knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7+ Tips Memanfaatkan Google My Business dalam Strategi Digital Marketing

06 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 5.389  
Digital Marketing

Strategi Google My Business

Ketika membahas cara mengembangkan bisnis lokal, maka tak bisa melupakan keberadaan Google My Business dan penerapan strategi digital marketing karena keduanya memiliki kaitan yang erat. Cari tahu cara memanfaatkan Google My Business di artikel ini, yuk.

Pengertian Google My Business

Google my business adalah platform yang memungkinkan Anda mengirim seluruh informasi tentang bisnis lokal dan mengelola berbagai fitur interaktif, seperti pertanyaan dan ulasan.

Selain itu, Anda juga bisa menginformasikan kepada pelanggan mengenai lokasi usaha di GMB yang terhubung langsung dengan Google maps, sekaligus dapat digunakan untuk mempublikasikan berbagai media yang berhubungan dengan bisnis Anda. 

Itulah mengapa promosi dengan Google My Business sangat diminati oleh pebisnis.

7+ Cara Mengoptimalkan Google My Business dalam Strategi Digital Marketing

Jika ingin mengembangkan usaha dengan memanfaatkan Google my business, Anda perlu memahami cara kerja dan berbagai fitur di dalamnya. 

Sementara untuk manfaatnya, bisa Anda baca pada bahasan tentang manfaat Google my business untuk promosi lokasi usaha.

Jadi, bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan GMB untuk pengembangan bisnis? Ikuti tujuh langkah berikut ini untuk segera memulai!

1. Model Bisnis Jelas

Tentukan model bisnis Anda. Apakah termasuk dalam brick and mortar, service area business, home-based business, atau hybrid

Jika butuh bantuan, Anda bisa mencarinya dengan membaca panduan di Google.

2. Aturan Kelayakan Google My Business

Setelah menentukan model bisnis yang sesuai, tentukan juga kelayakan Google my business Anda. 

Caranya, Anda harus sudah terlebih dahulu mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam panduan Google untuk mewakili bisnis yang Anda jalankan.

3. Data Akurat

Jangan membuat profil Google my business terlebih dahulu, sebelum memulainya dengan data standar yang ditentukan oleh pihak terkait. 

Anda perlu memeriksa ulang seluruh data secara akurat dan jelas. Hal ini akan mempermudah promosi selanjutnya menggunakan GMB.

4. Verifikasi Profil

Setelah memastikan data yang perlu dipenuhi dan siap menggunakannya, Anda dapat membuat dan melakukan verifikasi profil di setiap lokasi cabang usaha Anda sesuai model bisnis yang sudah ditentukan. 

Bisa saja Anda memenuhi syarat untuk menambahkan daftar produk bisnis dalam satu lokasi yang sama. 

Contohnya, beberapa dealer mobil ada yang diizinkan menambahkan daftar mobil dalam showroom mereka. 

Hal paling penting, Anda perlu memastikan sudah mengikuti aturan yang tercantum dalam panduan yang telah ditetapkan Google my business ya. 

Selain itu, Anda diwajibkan memberikan informasi berkualitas tinggi, akurat, dan selengkap mungkin ketika membuat profil bisnis.

Tips Mengelola Google My Business

Setelah profil Google my business Anda tayang, saatnya untuk mengelola bisnis secara berkesinambungan. 

Adapun tugas manajemen yang perlu dilakukan selanjutnya dalam mengelola GMB, antara lain:

1. Analisis Kategori Usaha

Melakukan analisis terhadap kategori bisnis yang dipilih untuk memastikan Anda tidak salah memilih. 

Analisis kategori dimaksudkan untuk mengetahui kategori yang baru muncul, yang bisa jadi lebih sesuai untuk bisnis Anda. 

2. Foto Profil

Anda perlu mengunggah foto berkualitas tinggi yang menunjukkan layanan, inventaris, tempat, dan sebagainya.

3. Responsif Menanggapi Ulasan

Tanggapi semua ulasan yang didapat sebagai komponen inti kebijakan layanan terhadap pelanggan yang Anda miliki.

4. Unggah Konten di Google Post

Berkomitmen dengan jadwal unggahan Anda di Google posts

Anda dapat mengunggah konten dengan style mikroblog untuk meningkatkan kesadaran terhadap produk, layanan bisnis, acara, dan berbagai informasi seputar bisnis Anda. 

Hal ini berpotensi membantu pengembangan usaha menggunakan bisnis lokal Google.

5. Isi FAQ

Isilah FAQ Google dengan sejumlah pertanyaan yang paling banyak diajukan tentang bisnis Anda. 

Sertakan pula jawaban yang paling bijak dan mencerminkan citra bisnis yang ingin Anda tampilkan kepada para pelanggan.

6. Konten Video

Anda dapat menambahkan konten video ke daftar yang Anda miliki. 

Banyak sekali brand yang memiliki anggaran terbatas, ternyata mampu menampilkan video keren dengan menggunakan fitur Google my business

7. Update Informasi Berkala

Selalu berkomitmen memperbarui informasi dasar yang Anda miliki, termasuk perubahan kecil, seperti daftar kontak, jam khusus untuk hari libur, dan sebagainya. 

8. Manfaatkan Fitur yang Tersedia

Cari tahu dan manfaatkan berbagai fitur tambahan yang relevan dengan model bisnis Anda. Contohnya, menu barang dan jasa, daftar produk, dan sebagainya. 

9. Analisis Performa

Lakukan analisis tentang performa bisnis dengan selalu memantaunya di dashboard Google my business

Tips lain untuk memudahkan proses analisis, Anda bisa menambahkan tag UTM misalnya, untuk melacak bagaimana audiens berinteraksi dengan listingan yang Anda munculkan. 

Sampai di sini, promosi dengan Google my business ternyata sangat mudah, bukan?

Pastikan Anda tidak berhenti sampai di sini saja. Ilmu yang berkelanjutan adalah kunci sukses memanfaatkan Google my business dan penerapan strategi digital marketing

Google akan selalu meluncurkan fitur baru, mengubah platform, dan menyesuaikan beberapa poin pemberian peringkat untuk area lokal yang berbeda. 

Jangan lupa, ikuti perkembangan informasi terkait bisnis digital dan update terbaru mengenai cara kerja Google secara keseluruhan, serta optimalkan penggunaan Fitur Penting di Google My Business untuk Promosi Bisnis.

Anda juga dapat mengikuti survei industri di tingkat profesional maupun amatir untuk mengevaluasi faktor apa saja yang bisa meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan maksimal bisnis.

Apa Itu Redcomm Indonesia? 

Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta atau salah satu digital agency Indonesia, seperti RedComm Indonesia, untuk implementasi Google My Business

Untuk diketahui, RedComm adalah digital marketing agency Indonesia yang telah membantu banyak brand untuk mengembangkan usaha dan melakukan digital marketing strategist tepat sasaran. 

Ingat, dunia bisnis terus bergerak dan mengalami perubahan. Anda perlu rajin mempelajari kondisi pasar lokal yang sangat kompetitif, mengingat ada banyak pesaing yang juga terus meningkatkan visibilitas bisnis mereka di mesin pencari Google.. 

Para pelanggan setia bisa saja menemukan bisnis baru yang berbeda pada saat melakukan pencarian di Google. 

Jangan hanya terjebak dengan hasrat menempati posisi nomor satu. Anda harus belajar mengidentifikasi pola bagaimana yang akan membuat bisnis Anda lebih unggul. 

Siap memanfaatkan Google My Business dalam strategi digital marketing? Selamat mempraktikkan!

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER