knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Rahasia Efektif Email Marketing dan Direct Messaging untuk Sukseskan Pemasaranmu

30 Dec  · 
6 min read
 · 
eye 1.515  
Digital Marketing

Rahasia Email Dan Direct Messaging

Untuk bisa menjadi pemenang dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, Anda sebagai pebisnis harus memiliki strategi pemasaran yang efektif. 

Ada dua strategi yang mampu meningkatkan loyalitas pelanggan karena lebih terarah dan personal, yaitu email marketing dan direct messaging.

Email marketing membantu menjangkau pelanggan potensial dan menjaga pelanggan yang sudah ada. Strategi email ini sudah memberikan bukti efektivitas yang tinggi sejak lama.

Sementara karena media sosial menjadi bentuk komunikasi utama di era digital ini, maka direct messaging membantu Anda berfokus menciptakan koneksi dua arah dengan pelanggan secara pribadi langsung pada platform yang digunakan.

Lalu, bagaimana cara mengkombinasikan kedua strategi ini agar bisa bekerja sama membantu Anda meningkatkan kesuksesan pemasaran? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Direct Messaging?

Direct messaging adalah aktivitas pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk berkomunikasi secara langsung dan personal dengan audiens. 

Anda bisa memulainya dengan mengirimkan pesan singkat, seperti “Hai, apa kabar? Kami punya sesuatu untukmu!” Lalu, Anda bisa mengirimkan voucher diskon yang menarik atau informasi benefit lain yang audiens butuhkan.

Menggunakan cara ini akan membantu Anda menciptakan koneksi yang lebih dekat dengan pelanggan.

5 Manfaat Direct Messaging

Anda pasti sudah sering menggunakan Direct Messaging (DM), kan? Misalnya menggunakan DM di Instagram, TikTok, X (Twitter), dan sebagainya, untuk merespons pertanyaan, berdialog, atau sekadar menanyakan kabar. 

Nah, fungsi dan manfaat Direct Messaging tidak sekadar fitur mengobrol dengan sesama pengguna media sosial lain saja lho, melainkan masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, terutama untuk kebutuhan bisnis, seperti:

1. Menciptakan Koneksi Langsung dengan Pelanggan

Direct messaging memberi Anda akses untuk berbicara langsung dengan pelanggan tanpa perantara, sehingga komunikasi terasa lebih personal dan intim. 

Selain dapat membuat pelanggan merasa dihargai sebagai individu, cara ini membantu membangun hubungan yang lebih kuat antara brand Anda dengan audiens.

2. Meningkatkan Kecepatan Respons dan Kepuasan Pelanggan

Melalui direct messaging, Anda dapat merespons pertanyaan, keluhan, atau kebutuhan pelanggan dengan cepat. 

Komunikasi real time seperti ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga menunjukkan komitmen Anda untuk memberikan layanan terbaik.

Pada akhirnya, pelanggan yang puas dengan layanan dari suatu brand akan dengan senang hati merekomendasikan brand Anda kepada lebih banyak orang.

3. Memanfaatkan Platform yang Digunakan Pelanggan Sehari-Hari

Banyak pelanggan lebih sering menggunakan aplikasi media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau WhatsApp dalam keseharian.

Nah, kalau Anda bisa memaksimalkan penggunaan DM, maka Anda dapat lebih aktif menjangkau pelanggan di tempat mereka menghabiskan waktu. 

Hal ini membuat brand Anda jadi lebih  relevan dan mudah dijangkau oleh pelanggan.

4. Personalisasi Pesan untuk Meningkatkan Engagement

Direct messaging memungkinkan Anda mengirim pesan yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, atau perilaku pelanggan. 

Tinggal pastikan saja pesan yang Anda kirimkan kepada mereka relevan, menarik, dan lebih personal, sehingga meningkatkan kemungkinan interaksi positif, baik berupa balasan, klik, maupun pembelian.

5. Menciptakan Pengalaman Eksklusif bagi Pelanggan

Menggunakan direct messaging juga bisa lho untuk memberikan penawaran spesial, diskon, atau akses eksklusif kepada pelanggan.

Pelanggan yang merasa mendapatkan perlakuan istimewa akan lebih menghargai brand Anda dan cenderung lebih sering berinteraksi. 

Strategi ini efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat hubungan jangka panjang.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing melibatkan pengiriman newsletter atau pesan promosi kepada daftar pelanggan, yang memungkinkan Anda menjangkau audiens secara luas, sekaligus memastikan biaya promosi yang dikeluarkan tetap rendah.

Manfaat Email Marketing

Email pertama kali digunakan untuk pemasaran pada tahun 1978 dan menghasilkan keuntungan $13 juta. 

Meskipun beberapa tahun terakhir bergaung kalau strategi email marketing sudah mati, namun pada akhirnya semua praktisi digital marketing tetap mengakui kalau email tetap menjadi channel marketing yang sangat efektif. 

Alasannya karena beberapa manfaat email marketing berikut ini:

1. Meningkatkan Brand Awareness dan Loyalitas Pelanggan

Email marketing memungkinkan bisnis berkomunikasi langsung dengan pelanggan, memberikan informasi berguna, penawaran eksklusif, atau konten khusus. 

Pendekatan ini membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand.

2. Efisiensi Biaya dalam Strategi Pemasaran

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan cetak atau televisi, email marketing menawarkan solusi yang lebih hemat biaya. 

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi email marketing untuk email blast dengan biaya rendah, namun tetap bisa menjangkau audiens yang luas tanpa mengorbankan efektivitas kampanye.

3. Personalisasi Pesan untuk Meningkatkan Keterlibatan

Memanfaatkan email marketing memungkinkan Anda mengirimkan pesan yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi dan perilaku pelanggan. 

Tentunya harus didukung juga dengan konten yang relevan dengan kebutuhan, keinginan, dan preferensi audiens ya, sehingga bisa sekaligus meningkatkan tingkat keterlibatan dan konversi.

4. Kemampuan Melacak dan Menganalisis Kinerja Campaign

Salah satu keunggulan utama email marketing adalah kemampuannya untuk melacak hasil campaign secara akurat. 

Hal ini karena sudah tersedia alat analitik canggih yang dapat membantu Anda memahami efektivitas kampanye, sehingga bisa melakukan penyesuaian strategi berdasarkan data yang diperoleh.

5. Meningkatkan Penjualan melalui Strategi Up Selling dan Cross Selling

Efektivitas email marketing sangat tinggi dalam mendorong peningkatan penjualan tambahan dengan menawarkan produk atau layanan terkait kepada pelanggan yang sudah ada. 

Strategi ini tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga memperkaya pengalaman pelanggan karena tersedianya rekomendasi yang relevan.

Cara Email Marketing dan Direct Messaging Bekerja Sama

Nah, Anda sudah melihat ada banyak manfaat email marketing dan direct messaging

Meskipun kedua metode ini mungkin terlihat berbeda, mereka memiliki misi yang sama, yaitu membuat Anda lebih terhubung dengan pelanggan potensial secara personal sehingga membuka peluang terjadinya lebih banyak konversi.

Pertanyaannya sekarang, apa yang terjadi kalau Anda bisa menggabungkan keduanya dalam strategi pemasaran? 

Pastinya hasilnya akan bisa mengubah banyak hal, termasuk perspektif Anda dalam merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran dan tinggi konversi.

Contohnya, Anda mengirimkan newsletter seakan sedang mengobrol santai dengan pelanggan. Dalam obrolan tersebut, Anda membocorkan rahasia produk atau layanan terbaru dan terbaik yang sudah tersedia di bisnis Anda. Lalu, di akhir newsletter, Anda sertakan ajakan, “Ikuti kami di media sosial.”

Pada saat inilah sihir bisa terjadi. Begitu pelanggan mengklik tombol IKUTI, dunia baru terbuka, dan Anda mendapatkan kemampuan untuk menjadi lebih dekat dan personal.

Anda bisa memanfaatkan cara ini dengan lebih optimal kalau memahami kepribadian target audiens, siapa mereka, dan apa yang mereka lakukan.

Pada prinsipnya, semakin produk dan layanan bisnis Anda lebih hyper personalized dan bermanfaat bagi konsumen, mereka tidak akan segan dan ragu untuk menjadi pelanggan setia bisnis Anda.


Ingin mulai mencoba strategi email marketing terlebih dahulu? Coba cek Situs Download Template Email Marketing Berkualitas ini agar Anda bisa langsung menjalankan strateginya.

Sementara jika masih ingin berdiskusi dengan tim Redcomm dari digital marketing agency Indonesia yang 7x berturut-turut meraih gelar Agency of the Year, langsung hubungi di Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER