Pernahkah Anda melihat tulisan ads atau iklan pada hasil pencarian paling atas di mesin pencarian Google? Jika pernah melihatnya, itulah salah satu digital marketing strategy yang sudah banyak diterapkan oleh para pebisnis di masa sekarang. Model iklan seperti ini dikenal dengan nama Pay Per Click (PPC). Nah, perlukah bisnis menggunakan PPC? Apa manfaatnya? 

 

Pengertian Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC) adalah istilah iklan berbayar di mana pemasang iklan membayar biaya advertising kepada penyedia jasa iklan untuk setiap klik pada iklan. Maksudnya, setiap kali iklan Anda mendapat klik, yang mengarahkan pengunjung ke situs web atau landing page Anda, maka Anda harus membayar biaya iklan kepada penyedia jasa iklan. Itulah mengapa disebut “bayar setiap klik” atau dikenal dengan nama Cost Per Click (CPC).

 

Ketika iklan PPC dirancang dengan baik dan berjalan lancar, biaya yang dikeluarkan untuk iklan jadi minimal. Kunjungan yang datang jadi lebih berharga bagi bisnis Anda daripada apa yang Anda bayarkan kepada penyedia jasa. Misalnya, Anda membayar Rp10.000,- untuk satu klik, dan klik itu menghasilkan penjualan Rp3.000.000,- maka biaya menggunakan PPC tidak perlu dipikirkan lagi.

 

 

Macam-macam Iklan PPC

  1. Google Ads

Google ads dapat tampil di bagian atas halaman penelusuran, di samping, atau di bawah halaman dan ditandai dengan logo “Ad”. Jenis ads ini merupakan salah satu yang paling populer, baik untuk bisnis kecil atau bisnis besar. Dengan volume pencarian yang tertarget di Google, Anda akan lebih mudah menemukan pembeli Anda.

 

  1. Display Ads

Display ads adalah iklan dalam bentuk gambar maupun teks. Menggunakan jenis iklan display ini akan membuat iklan Anda dapat tampil di semua website yang menjadi rekanan Google. Hanya saja, Anda perlu kemampuan tersendiri untuk menentukan target audiens dari iklan Anda agar internet marketing strategies menjadi lebih optimal. Selain untuk menciptakan konversi dan meningkatkan penjualan, Anda juga dapat meningkatkan brand awareness untuk perusahaan Anda di seluruh web dalam format visual yang menarik.

 

 

  1. Remarketing

Pernah mengunjungi beberapa situs web yang kembali menampilkan iklan yang sama? Lalu ketika Anda mengunjungi website lain yang serupa, iklan tadi bisa saja muncul lagi. Jika pernah mengalami hal ini, artinya Anda menjadi target remarketing dari iklan tersebut. Remarketing adalah metode PPC yang sangat efektif karena mampu menarget ulang orang-orang yang telah mengunjungi situs web bisnis Anda.

 

  1. Social Media Ads

Iklan media sosial adalah salah satu jenis iklan berbayar yang paling populer di tahun 2020. Iklan ini muncul di berbagai platform media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, LinkedIn. Iklan media sosial menawarkan penargetan orang berdasarkan lokasi, demografi, minat, perilaku, pendidikan, dan masih banyak kategori lainnya yang bisa Anda pilih. 

 

Intinya, ketika proses pemasangan iklan, Anda bisa melakukan pengaturan pada platform iklan yang tersedia dan memilih sendiri target iklan Anda. Itulah sebabnya, banyak perusahaan senang menggunakan media sosial untuk menjangkau prospek secara lebih luas dan beragam.

 

Apakah Bisnis Perlu PPC?

  1. Target Pengunjung Lebih Tepat

Layanan ini dapat mengatur penargetan orang berdasarkan kriteria yang Anda pilih untuk mengunjungi situs web. Anda dapat terhubung dengan pelanggan yang secara aktif mencari produk dan layanan bisnis milik Anda. Melalui iklan tersebut, Anda memberikan respons kebutuhan mereka dengan memberikan penawaran yang sesuai dengan pencarian mereka.

 

 

  1. Biaya Terkontrol

Iklan online Pay Per Click memungkinkan Anda mengatur biaya untuk pemasangan iklan, mulai dari nominal kecil sampai nominal sangat besar, tergantung kebutuhan Anda. Melakukan promosi digital menggunakan PPC menjadi solusi agar bisnis Anda tidak over budget.

 

  1. Hasil Cepat Terlihat

Penggunaan iklan berbayar menghasilkan kunjungan situs web atau media sosial lebih cepat daripada menggunakan tips SEO organik yang gratis. Seperti penjelasan sebelumnya, iklan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengunjung yang tepat sasaran sesuai penargetan yang telah diatur berdasarkan kriteria.

 

  1. Pendukung SEO

SEO perlu waktu yang cukup lama untuk meningkatkan traffic secara organik. Menggunakan iklan berbayar dapat membantu situs web Anda menempati posisi teratas di mesin pencari selama Anda bersedia membayar layanan ads ini.

 

Perlunya riset keyword untuk SEO juga dapat didukung oleh iklan berbayar karena Anda jadi mengetahui keyword mana yang berperan untuk menghasilkan banyak pengunjung dan mengembangkan strategi untuk memperoleh traffic yang lebih baik.

 

Jika membutuhkan diskusi lebih lanjut mengenai penerapan Pay Per Click (PPC) dan alasan mengapa para pebisnis perlu menggunakannya, Anda bisa menghubungi Redcomm digital agency Indonesia yang sudah berpengalaman dalam mengelola iklan berbayar yang lebih efisien.