Untuk bisa menghasilkan tulisan atau konten artikel yang akan dipublikasi di website bisnis dan memiliki nilai jual, maka penting sekali untuk menerapkan teknik copywriting, terutama bagi Anda yang tengah menjalankan bisnis online dan bagi pemilik bisnis UKM yang baru menjalankan bisnis menggunakan website.

 

Banyaknya Bisnis Online Di Era Digital

Di era digital saat ini sudah mulai banyak orang yang menjalankan bisnis secara online. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya marketplace yang tersedia, walaupun tetap banyak juga pebisnis yang menjalankan bisnisnya secara konvensional. Bisnis yang dijalankan secara online tidak hanya sekadar mempromosikan produk di media sosial saja, tetapi penting sekali untuk memperhatikan tulisan, baik berupa artikel di website maupun caption di media sosial, yang Anda buat agar bisa menarik minat konsumen atau memiliki daya jual yang tinggi. 

 

 

Cara Penulisan Konten Artikel yang Jitu dan Menjual

Berikut beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk bisa menulis konten artikel yang memiliki nilai jual tinggi.

 

  1. Mencari Tahu yang Biasanya Ditanyakan Konsumen

Ketika konsumen mencari produk yang sedang dibutuhkan, maka pertanyaan yang spesifik sering kali mereka gunakan dalam proses pencarian tersebut. Hal inilah yang perlu Anda ketahui. Caranya, posisikan diri Anda sebagai konsumen, kemudian pikirkan ketika hendak memiliki produk tertentu, kata kunci atau kalimat seperti apa yang akan Anda ketikkan di mesin pencari. Cara lain, Anda bisa menggunakan Google Analytic, Quora, atau tools untuk mencari keyword lainnya. 

 

  1. Tuliskan Ciri Khas dari Produk Anda 

Setiap produk yang dijual tentunya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, yang membedakan produk tersebut dengan produk serupa yang sudah beredar di pasar. Cara menuliskan keunggulan dan ciri khas produk Anda bisa dengan menggunakan teknik storytelling agar lebih menarik atau bisa juga mengundang rasa penasaran calon konsumen untuk mencari tahu lebih detail. 

 

 

Misalnya, Anda menjual jam tangan yang terbuat dari kayu dengan menonjolkan motif-motif alami dari kayu. Anda bisa menuliskan proses pembuatan jam tangan ini yang membutuhkan waktu lebih lama dari jam secara umum karena dibuatnya dengan tangan, apalagi kalau jarum jamnya pun terbuat dari kayu. Ini merupakan bentuk copywriting yang mampu mendorong konsumen menjadi tertarik dengan produk yang ditawarkan. 

 

  1. Sajikan Informasi yang Lengkap

Ketika konsumen melakukan pencarian atas produk tertentu yang mereka inginkan, pastinya mereka berharap bisa mendapatkan banyak informasi mengenai produk tersebut. Informasi yang lengkap akan membuat konsumen semakin mantap dan jadi lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk melakukan proses pembelian. Oleh karena  itu, pastikan di dalam tulisan Anda sudah menyajikan informasi atau deskripsi produk selengkap mungkin dengan bahasa yang mudah dipahami oleh konsumen.

 

  1. Berikan Informasi Tambahan

Informasi bisa ditambahkan apabila produk Anda memiliki keistimewaan lain yang membuatnya berbeda dengan produk sejenis. Semakin detail informasi suatu produk yang Anda sertakan di dalam artikel yang Anda tulis, semakin memudahkan konsumen untuk yakin membeli produk Anda. 

 

 

Contoh kasus, Anda adalah pebisnis yang menjual baju. Di pasar, sudah ada banyak model baju yang tersedia dengan beragam bahan. Agar produk Anda jadi terlihat lebih istimewa, maka Anda bisa menjelaskan dengan detail proses pembuatan baju sekaligus menyertakan gambar dan ukuran pendukung. Anda bisa pula menyebutkan bahwa baju tersebut dijahit dengan benang khusus yang kuat, bahan halus dan dingin, motif kain dibuat secara home industri menggunakan bahan alami, dan sebagainya. Harapannya dengan adanya informasi tambahan ini, konsumen menjadi semakin tertarik. 

 

  1. Pengoptimalan SEO

Dalam menerapkan teknik copywriting, hal yang tidak kalah penting adalah mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) yang akan membuat tulisan Anda bisa mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari. Dengan posisi berada di halaman pertama Google, otomatis artikel dan produk Anda bisa ditemukan konsumen dengan mudah. Dampak positifnya, peluang Anda untuk mendapatkan peningkatan profit pun akan semakin terbuka lebar.