knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Cara Membuat Headline yang Menarik untuk Konten Web

03 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 1.448  
Digital Marketing

Cara Membuat Headline Menarik

Headline adalah judul suatu karya yang harus bisa memancing rasa penasaran dan membuat audiens mau membaca karya Anda sampai selesai. Karya di sini bisa berupa artikel, iklan, berita, press release, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara membuat headline yang menarik? Simak penjelasan detailnya di artikel ini.

Headline Itu Apa?

Headline adalah judul besar dari suatu konten atau karya yang diterbitkan secara online maupun online

Letak headline yang berada di bagian atas harus mengandung kalimat persuasif yang bisa mendorong minat audiens untuk mencari tahu secara lengkap apa yang sebenarnya ingin Anda sampaikan.

Kenapa Headline Harus Menarik?

Judul konten atau headline adalah kunci untuk menarik perhatian pembaca, meningkatkan klik dan traffic, mencerminkan isi artikel, serta membangun brand awareness dan kredibilitas.

Hal ini karena ketika audiens menemukan konten Anda, maka yang akan pertama mereka lihat adalah headline. Kalau menarik, mereka akan lanjut membaca sampai selesai. Jika tidak, tentunya mereka akan berpindah untuk mencari konten lain.

Bahkan berdasarkan survei Click Giant, 80 persen orang bisa mengingat judul suatu artikel maupun jenis konten lain yang menarik perhatian mereka. Sementara 20 persen lainnya bisa mengingat headline beserta isi konten secara keseluruhan karena meninggalkan kesan mendalam. 

Nah, bagaimana cara membuat headline yang menarik perhatian audiens? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

7 Tips dan Cara Membuat Headline yang Menarik Perhatian Audiens

1. Menggunakan Angka dan Data

Neil Patel pernah melakukan riset yang menyebutkan bahwa headline yang menggunakan data spesifik dapat meningkatkan interaksi pengunjung hingga 73%. 

Ketika terdapat data berupa angka, maka otak akan memproses informasi yang dibacanya dengan lebih baik. Apalagi jika angka yang Anda tambahkan merupakan angka ganjil. 

Contoh: 

2. Benefit Bagi Audiens Kalau Membaca Konten

Judul harus bisa memberi alasan kepada audiens untuk membaca keseluruhan artikel. Untuk itu, buatlah judul yang bisa menjadi jawaban atas permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Umumnya, ada kata-kata khusus yang mendukung alasan tersebut menjadi semakin kuat, seperti tips, cara, fakta, alasan, rahasia, strategi, dan lainnya.

Contoh: 

  • Penjualan Turun? Ini 7 Strategi untuk Meningkatkannya!
  • Perlu Tidak Melakukan PHK untuk Menghadapi Resesi? Ini Faktanya.
  • 3 Strategi Promosi Online yang Bikin Usaha Anda Berkembang Pesat dalam Satu Tahun.

3. Kata / Rima yang Mengundang Rasa Penasaran

Tips membuat headline yang menarik perhatian bisa juga dengan menggunakan kata atau rima yang mengundang rasa penasaran. 

Tujuannya tentu saja agar audiens langsung melakukan klik begitu mereka selesai membaca headline agar bisa tahu seluruh isi konten  / artikel.

Contoh:

  • Tips Menarik Lebih Banyak Pembeli Tanpa Harus Jual Rugi.
  • Ini Lho Cara Mengatur Keuangan Tanpa Harus Ngerampingin Ikat Pinggang.
  • Trik Tetap Kurus Tapi Tetap Bisa Makan Terus.

4. Keuntungan yang Akan Audiens Dapatkan

Membuat headline sebaiknya singkat dan padat. Namun dalam kondisi tertentu, apalagi untuk menarik pembaca milenial, masih bisa membuat judul hingga 75 karakter. 

Meski begitu, pastikan di dalam judul sudah terlihat benefit apa yang akan audiens dapatkan kalau membaca keseluruhan konten.

Contoh:

  • Ingin Jualan Untung? Begini Cara Menentukan Harga Jual yang Tepat
  • Tips Ampuh Agar Konten Anda di Posisi Satu Search Engine
  • Ingin Follower Meningkat Secara Organik? Cek di Sini Caranya

5. Menggunakan Kata Tanya

Menurut Goins Writer, menggunakan kata tanya pada headline bisa mendorong audiens mengunjungi konten yang mereka temukan di halaman pencarian. 

Anda bisa menggunakan kata tanya “mengapa”, “bagaimana”, “apakah”, dan lainnya. Jika perlu gunakan kata tanya yang provokatif atau hanya mengandung jawaban ya dan tidak. 

Contoh:

  • Apakah Digital Marketing Bisa Membantu Penjualan Produk Anda? 
  • Benarkah 2023 akan Resesi?
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Posisi Pertama di SERP?

6. Gunakan Rumus 4U

Membuat headline menarik tak hanya berlaku untuk copywriting di website, tetapi juga berlaku di media sosial. Untuk itu, Anda bisa menggunakan rumus 4U atau urgency, useful, unique, dan ultra specific

Urgency

Urgency artinya mendesak. Dengan kata lain, Anda bisa membuat headline yang membuat audiens merasa terdesak untuk segera bertindak (melakukan pembelian produk). Contoh:

  • Buy 1 get 1 Hanya Hari Ini!
  • Diskon hingga 95% hanya berlaku sampai Jam 5 Sore!

Useful

Bagaimana jika menggunakan useful? Tunjukkan manfaat atau solusi terkait permasalahan konsumen pada judul. 

Contoh:

  • Mau Hidup Sehat dengan Makanan Organik? Intip Tips Ini!
  • Diabetes Tak Ada Obatnya! Cek di Sini Cara Mencegahnya.

Unique

Sementara untuk membuat headline yang unique, Anda bisa menggunakan permainan kata yang bisa meningkatkan engagement

Contoh: 

  • Ingin Menggunakan Jasa Pembuatan Video Marketing? Simak Tips Berikut!
  • Dapat Tawaran SEO Murah? Waspadai Bahaya Berikut!

Ultra Specific

Penggunaan rumus ultra specific berarti Anda menuliskan headline yang detail dan spesifik. Tujuannya, untuk memudahkan audiens mengenali produk yang Anda tawarkan. 

Contoh:

  • Khusus 12.12. Diskon 75% untuk Pelanggan Setia
  • Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Bebas Finansial. Ini Tipsnya!

Ada banyak cara menerapkan rumus 4U ini dalam membuat headline yang menarik, termasuk judul iklan yang bertujuan untuk menciptakan konversi. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi digital marketing agency Indonesia seperti Redcomm. 

Tim digital agency Indonesia tersebut sudah berpengalaman dalam membantu lebih dari 1000+ brand dalam menyelenggarakan kampanye digital. Bahkan Redcomm Indonesia adalah agensi di Jakarta yang berhasil mempertahankan gelar Digital Agency of the Year 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2018 hingga tahun 2023.

7. Pilih Frasa yang Tak Biasa dan Persuasif

Selain bermain kata, dalam membuat headline menarik, Anda bisa menggunakan pilihan frasa yang tepat. 

Ada 2 frasa dalam copywriting yang sering digunakan, yaitu frasa fear of missing out atau FOMO dan frasa persuasif. Apa perbedaannya? 

Frasa FOMO sebenarnya mirip dengan urgency pada rumus 4U, yaitu mendesak audiens untuk melakukan pembelian agar tidak menyesal di kemudian hari.

Anda bisa menggunakan frasa FOMO dalam bentuk penawaran terbatas, diskon akan segera berakhir, dapatkan sebelum harga naik, dan lainnya. Bisa juga menggunakan tambahan kata “hanya”, seperti “hanya tersedia di toko terdekat”, “hanya hari ini”, “hanya tersisa 1 unit”, dan sebagainya.

Dibandingkan frasa fear of missing out, frasa persuasif lebih soft dalam mengajak audiens melakukan tindakan. Frasa ini cenderung meminta calon pelanggan untuk mempertimbangkan pembelian produk. 

Contohnya menggunakan frasa persuasif: 

  • Coba Anda bayangkan ….
  • Banyak orang yang tidak menyadari, …. 
  • Tidakkah Anda ingin badan lebih sehat?

Demikian cara membuat headline yang menarik. Semoga tips di atas bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak leads dan menciptakan konversi ya. Setelahnya, lengkapi juga pengetahuan Anda dengan Tips Copywriting yang Menarik dan Memancing Closing.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER