MENU
SEARCH KNOWLEDGE

4 Tren Penting Pemasaran B2B untuk Menghasilkan Prospek Baru di 2024

07 Mar  · 
7 min read
 · 
eye 621  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Hai para pemasar B2B, saatnya kita untuk mengevaluasi. Alat teknologi kita jauh lebih canggih dari beberapa tahun lalu. 

Strategi lama tidak lagi seefektif dulu. Dan pelanggan mencari solusi di tempat-tempat yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. 

Catatlah tren-tren ini dan terapkan taktiknya untuk strategi pemasaran B2B-mu tahun 2024 untuk menghasilkan prospek baru sepanjang tahun.

1. Koleksi Data Etis menjadi Keterampilan Penting

Fokus yang meningkat pada privasi data akan memengaruhi kemampuan pemasar untuk mengukur pemasaran dan mengumpulkan data dari pengguna. 

Pada tahun 2024, kamu perlu menjadi ahli dalam strategi pengumpulan data etis yang tidak bergantung pada cookie pihak ketiga dan bersifat lebih transparan.

Pendorong terbesar dari pergeseran ini adalah akhir dari cookie pihak ketiga yang dinantikan-nantikan pada Q3 tahun 2024. 

Data pihak pertama dapat sangat akurat, tetapi membutuhkan pelanggan untuk opt-in atau berinteraksi dengan website-mu sehingga lebih sulit untuk dikumpulkan secara besar-besaran. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan data pihak pertama dan menyiapkan pemasaranmu untuk masa depan tanpa cookie.

Bangun daftar email-mu

Daftar email-mu adalah standar penting dari data pelanggan yang diperoleh dengan cara etis dari pihak pertama. Tidak hanya kamu mendapatkan data keterlibatan penting, tetapi kamu juga mendapatkan saluran yang dimiliki yang bisa kamu gunakan untuk taktik pengumpulan data lainnya.

Kunci untuk mengembangkan daftar email-mu adalah menawarkan sesuatu yang berharga sebagai pertukaran alamat email pelanggan baru. Beberapa ide yang bisa dipertimbangkan termasuk:

Mengadakan kontes

Kontes adalah cara yang efektif secara biaya untuk mengumpulkan data dari pihak pertama. Dengan biaya satu hadiah, kamu secara etis mengumpulkan data dari ribuan pelanggan saat ini atau potensial.

Kontes adalah alat pengumpulan data yang serbaguna. Kamu dapat menggunakannya untuk mendorong umpan balik produk, mengumpulkan informasi demografis tentang pelangganmu, atau memahami bagaimana orang menggunakan produkmu.

Pilih data yang tepat

Berhati-hatilah dengan tujuanmu sebelum meluncurkan inisiatif pengumpulan data pihak pertama. 

Jika kamu sedang membuat awareness tentang produk baru, kamu akan tertarik pada jenis konten edukatif apa yang dibaca orang atau bagaimana mereka saat ini memecahkan masalah. 

Tetapi jika kamu sedang mempelajari orang yang lebih rendah dalam baki pemasaran, kamu mungkin akan fokus pada halaman produk apa yang diklik orang. Pastikan kamu tahu pertanyaan apa yang ingin kamu jawab sebelum mengumpulkan data.

2. Pemasar B2B Mendapatkan Banyak Manfaat dari Konten Video 

Kita sudah mengetahui kekuatan video dalam marketing sejak lama. Secara rata-rata, video marketing menghasilkan lebih banyak prospek daripada media lainnya.

Ini meningkatkan ROI periklanan, dan sebagian besar orang mengatakan mereka lebih suka menonton video untuk mempelajari produk baru.

Pada tahun 2024, kita akan melihat pemasar B2B menggunakan video dengan cara yang lebih kreatif. 

Misalnya, short clip yang diposting secara asli di LinkedIn dapat menjadi alat untuk mendapatkan pelanggan baru untuk saluran YouTube-mu.

Harap untuk melihat lebih banyak wajah dan lebih sedikit demo produk yang tidak personal dalam video juga. Dorongan untuk transparansi adalah tren content marketing tahun ini.

Jangan khawatir tentang kualitas produksi tinggi

Kamu tidak perlu kru, peralatan mahal, dan berjam-jam untuk mengedit setiap video. Sebuah clip sederhana, otentik dari kamu menjelaskan topik yang rumit akan mendapatkan cukup engagement. Smartphone kamu dan lighting sederhana sudah cukup.

Daur ulang konten video kamu

Bahkan video sederhana membutuhkan sedikit waktu untuk ditulis dan direkam. Manfaatkan yang terbaik dari mereka dengan memotongnya untuk beberapa channel

Buat gambar clickbait yang menarik perhatian dan posting di YouTube. Masukkan dalam artikel blog-mu. Bagikan clip sebagai Instagram Story.

3. Tiktok Berkembang menjadi Saluran Pemasaran B2B

Sebagian besar orang telah membuat TikTok menjadi mesin pencari, 57% dari Gen Z mengatakan mereka lebih suka platform video pendek daripada Google untuk mencari jawaban dan produk. 

Jadi ketika mereka sedang melakukan penelitian atau mempelajari sesuatu tentang pekerjaan mereka, bisa diasumsikan mereka akan menuju ke TikTok untuk melakukannya.

Ketika pengaruh Gen Z di tempat kerja semakin berkembang, kamu dapat yakin pemasar B2B akan mengikuti mereka ke tempat-tempat favorit mereka secara online.

TikTok penuh dengan kreator yang tahu cara bekerja dengan algoritma dan menarik audiens di sana. Kamu perlu mengambil pendekatan yang berbeda, lebih kreatif. Tips ini akan membantu.

Coba iklan TikTok

Iklan TikTok adalah cara yang bagus untuk muncul di depan audiens targetmu bahkan sebelum kamu membangun audiens organik yang besar. 

TikTok memiliki beberapa fitur iklan yang cukup mengesankan seperti custom audiens dan asisten iklan yang didukung AI.

Jangan lupa dengan CTA

TikTok-mu adalah neon sign yang menarik perhatian orang. Kamu masih membutuhkan CTA yang kuat yang mengarahkan mereka ke situs webmu. Contoh CTA TikTok yang bagus:

  • Dimulai dengan kata kerja kuat seperti bergabung, beli, belanja.
  • Maksimal 2 atau 3 kata.
  • Ditempatkan secara menonjol sehingga tidak tertutup dalam keterangan yang panjang.

4. AI Membuat Pemasaran Digital B2B Lebih Efisien dan Efektif

Alat baru yang didukung AI dari platform periklanan membuat pembuatan iklan menjadi lebih mudah sambil memberikan cara baru untuk menargetkan lebih banyak orang.

Pada tahun 2023, Google mengumumkan beberapa fitur AI baru untuk Google Ads. Salah satu fitur yang paling menarik adalah pembuatan aset iklan semi-otonom. 

Dengan beberapa prompt, Asset Creation for Performance Max dari Google akan membuat gambar, video, dan teks custom untuk campaign kamu.

Asisten virtual baru yang didukung AI dari TikTok membantu pemasar membuat iklan yang lebih baik untuk platform media sosial tersebut. 

TikTok Creative Assistant bekerja seperti chatbot. Kamu dapat meminta ide postingan dan script iklan yang khusus untuk merekmu, atau meminta untuk menunjukkan konten TikTok yang populer dari industri kamu.

Tandai kalendermu untuk Google Marketing Live. Google mengumumkan pembaruan keyword setiap tahun di acara Google Marketing Live-nya. Pantau versi tahun ini, dan teliti konten dari tahun-tahun sebelumnya. 

Kamu harus selalu update dengan tren dan teknologi terkini. Baca artikel lain dan dapatkan insight lebih banyak tentang Digital Marketing disini

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER