knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Begini Cara Kerja ORM yang Penting untuk Anda Ketahui

30 Oct  · 
3 min read
 · 
eye 7.806  
Digital Marketing

Cara Kerja Orm

Sebagai bagian dari masyarakat yang hidup di era digital, Anda pasti sudah melihat dengan jelas bahwa perkembangan teknologi semakin pesat dan penetrasi internet mengubah banyak sisi kehidupan. 

Tidak saja di dunia kerja, masalah kebiasaan berbelanja pun ikut berubah. Saat ini, keputusan pembeli atas suatu produk sangat dipengaruhi bagaimana internet berbicara. 

Maksudnya, media sosial dan Google sering kali dijadikan sebagai acuan, apakah produk yang hendak dibeli itu layak atau tidak? 

Di sinilah pentingnya memahami cara kerja online reputation management (ORM). Simak pengertian ORM dan cara kerjanya dalam penjelasan dari tim digital marketing agency Jakarta di bawah ini.

Pengertian Online Reputation Management (ORM) 

Online reputation management (ORM) menjadi hal yang sangat penting untuk mulai Anda perhatikan, terutama jika Anda menjalankan bisnis. 

Di era sekarang ini, orang-orang cenderung menghindari produk atau layanan yang memiliki track record buruk. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah membangun online reputation management bisnis Anda dengan baik di internet. 

Kalau kembali diperjelas, maka pengertian ORM adalah berbagai upaya yang brand lakukan demi membangun dan menjaga citra suatu perusahaan dan bisnis di media online, baik itu di Google, Facebook, Instagram, Twitter, portal berita, maupun platform lainnya yang ada di dunia digital.

Cara Kerja Online Reputation Management di Berbagai Media

Anda bisa menerapkan Online Reputation Management (ORM) di mana saja dan kapan saja, tergantung media mana yang Anda gunakan untuk menjangkau audiens. 

Berikut cara kerja ORM di berbagai media:

1. Blog

Blog merupakan salah satu media paling ideal untuk mulai membangun reputasi bisnis Anda di internet. Mulailah dengan memperkenalkan diri Anda sebagai seseorang yang ahli atau memiliki otoritas di bidang tertentu. 

Anda juga bisa menyebutkan bisnis apa saja yang dimiliki dan bagaimana Anda menjalankannya.

Caranya, Anda bisa memposting artikel-artikel menarik secara konsisten mengenai diri Anda atau segala sesuatu yang berkaitan dengan diri Anda. Melakukan posting secara rutin bisa dua kali seminggu atau atur sesuai jadwal Anda. 

Andaipun Anda sangat sibuk sehingga tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan dari jasa digital marketing agency Jakarta yang akan menghubungkan Anda dengan para konten kreator maupun blogger sesuai bisnis Anda. 

Ingat, yang perlu Anda lakukan adalah posting artikel yang berkaitan dengan: 

  • Siapa diri Anda sebagai pemilik brand untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis.
  • Apa produk bisnis yang Anda pasarkan dan bagaimana produk tersebut bisa membantu banyak orang?
  • Layanan bisnis apa saja yang Anda miliki?

Sebagai contoh, jika bisnis Anda adalah produk kesehatan, maka posting semua hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Termasuk bagaimana produk Anda bisa membantu orang lain menjaga daya tahan tubuh, benefit, cara mengkonsumsi produk, dan sebagainya. 

Jika memungkinkan, buatlah dalam bentuk artikel evergreen yang topik bahasannya akan terus dicari orang. 

Dengan cara ini, Anda tak hanya mempromosikan bisnis, tetapi Anda pun akan dikenal sebagai ahli di bidang produk kesehatan.

2. YouTube

YouTube menjadi platform yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkenalkan bisnis dalam bentuk video. 

Jangan sampai bisnis Anda ketinggalan, karena YouTube sangat bagus dalam membangun sekaligus meningkatkan reputasi online

Apalagi orang-orang lebih menyukai video daripada teks, khususnya video pendek yang langsung to the point.

Melalui konten di YouTube, Anda bisa memperkenalkan kepada audiens, bagaimana proses pembuatan produk, pekerjaan hebat di perusahaan, daftar produk yang dijual, sampai testimoni konsumen. 

Seiring berjalannya waktu, bisnis atau layanan Anda tentu saja akan mendapatkan kepercayaan dari banyak orang.

3. Instagram Reels

Selain YouTube, saat ini Anda juga bisa menayangkan promosi bisnis dalam bentuk video yang interaktif dengan memanfaatkan fitur Instagram Reels.

Berdasarkan hasil survei firma Morgan Stanley yang dirilis Tekno Kompas menyebutkan kalau pengguna Instagram di Indonesia sudah mencapai 90,183,200 juta pengguna pada Juli 2024.

Dari jumlah tersebut, 37%-nya menggunakan Instagram Reels setiap hari, sementara 78% pengguna berinteraksi dengan konten-konten video di Reels setiap bulannya.

Inilah yang membuat Instagram Reels memiliki peluang besar untuk Anda manfaatkan sebagai media promosi bisnis dalam bentuk video. Termasuk untuk menerapkan Online Reputation Management (ORM) demi reputasi bisnis yang baik.

Catatan penting ketika Anda menggunakan Reels untuk promosi, pastikan Anda juga memaksimalkan pengguna fitur Instagram Reels terbaru ya. Tujuannya tentu saja agar postingan video promosi Anda bisa muncul di Instagram Explore.

4. Website

Tidak seperti blog yang digunakan untuk mempublikasikan artikel, website lebih cocok sebagai halaman profil perusahaan, halaman produk, atau untuk menampilkan landing page

Di website, Anda bisa menyertakan berbagai informasi mengenai bisnis Anda dalam bentuk video, foto, salinan produk, infografis, dan berbagai informasi menarik seputar layanan perusahaan.

Agar hasilnya maksimal, penting menggunakan jasa SEO supaya website perusahaan Anda tampil di posisi pertama Google. 

Sebab, cara kerja online reputation management melalui website adalah membangun citra positif di mesin pencari.

Setiap ada orang yang mengetikkan nama brand atau layanan Anda di Google, pastikan yang muncul di posisi satu adalah website resmi milik Anda. Otomatis, kesan pertama yang diterima oleh calon konsumen adalah nilai-nilai positif.

5. Sosial Media Lainnya

Media sosial berpengaruh besar atas reputasi bisnis Anda di dunia online. Hal ini dikarenakan, ada jutaan pengguna yang berkunjung dan “bermain” media sosial. 

Mereka saling berinteraksi, berkomentar, dan saling mempengaruhi, meski kadang satu sama lainnya tidak saling mengenal dengan baik di dunia nyata. 

Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, LinkedIn, dan media sosial lainnya, bisa meningkatkan reputasi bisnis secara drastis, seiring banyaknya ulasan positif dari pengguna. 

Di sisi lain, ulasan negatif juga bisa mempengaruhi citra bisnis secara signifikan dan menciptakan kehancuran. Maka Anda perlu paham cara menanggapi ulasan negatif konsumen dengan tepat

Dengan pola seperti ini, ada beberapa langkah tepat untuk membangun reputasi baik, yaitu:

  • Aktif membagikan konten. 
  • Berinteraksi dengan konsumen. 
  • Rutin mengadakan event mengenai pengalaman positif konsumen selama menggunakan produk.

Hal yang perlu dipahami, tidak semua orang menyukai produk atau layanan Anda. Pasti dari sekian banyak orang yang puas dengan produk Anda, akan selalu ada komentar negatif. 

Nah, untuk menanggapinya, silakan beri respons positif. Strategi ini bertujuan untuk membangun citra bisnis sebagai layanan profesional, yang mau mendengar apa pun masukan yang diberikan oleh pelanggan, baik yang positif maupun yang negatif. 

Ketika berhasil membangun citra yang baik, maka orang akan mudah memilih brand Anda. Tentunya hal tersebut akan menjadi sebuah keuntungan bagi Anda. 

Apalagi, jika nantinya Anda akan memperluas jangkauan konsumen atau meluncurkan produk baru, reputasi yang baik di dunia online bisa memudahkan pengembangan bisnis menjadi lebih besar. 

Itulah sedikit penjelasan tentang Online Reputation Management dan cara kerja ORM di berbagai media. Kalau Anda masih ragu dan butuh alasan lain kenapa ORM penting, mending baca lagi artikel selanjutnya yang berjudul Alasan Bisnis Membutuhkan Online Reputation Management.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER