1. Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaan Merek
Masyarakat akan menyadari kehadiran sebuah brand apabila brand tersebut bisa menanamkan hal unik yang bisa konsumen ingat dengan baik.
Dalam hal ini, bisa melalui penggunaan logo, nama, simbol, dan sebagainya. Setelahnya, coba buat iklan promosi yang unik, berkesan, dan membuat konsumen selalu ingat akan merek Anda.
Semakin konsumen mengingat merek, maka hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek Anda. Malah efek positifnya, konsumen pergi ke mana pun akan lebih memilih merek Anda dibandingkan merek kompetitor.
2. Berguna untuk Menarik Pelanggan Baru
Jika branding mampu meninggalkan kesan yang baik dan mendalam, bisa jadi akan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru.
Apalagi kalau produk dengan merek Anda tadi memang memiliki kualitas yang bagus dan bisa memenuhi apa yang diinginkan konsumen.
Ingat hukum pemasaran yang menyebutkan bahwa satu konsumen yang puas dengan merek atau produk Anda, akan mengajak 10 orang temannya untuk menggunakan produk dari merek yang sama. Promosi dari mulut ke mulut seperti ini masih berlaku hingga zaman sekarang.
3. Meningkatkan Nilai Jual
Branding yang bagus akan meningkatkan brand awareness. Jika peningkatan tersebut didukung dengan kualitas produk serta layanan yang sangat baik, konsumen akan tetap membeli dan menggunakan produk Anda bahkan saat Anda menaikkan harganya.
Ada banyak cara meningkatkan nilai jual, misalnya dengan packaging yang unik, penjualan dengan sistem bundling, atau banyaknya dukungan review positif dari pelanggan setia yang telah puas dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.
4. Sebagai Bentuk Kepercayaan
Membangun branding yang benar dan profesional tentu bisa mendongkrak banyak sekali kepercayaan yang datang, entah dari sisi konsumen maupun investor.
Oleh karena itu, susun dan bangunlah branding dengan menekankan pada expertise dalam bidang tertentu.
Semoga setelah memahami pengertian brand awareness dan manfaatnya bagi pemilik usaha ini, Anda bisa mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan branding yang tepat sasaran dan terukur. Misalnya dengan menerapkan 5 Tips Membangun Brand Awareness Agar Produk Makin Terkenal.