knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Cara Penulisan Ko...

Cara Penulisan Konten Artikel yang Jitu dan Menjual

17 Feb  · 
4 min read
 · 
eye 6.991  
SEO

Cara Penulisan Konten Artikel Yang Jitu Dan Menjual

Untuk bisa menghasilkan tulisan atau konten artikel yang akan dipublikasi di website bisnis, Anda perlu paham berbagai cara penulisan konten yang bisa menjual.

Yuk, pelajari caranya, mulai dari mengetahui apa yang konsumen cari, mengutamakan ciri khas produk dan value proposition, deskripsi lengkap, menerapkan teknik copywriting, hingga SEO di dalam konten.

Syarat Artikel yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Namun sebelum menerapkan berbagai tips menulis artikel yang menjual di artikel ini, ada baiknya Anda paham dulu apa saja sih syarat artikel yang bisa mendorong konsumen untuk melakukan transaksi? Nah, beberapa syaratnya, antara lain: 

  • Artikel harus mampu menarik perhatian pembaca, memberikan nilai tambah, dan secara persuasif menggiring mereka untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan.
  • Relevansi isi artikel dengan kebutuhan dan permasalahan target pasar harus kuat sehingga Anda perlu menggunakan gaya bahasa yang konsumen pahami dengan baik.
  • Judul yang menarik dapat meningkatkan CTR (Click Through Rate) dan membawa lebih banyak traffic organik ke website.
  • Pastikan struktur artikel jelas, mudah dibaca, dan mudah juga dipahami. Untuk itu, Anda bisa menggunakan heading, bullet points, dan paragraf pendek.
  • Terapkan teknik SEO dan lakukan optimasi pada konten artikel agar lebih mudah ditemukan di halaman hasil pencarian (SERP). Misalnya membuat anchor text yang benar.
  • Artikel harus memiliki ajakan bertindak atau CTA yang mendorong konsumen melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mengisi formulir.

Menurut laporan We Are Social 2024, sebanyak 79% pengguna internet di Indonesia telah melakukan pembelian online dalam satu tahun terakhir. 

Hal ini membuktikan kalau konten digital, termasuk artikel di website bisnis, memiliki pengaruh besar dalam keputusan pembelian konsumen.

7 Tips Menulis Artikel Website Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan

Menulis artikel yang bisa meningkatkan penjualan bukan sekadar menyusun kata-kata, tetapi juga tentang bagaimana menyampaikan informasi dengan strategi yang tepat. 

Anda perlu memahami apa yang menarik bagi calon pelanggan, bagaimana mereka berpikir, dan bagaimana konten dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan Anda. 

Di sinilah pentingnya Anda melakukan pendekatan yang tepat, agar artikel di website bisnis Anda bisa menjadi alat pemasaran yang ampuh untuk menarik, meyakinkan, dan mengonversi pembaca menjadi pelanggan setia.

Oleh karena itu, coba terapkan beberapa tips menulis artikel website bisnis yang bisa membantu meningkatkan penjualan berikut ini:

1. Ketahui Apa yang Konsumen Cari

Konsumen cenderung mencari informasi dengan kata kunci atau pertanyaan spesifik. Tentunya Anda harus paham tentang search intent atau pertanyaan spesifik apa yang konsumen ketikkan di mesin pencari.

Cara mengetahui hal tersebut, coba posisikan diri Anda sebagai konsumen. Kemudian pikirkan kata kunci atau pertanyaan apa yang akan Anda gunakan untuk melakukan pencarian.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apa yang konsumen cari dari:

Menurut laporan HubSpot, artikel yang berbasis keyword intent yang jelas mampu meningkatkan traffic organik hingga 55% lebih tinggi dibandingkan artikel tanpa riset keyword.

2. Tonjolkan Ciri Khas Produk & Value Proposition

Setiap produk yang dijual tentunya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, yang membedakan produk tersebut dengan produk serupa yang sudah beredar di pasar. 

Cara menuliskan keunggulan dan ciri khas produk Anda bisa dengan menggunakan teknik storytelling agar lebih menarik yang bisa membangun sisi emosional dan mengundang rasa penasaran konsumen untuk mencari tahu lebih detail.

Contoh: Jika Anda menjual jam tangan kayu dengan motif alami, ceritakan bagaimana proses pembuatannya dilakukan secara handmade dan bagaimana setiap produk memiliki pola unik yang tidak bisa ditemukan di jam lain.

Ingat, konsumen modern saat ini lebih percaya rekomendasi yang didasarkan pada cerita nyata dibandingkan dengan promosi biasa.

3. Informasi Detail, Insightful & Engaging

Ketika konsumen melakukan pencarian atas produk tertentu yang mereka inginkan, pastinya mereka berharap bisa mendapatkan informasi yang detail mengenai produk tersebut.

Kelengkapan artikel yang bermanfaat dan memiliki nilai tambah tak hanya menyajikan deskripsi produk yang mendetail, tetapi bisa juga dilengkapi dengan:

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian dari eMarketer kalau konsumen biasanya akan membaca dan mencari informasi yang mengulas produk, lengkap dengan spesifikasi, deskripsi, gambar, keunggulan produk, hingga testimoni pelanggan, sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Terapkan Teknik Copywriting yang Efektif

Copywriting yang kuat mampu menggiring calon pembeli untuk mengambil keputusan. Beberapa teknik yang bisa diterapkan, misalnya:

  • Menerapkan formula AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) untuk menarik perhatian, membangun ketertarikan, menciptakan keinginan, dan mengajak pembeli bertindak.
  • Ada power words, seperti “gratis”, “terbatas”, atau “diskon khusus” untuk membangun rasa urgensi.
  • Social proof dengan menampilkan testimoni atau ulasan pelanggan.

Jika memungkinkan penulisan copywriting perlu juga didukung dengan sentuhan psikologis yang bisa mempengaruhi konsumen untuk segera melakukan pembelian.

Apakah saat ini Anda masih kesulitan untuk menyediakan konten artikel yang menerapkan teknik copywriting yang tepat? Jika iya, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta.

Bekerja sama dengan tim ahli jelas akan bisa menghemat sumber daya yang Anda miliki, tetapi tetap mendapatkan hasil terbaik. 

Hal ini karena tim Redcomm tidak hanya menyediakan artikel, tetapi juga membantu membuatkan content plan yang detail, riset kata kunci, penerapan copywriting, sekaligus artikel yang sesuai kaidah SEO. Langsung hubungi saja Kontak Redcomm ya.

5. Pastikan Artikel SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah faktor penting dalam meningkatkan visibilitas artikel di mesin pencari. 

Ketika website bisnis Anda berada di halaman pertama Google, otomatis artikel dan produk Anda bisa ditemukan konsumen dengan mudah. 

Dampak positifnya, peluang Anda untuk mendapatkan peningkatan profit pun akan semakin terbuka lebar.

Nah, saat menulis artikel SEO friendly, ada beberapa elemen yang harus Anda perhatikan:

Artikel yang dioptimasi dengan teknik SEO yang tepat memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

6. Optimalkan dengan Konten Visual

Artikel yang hanya berisi teks cenderung kurang menarik. Itu sebabnya, Anda perlu melengkapi setiap artikel yang tayang di website bisnis dengan gambar, infografis, atau video.

Hanya saja perhatikan juga beberapa hal berikut ini dalam optimasi konten visual di artikel:

  • Pastikan hanya menggunakan gambar berkualitas tinggi dan gunakan alt text image.
  • Jika bisa, alangkah bagusnya artikel juga disertai dengan infografis yang mendukung lengkap dengan data statistik.
  • Video tutorial atau testimoni pelanggan.

7. Update Artikel Secara Berkala

Tren pasar dan algoritma mesin pencari terus berubah. Artinya, Anda perlu rutin melakukan pembaruan agar artikel di situs web bisnis tetap relevan dan up to date. Caranya bisa dengan: 

  • Menambahkan data terbaru.
  • Mengoptimasi dengan keyword baru yang relevan.
  • Menyesuaikan strategi copywriting berdasarkan tren terbaru

Kalau berdasarkan referensi yang pernah tayang di Search Engine Journal, website yang rutin memperbarui konten akan mengalami peningkatan traffic organik hingga 30% dalam waktu enam bulan. 

Sembari melakukan pembaruan, jangan lupa cek juga keberadaan CTA di setiap halaman ya. Sebab, CTA yang jelas bisa sangat membantu lho dalam meningkatkan angka penjualan bisnis Anda.


Menulis artikel untuk website bisnis yang bisa meningkatkan penjualan perlu memerlukan strategi yang tepat, mulai dari informasi yang detail, menerapkan teknik copywriting, SEO, hingga penggunaan visual yang mendukung. 

Lalu agar variasi artikel di situs juga makin lengkap, tambahkan dengan Menulis Artikel Evergreen yang Bisa Mendatangkan Traffic Tinggi.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER