Bagaimana sih cara menjangkau konsumen secara lebih efektif? Dalam dunia digital business, tentunya sudah banyak strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan, salah satunya menerapkan strategi e-marketing atau email marketing.
Bagaimana sih cara menjangkau konsumen secara lebih efektif? Dalam dunia digital business, tentunya sudah banyak strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan, salah satunya menerapkan strategi e-marketing atau email marketing.
Electronic marketing atau yang lebih dikenal dengan istilah e-marketing adalah rencana pemasaran untuk barang dan jasa melalui media internet.
Di dalamnya termasuk pula penerapan strategi email marketing dan newsletter marketing. Lalu, bagaimana cara menjalankan strategi e-marketing menggunakan newsletter?
Pembuatan newsletter, baik untuk Anda sebarkan melalui email atau media cetak, menjadi salah satu cara paling mudah dan murah dalam menjaga hubungan dengan konsumen.
Anda bisa memberikan informasi terbaru atau penawaran terbaik kepada konsumen melalui kiriman email.
Berikut syarat-syarat pengiriman e-marketing menggunakan newsletter yang perlu Anda perhatikan:
Sama halnya seperti paragraf pertama pada suatu tulisan, maka penting memperhatikan kalimat pembuka atau introduction yang menarik.
Ini salah satu faktor yang akan menentukan penerima newsletter akan terus membaca sampai selesai atau tidak.
Untuk menciptakan introduction newsletter yang menarik, berikut langkah-langkahnya:
Keterampilan membuat pembukaan newsletter yang persuasif perlu Anda kuasai dengan baik.
Karena isi newsletter tersebut menjadi penentu yang bisa mendorong calon konsumen mencari tahu lebih banyak isi surat penawaran yang Anda kirimkan.
Bahkan bisa sekaligus mendorong mereka melakukan konversi.
Selain introduction yang menarik, Anda juga perlu menggunakan kalimat yang bersifat informatif. Beberapa ketentuan yang bisa Anda terapkan dalam penulisan newsletter, antara lain:
Anda perlu menyusun informasi dan penawaran produk menggunakan bahasa yang menyenangkan dan ramah terhadap konsumen. Ini termasuk ketika membuat pengantar di body email.
Lebih baik terapkan saja teknik storytelling yang bisa menarik hati pelanggan. Misalnya, mengangkat cerita yang memang dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Strategi e-marketing menggunakan newsletter dengan cara ini jauh lebih efektif.
Beberapa perusahaan memilih untuk tidak menggunakan jargon. Sebaiknya Anda pun begitu. Sebab, penggunaan jargon seringkali malah berakhir dengan konsumen yang tidak paham.
Bahkan jargon juga bisa menyebabkan audiens yang awalnya tertarik, tetapi karena tak paham pesan pemasaran dalam e-marketing yang Anda kirim, akhirnya mereka mencari pembanding lain.
Lebih baik, gunakan bahasa yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami agar pesan tersampaikan dengan baik serta bisa mempengaruhi keputusan audiens untuk membeli produk atau tidak.
Anda perlu melakukan pengecekan ulang sebelum mengirim newsletter. Langkah ini sering terlupakan oleh banyak pebisnis.
Hal sepele semacam salah ketik dalam newsletter bisa saja mempengaruhi psikologis dan kenyamanan audiens ketika membacanya lho.
Dalam menyusun strategi digital marketing yang lebih banyak melalui email, Anda juga perlu meminta pendapat dari orang lain yang memang ahli dalam proses pengeditan tulisan.
Atau Anda bisa bekerja sama dengan tim digital marketing agency Indonesia, baik yang berdomisili di Jakarta atau di kota-kota besar lainnya.
Mereka bisa membantu Anda membuat newsletter sebelum proses pengirimannya menggunakan fitur blast ke berbagai list email.
Selain itu, pemikiran dari sudut pandang yang berbeda juga dapat membantu memastikan pesan pemasaran yang disampaikan tidak hanya benar secara tata bahasa, tetapi juga mudah dipahami dan menarik bagi pembaca.
Setelah memastikan penulisannya sudah benar, selanjutnya siapkan waktu yang tepat untuk membagikan newsletter, apakah pagi hari sebelum jam kerja, siang hari saat makan siang, atau di akhir jam kerja, yaitu di sore hari.
Mengirimkan email di waktu yang tepat memperbesar kemungkinan email akan dibuka dan dibaca langsung oleh calon konsumen.
E-marketing dan newsletter adalah strategi promosi dan pemasaran yang efektif kalau dikombinasikan dan diterapkan dengan cara yang tepat. Untuk hasil yang lebih baik, boleh juga menerapkan newsletter yang lebih personal. Baca ulasan lengkapnya di artikel ini: Newsletter Personality untuk Optimalkan Strategi Email Marketing.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC