Google My Business merupakan sebuah tools pada Google yang diluncurkan untuk mempermudah calon pelanggan mengetahui informasi bisnis Anda. Beberapa informasi yang akan ditampilkan tools ini mencakup, nama bisnis, alamat / lokasi usaha, alamat email, jam operasional, nomor telepon perusahaan, website, foto kantor, hingga review pelanggan. Memaksimalkan manfaat Google My Business untuk promosi lokasi usaha sangat bagus sebagai salah satu strategi digital marketing yang bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan. 

 

Pengertian Google My Business

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Google My Business, atau dikenal juga dengan nama Google Bisnisku, akan memberikan berbagai informasi penting terkait profil perusahaan secara detail, yang nantinya akan mempermudah calon pelanggan menemukan lokasi usaha Anda. 

 

Biasanya, informasi yang dimaksudkan akan muncul di bagian atas atau samping halaman ketika seseorang mengetik nama brand Anda, lengkap dengan peta petunjuk arah. Bagi seorang pebisnis, kehadiran tools ini memberikan banyak sekali manfaat, khususnya untuk mempromosikan bisnis dengan hasil yang memuaskan. Pasalnya, Google Bisnisku memiliki strategi tepat untuk meningkatkan penjualan sekaligus memperkuat bisnis Anda.

 

 

3 Manfaat Google My Business untuk Promosi Lokasi Usaha

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan Google Bisnisku, sebagai informasi tambahan coba simak ulasan berikut ini:

 

1.    Bisnis Anda akan Dipromosikan di Google Maps

Manfaat pertama yang akan menanti Anda setelah menggunakan Google Bisnisku, Anda mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan di Google Maps. Berdasarkan data yang pernah ditayangkan The Telegraph, setidaknya ada lebih dari satu miliar populasi di dunia yang telah menggunakan Google Maps. Kebanyakan dari mereka mengakses Google Map dengan frekuensi yang cukup tinggi setiap bulan. Fakta ini pula yang melatarbelakangi Google Maps berhasil dinobatkan sebagai aplikasi pemetaan digital paling populer saat ini.

 

Untuk itu, jika Anda berhasil mendaftarkan perusahaan di Google Bisnisku, maka Google Maps juga akan mempromosikan tempat usaha Anda secara global. Dengan kata lain, calon pelanggan dari berbagai tempat semakin mudah menemukan Anda melalui data toko fisik bisnis Anda yang ada di Google Bisnisku.

 

 

2.    Kesempatan Mendapat Review tentang Bisnis

Tidak hanya mendapatkan kesempatan dipromosikan langsung oleh Google Maps, dengan menggunakan Google Bisnisku Anda juga berkesempatan mendapatkan review mengenai usaha yang Anda kembangkan dari pelanggan yang sudah melakukan transaksi atau mencoba sendiri produk dan jasa yang Anda tawarkan. 

 

Tentu saja review yang diberikan pelanggan sangat berguna, baik untuk meningkatkan brand awareness maupun untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Menariknya lagi, Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan. Caranya, cukup dengan membalas ulasan yang mereka berikan.

 

Perlu diketahui, saat ini kekuatan WOM maupun e-WOW tetap menjadi strategi marketing paling efektif dan menyumbangkan kekuatan besar dalam mempengaruhi calon pelanggan Anda. Dalam ilmu marketing sendiri, komunikasi sangat berperan dalam menentukan kesuksesan sebuah strategi pemasaran. 

 

 

3.    Meningkatkan Pengunjung Toko

Manfaat terakhir, Anda dapat meningkatkan pengunjung toko atau store offline jika ada. Fitur Google Maps sudah pasti bisa menampilkan lokasi usaha Anda dalam radius tertentu dan kata kunci yang telah ditentukan. Hal ini memudahkan Anda untuk meningkatkan kunjungan langsung ke toko Anda sekaligus membangun brand

 

Tidak hanya itu saja, Google Bisnisku menyediakan pula layanan pembuatan website secara gratis dengan prosedur yang mudah. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang belum memiliki website bisnis. 

 

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh kalau menggunakan Google Bisnisku. Untuk memaksimalkan penggunaan Google My Business dalam membangun usaha, pastikan Anda menggunakan jasa digital marketing agency terpercaya.