pastikan konten yang Anda buat original dan bebas dari duplikasi.

 

  • Backlink

Sudah menjadi rahasia umum, backlink atau link / tautan yang mengarah ke website Anda menjadi salah satu faktor penentu nilai DA. Semakin banyak link yang Anda terima, semakin baik pula peningkatan pada nilai DA.

 

 

Rahasia Jitu Menaikkan Domain Authority

Nah, setelah mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi nilai DA, berikut cara yang dapat Anda tempuh untuk meraih DA tinggi, antara lain:

 

  1. Memperbaiki Struktur Konten yang Sesuai Kaidah SEO

Langkah pertama yang sebaiknya ditempuh adalah dengan memperbaiki struktur konten dan memastikannya sudah sesuai dengan kaidah SEO. Kaidah SEO ini terbagi menjadi 2, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page antara lain peletakan kata kunci di tempat strategis, heading, meta tag hingga struktur template yang ramah mesin pencari. Sementara SEO off page, salah satunya berasal dari backlink.

 

  1. Memperbaiki Performa dengan Rutin Analisis Konten

Perubahan terus terjadi termasuk pada isi konten yang Anda tulis. Di sinilah pentingnya melakukan audit secara berkala agar konten senantiasa up to date. Rutin melakukan update konten juga dapat mempercepat proses indeks artikel oleh robot mesin pencari.

 

  1. Bangun Backlink Berkualitas 

Pada artikel sebelumnya yang juga sudah ditayangkan di Redcomm knowledge, Anda bisa membaca terlebih dahulu mengenai manfaat backlink untuk website. Beberapa manfaat tersebut di antaranya, membangun otoritas, meningkatkan traffic melalui referral, dan sebagainya. Nah, manfaat berikutnya dari keberadaan backlink, yaitu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi nilai DA. 

 

Membangun backlink sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

 

  • Guest post, merupakan ajang menanam backlink dengan menitipkan artikel di website yang memiliki satu niche.
  • Menanam backlink secara kontekstual di website rekomendasi, misalnya Medium, forum-forum terbuka yang memungkinkan menyertakan backlink, dan sebagainya.

 

Untuk membangun backlink, pastikan Anda mendapatkan backlink dofollow berkualitas. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini, mulai dari membuat konten berkualitas dengan menerapkan teknik SEO copywriting, perbanyak konten evergreen untuk meningkatkan traffic website.

 

Membangun backlink untuk website bisnis bisa juga bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta atau digital agency Indonesia terpercaya. Mengapa Anda perlu bekerja sama atau menggunakan jasa digital agency profesional? Karena mereka punya tim SEO spesialis yang bisa bekerja dengan baik dan tahu apa yang perlu dilakukan, mengingat Anda harus berhati-hati dan tidak asal pilih jasa SEO.

 

 

  1. Menulis Artikel Evergreen

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, artikel evergreen mengangkat tema abadi yang tidak lekang oleh waktu. Artikel evergreen bisa juga disebut kebalikan dari artikel viral. Topik yang dibahas pada artikel evergreen, misalnya tentang cara memasak ketupat, tips atasi jerawat, dan sebagainya. Selain pemilihan tema, kata kunci yang dibidik pun perlu Anda perhatikan agar kesempatan artikel meraih page one mesin pencari jauh lebih besar.

 

  1. Bangun Internal Link yang Kuat

Internal link merupakan link di dalam artikel yang dibangun untuk menghubungkan antara satu artikel dengan artikel lainnya di dalam suatu website. Salah satu manfaat membuat internal link adalah membuat pengunjung berada lebih lama di situs Anda karena mereka menjelajah dari satu artikel ke artikel yang lain. Internal link yang kuat juga disukai oleh robot Google. Hal ini menandakan Anda menguasai topik tersebut secara mendalam.

 

  1. Menghapus Backlink Spam

Backlink spam ialah backlink yang diarahkan ke website dengan sangat masif dan tidak wajar. Jika dahulu cara ini bisa digunakan untuk menaikkan domain, seiring dengan ketatnya algoritma Google, hal ini tidak berlaku lagi. Bahaya backlink spam dapat membuat website yang bersangkutan mengalami deindeks. Anda bisa menggunakan Google disavow untuk mengatasi hal ini. Cara ini juga berlaku saat Anda ingin menghapus link yang berasal dari situs yang dilarang, seperti judi, porno dan sebagainya.

 

Nah, itulah rahasia jitu menaikkan domain authority yang apabila dilakukan secara konsisten akan membuahkan hasil.