knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Endorsement: Strategi Promosi yang Menjanjikan untuk Bisnis

15 Feb  · 
3 min read
 · 
eye 87  
Digital Marketing

Endorsement Adalah

Strategi promosi dan pemasaran terus berkembang pesat seiring tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat. Salah satu strategi yang semakin populer akhir-akhir ini adalah endorsement.

Menggunakan strategi endorsement dipercaya sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas merek dan menarik perhatian konsumen melalui public figure, seperti selebriti, influencer, blogger, Key Opinion Leader (KOL), atau lainnya.

Untuk lebih jelasnya, simak yuk penjelasan lengkap mengenai endorsement, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, manfaatnya bagi bisnis, hingga kenapa strategi ini efektif.

Pengertian Endorsement

Mengutip The Economic Times, endorsement adalah strategi iklan yang melibatkan tokoh terkenal untuk mempromosikan produk atau layanan. 

Dengan jutaan penggemar, nama dan citra endorser diharapkan dapat membangun kepercayaan serta mempengaruhi konsumen untuk membeli.

Strategi ini sebenarnya bukan hal baru. Jauh sebelum era digital, banyak brand sudah menggunakan endorsement untuk meningkatkan daya tarik produk maupun bisnis mereka. 

Pada tahun 1700-an, produsen porselen halus Wedgwood menggunakan dukungan dari keluarga kerajaan untuk memperkuat citra perusahaan dan mempromosikan produknya.

Kemudian, pada tahun 1882, sosialita London sekaligus aktris panggung, Lillie Langtry, menjadi bintang iklan untuk Pears Soap. Ini menjadikannya selebriti pertama yang mendukung produk komersial.

Hanya saja, di era digital seperti sekarang, media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube membuat praktik endorsement semakin masif karena sangat mudah untuk dilakukan.

Bahkan banyak juga dari kalangan orang biasa yang menjadi endorser karena brand menganggap media sosial mereka memenuhi syarat untuk mempromosikan produk.

Kenapa Endorsement Efektif untuk Meningkatkan Penjualan?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka Anda perlu tahu mengenai peran social proof.

Secara psikologis, manusia memiliki kecenderungan social proof, yaitu lebih mempercayai sesuatu jika banyak orang, terutama public figure, membicarakannya. 

Ketika seorang public figure merekomendasikan suatu produk atau jasa, audiens mereka lebih cenderung mempertimbangkan untuk mencobanya.

Misalnya pada tahun 1984, kampanye Nike dengan Michael Jordan, pebasket Amerika, berhasil mempromosi sepatu kets Air Jordan hingga menjadi ikon dalam industri sepatu. 

Sementara di era media sosial seperti sekarang, Anda bisa melihat bagaimana Selena Gomez dengan pengaruhnya mampu menjadikan Rare Beauty sebagai salah satu brand kecantikan paling populer hanya dalam hitungan tahun.

Jenis-Jenis Endorsement

Sebelum menggunakan endorsement sebagai strategi promosi dan pemasaran, sebaiknya Anda memahami dulu berbagai jenis endorsement, yaitu:

1. Paid Endorsement

Paid endorsement adalah jenis endorsement di mana Anda sebagai pihak brand perlu membayar sejumlah uang kepada  public figure untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. 

Karena sifatnya berbayar, jenis ini biasanya dilengkapi dengan kontrak resmi yang mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Ada beberapa keuntungan dari paid endorsement, seperti:

  • Anda sebagai pihak brand akan memiliki kendali penuh atas pesan pemasaran yang ingin Anda sampaikan, mulai dari konsep hingga format kontennya. 
  • Selain itu, Anda bisa memilih influencer atau KOL yang akan bekerja sama dengan Anda sesuai dengan target pasar.

Namun, strategi ini juga memiliki tantangan. Kalau salah strategi, maka hasil yang Anda dapatkan sangat jauh dari harapan, bahkan bisa menyebabkan kerugian kalau dibandingkan dengan biaya yang Anda keluarkan.

Oleh karena itu, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia yang memiliki divisi KOL management. Misalnya bekerja sama dengan Redcomm Group dengan menghubungi Kontak Redcomm.

Pengalaman lebih dari 20 tahun dan telah menyelenggarakan lebih dari 1000+ campaign digital, jelas memudahkan tim Redcomm dalam menyusun strategi endorsement yang lebih tepat sasaran untuk bisnis Anda.

2. Unpaid/Barter Endorsement

Unpaid endorsement atau barter endorsement terjadi ketika public figure mengulas suatu produk tanpa menerima pembayaran dalam bentuk uang. 

Sebaliknya, mereka biasanya mendapatkan produk secara gratis atau menerima manfaat lain, seperti pengalaman eksklusif.

Bisnis kecil atau startup sering memanfaatkan jenis endorsement ini untuk meningkatkan eksposur tanpa harus mengeluarkan biaya besar. 

Namun, keberhasilannya sangat bergantung pada cara public figure menyampaikan ulasannya dan seberapa autentik kesan yang mereka berikan.

7 Manfaat Endorsement bagi Bisnis

Endorsement bukan sekadar alat untuk meningkatkan popularitas suatu produk, tetapi juga memiliki berbagai manfaat penting bagi bisnis. 

Mulai dari memperkuat brand awareness hingga mendorong peningkatan penjualan. Lebih lanjutnya, berikut manfaat endorsement bagi bisnis:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Bayangkan jika produk Anda direkomendasikan oleh seorang influencer atau selebriti dengan jutaan penggemar atau pengikut. Dalam sekejap, ribuan hingga jutaan orang bisa mengenal produk Anda, kan?

Semakin banyak orang yang mengenal produk Anda, semakin tinggi pula brand awareness yang tercipta. Ini sangat penting, terutama bagi brand baru yang ingin memperluas jangkauan dan memperkenalkan produk dan layanan bisnis ke pasar yang lebih luas.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Endorsement menjadi strategi promosi yang efektif karena public figure memiliki pengaruh besar dalam membangun kepercayaan konsumen. 

Secara psikologis, konsumen cenderung lebih mempercayai rekomendasi dari tokoh yang mereka kagumi atau ikuti di media sosial dibandingkan dengan promosi langsung dari brand.

Ketika seorang public figure secara jujur ​​merekomendasikan produk, pesan yang mereka sampaikan terasa lebih personal, natural, dan autentik.

 Hal ini tidak hanya menarik perhatian audiens, tetapi juga memperkuat kepercayaan mereka terhadap produk tersebut.

3. Memperluas Jangkauan Pasar

Endorsement memungkinkan bisnis menjangkau target audiens yang lebih luas, termasuk pasar yang sebelumnya sulit dijangkau. 

Misalnya, jika Anda ingin menembus pasar Gen Z, bekerja sama dengan influencer yang memiliki banyak pengikut dari generasi tersebut bisa menjadi strategi yang efektif.

4. Menciptakan Keunggulan Merek

Dengan endorsement yang tepat, bisnis dapat menciptakan keunggulan kompetitif di pasaran dan dapat memperkuat reputasi online

Ketika public figure merekomendasikan sebuah produk, produk tersebut pastinya akan lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing yang tidak menggunakan strategi serupa. 

Selain Itu, strategi ini juga membantu brand membangun citra yang lebih eksklusif dan kredibel.

5. Biaya Pemasaran Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan televisi atau billboard, endorsement sering kali lebih hemat biaya dan memberikan hasil yang lebih terukur. 

Bahkan, dalam beberapa kasus, brand bisa mendapatkan eksposur yang besar dengan hanya memberikan produk secara gratis kepada public figure.

6. Mendapatkan Konten Marketing yang Unik dan Menarik

Konten yang dibuat oleh public figure sering kali lebih unik dibandingkan dengan iklan konvensional, sehingga membantu brand menciptakan materi promosi yang lebih menarik dan relevan bagi target pasar. 

Di saat yang sama, Anda sebagai pemilik brand dapat memaksimalkan konten endorsement dengan mendistribusikannya di berbagai saluran pemasaran yang Anda miliki.

7. Meningkatkan Angka Penjualan & Keuntungan Bisnis

Endorsement dari public figure bisa berdampak besar pada penjualan. Contohnya, BTS Meal dari McDonald's yang dirilis pada Mei 2021. 

Hanya dengan branding BTS, menu ini langsung viral tanpa perlu kampanye besar-besaran. Antusiasme ARMY membuat penjualan melonjak dan antrean panjang di berbagai gerai


Endorsement adalah strategi pemasaran yang sangat menjanjikan, terutama di era digital seperti saat ini. Sedang mempertimbangkan jenis endorsement yang tepat dan mau menggandeng influencer sesuai target market? Jangan segan untuk berkonsultasi dulu dengan digital marketing agency Jakarta tepercaya ya.


Referensi:

  • Aristyawati, Via. Psikologi Pemasaran di Era 5.0: Menggabungkan Social Proof dan Placebo Effect dalam Strategi Marketing. www.populix.co. Diakses tanggal 13 Februari 2025.
  • Badenhausen, Kurt. Michael Jordan Has Made Over $1 Billion From Nike — The Biggest Endorsement Bargain In Sports. www.forbes.com. Diakses tanggal 13 Februari 2025.
  • Mutiah, Dinny. Selamat, Selena Gomez Resmi Jadi Miliuner Berkat Bisnis Kosmetik Rare Beauty. www.liputan6.com. Diakses tanggal 14 Februari 2025.
  • Wikipedia. Celebrity branding. www.wikiwand.com. Diakses pada 15 Februari 2025.
SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER