MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Rahasia Efektif Email Marketing dan Direct Messaging untuk Sukseskan Pemasaranmu

15 Feb  · 
4 min read
 · 
eye 652  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Email marketing membantu kita menjangkau pelanggan potensial dan yang sudah ada. Ini adalah metode yang sudah kita percayai sejak lama.

Namun, ada juga direct messaging. Dengan media sosial menjadi bentuk komunikasi utama, direct messaging fokus untuk menghubungi pelanggan secara pribadi melalui platform ini.

Pendekatan yang lebih baru ini menciptakan koneksi langsung dan pribadi dengan audiensmu. 

Ini adalah sentuhan segar yang diinginkan setiap pemasar, memungkinkan kamu masuk ke Direct Message seseorang dan membangun hubungan yang terasa seperti percakapan satu lawan satu.

Jadi, mari kita lihat bagaimana kedua metode ini bisa melengkapi satu sama lain untuk meningkatkan kesuksesan pemasaran kamu.

1. Mengenal Lebih Dalam Tentang Email Marketing dan Direct Messaging

Email marketing melibatkan pengiriman newsletter atau pesan promosi ke daftar pelanggan yang telah berlangganan untuk menerima komunikasimu.

Di sisi lain, direct messaging adalah menyelinap ke Direct Message seseorang di media sosial, bilang, "Hai, ayo ngobrol!"

Meskipun kedua metode ini mungkin terlihat berbeda, mereka memiliki misi yang sama: terhubung dengan pelanggan potensialmu secara personal sehingga mereka ingin mengambil tindakan.

Manfaat direct messaging

Tentu saja, direct messaging memiliki banyak manfaat. Mengapa? Karena ini memberikan bentuk kontak langsung antara kamu dan pelanggan. 

Sebagai konsumen, kita suka merasa sebagai prioritas utama, dan dengan komunitas online menjadi ritual harian bagi banyak dari kita, ini memberikan lebih banyak peluang bagi merek untuk meningkatkan perjalanan pelanggan mereka.

Manfaat email marketing

Metode teruji dan benar dari email marketing. Berawal dari tahun 1978, newsletter menjadi populer seiring dengan perkembangan World Wide Web menjadi seperti sekarang. 

Meskipun baru-baru ini banyak yang mengatakan "email sudah mati," mereka akhirnya tak berkutik karena tetap menjadi salah satu saluran pemasaran teratas untuk merek.

Jadi, mengapa email marketing difavoritkan? Alasannya utama adalah itu adalah opsi biaya rendah bagi merek untuk mencapai audiens besar secara bersamaan.

Bagaimana Email Marketing dan Direct Messaging Bekerja Sama

Setelah melihat banyak manfaat email marketing dan direct messaging, apa yang terjadi ketika kita menggabungkan keduanya dalam strategi pemasaran kita? Singkatnya, itu mengubah hidup.

Contohnya, bayangkan kamu mengirim newsletter, seperti obrolan santai dengan pelanggan, dimana kamu bocorkan rahasia produk atau layanan terbaru dan terbaikmu. Lalu, di akhir newsletter, kamu katakan, "Ikuti kami di media sosial."

Di situlah sihirnya terjadi. Begitu mereka menekan tombol ikuti, dunia baru terbuka, dan kamu mendapatkan kemampuan untuk menjadi lebih dekat dan personal. 

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan memahami kepribadian mereka, siapa mereka, dan apa yang mereka lakukan.

Akhirnya, produkmu akan menjadi lebih hyper-personalized, memberikan manfaat bagi kamu dan konsumenmu.

Tips Menggunakan Email Marketing dan Direct Messaging Bersama

Untuk mendapatkan yang terbaik dari email marketing dan direct messaging, berikut adalah beberapa tips:

  • Pastikan kampanye email marketing dan direct messaging kamu sejalan dalam hal waktu dan konten. Kirim pesan langsung yang memberi tahu pelanggan tentang email yang akan datang dengan penawaran khusus menciptakan antisipasi dan rasa ingin tahu.
  • Setelah mengirim email, tindak lanjuti dengan pesan pribadi kepada mereka yang membuka atau berinteraksi dengan email tersebut. Tindakan kecil ini membuktikan bahwa merekmu berusaha lebih untuk pelangganmu.
  • Buat rasa eksklusivitas dengan mengirim pesan langsung kepada pelanggan dengan penawaran, diskon, atau akses awal ke promosi yang tidak tersedia melalui email. Siapa yang tidak suka merasa seperti VIP? Ini dapat mendorong pelanggan untuk berinteraksi dengan kedua saluran.
  • Bagi audiensmu berdasarkan preferensi interaksi mereka. Beberapa mungkin lebih suka pesan langsung, sementara yang lain lebih suka gaya tradisional email. Sesuaikan pendekatanmu, memungkinkan mereka berinteraksi dengan merekmu sesuai keinginan mereka.

Dengan menggabungkan kekuatan kedua metode ini, bisnis dapat menciptakan pendekatan komprehensif yang memenuhi berbagai preferensi audiens dan memaksimalkan keterlibatan.

Baik itu sentuhan personal dari direct messaging atau jangkauan luas dan kekuatan analitis dari email marketing, strategi ini dapat bekerja bersama-sama untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat serta meningkatkan loyalitas merek.

Ketahui juga, 5 Situs Download Templates Email Marketing Berkualitas untuk Newsletter Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER