MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Manfaat Google My Business untuk Promosi Lokasi Usaha

20 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 35.663  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Google My Business adalah tools yang disediakan Google dan bisa Anda gunakan secara gratis untuk membuat profil bisnis sehingga konsumen mudah menemukan bisnis Anda di internet, baik di mesin pencari maupun di Google map

Beberapa informasi bisnis yang akan tampil di Google bisnisku, antara lain nama bisnis, alamat / lokasi usaha, alamat email, jam operasional, nomor telepon perusahaan, website, foto kantor, hingga review pelanggan. 

Memaksimalkan manfaat Google My Business untuk promosi lokasi usaha sangat bagus sebagai salah satu strategi digital marketing yang bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan. Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Google My Business?

Google My Business, atau dikenal juga dengan nama Google Bisnisku, adalah fitur yang Google sediakan untuk membuat profil bisnis dan menampilkan informasi penting terkait suatu bisnis atau usaha secara detail.

Jadi ketika ada pengguna internet mengetikkan nama suatu bisnis di internet, maka informasi seperti nama bisnis, jam buka, alamat, website, hingga petunjuk arah akan muncul pada bagian samping halaman pencarian. 

Kehadiran tools ini jelas memberikan banyak manfaat, khususnya untuk mempromosikan bisnis, sekaligus memudahkan pengguna internet menemukan bisnis Anda dengan lebih cepat. Lanjutkan membaca yuk untuk tahu apa saja manfaat Google My Business bagi usaha yang Anda jalankan.

5 Manfaat Google My Business untuk Promosi Lokasi Usaha

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membuat profil bisnis dan mendaftarkan usaha Anda di Google Bisnisku. Beberapa di antaranya:

1. Bisnis Anda akan Dipromosikan di Google Maps

Bisnis Anda akan mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan di Google Maps. Hal ini sesuai dengan referensi yang tayang di situs The Telegraph bahwa setidaknya ada lebih dari satu miliar populasi di dunia yang telah menggunakan Google Maps

Kebanyakan dari mereka mengakses Google Map dengan frekuensi yang cukup tinggi setiap bulan. Fakta ini pula yang melatarbelakangi Google Maps berhasil dinobatkan sebagai aplikasi pemetaan digital paling populer saat ini.

Untuk itu, luangkan waktu untuk mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku. Jika sudah mendaftar dan sudah muncul di Google Maps, tak ada salahnya Anda terus melakukan optimasi dengan mengunggah foto bisnis, produk, layanan terbaru, dan update lainnya.  Dengan cara ini bisnis Anda jadi semakin sering muncul di Google Maps.

2. Kesempatan Mendapat Review dari Pelanggan

Manfaat Google My Business berikutnya, Anda jadi memiliki kesempatan untuk mendapatkan review atau ulasan dari pelanggan yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnis Anda. Misalnya, mereka sudah pernah berkunjung ke lokasi bisnis, melakukan pembelian, menggunakan produk dan jasa dari bisnis Anda, dan sebagainya.

Mengapa bisnis perlu online review dan apa manfaatnya? Review yang diberikan pelanggan sangat berguna, baik untuk meningkatkan brand awareness maupun untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. 

Menariknya lagi, Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan. Caranya, cukup dengan membalas ulasan yang mereka berikan. Nantinya, ulasan dan interaksi yang terjadi di Google Bisnisku ini pula yang bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk berkunjung dan mengenal bisnis Anda.

3. Meningkatkan Pengunjung Toko

Memanfaatkan Google My Bisnis juga bisa lho meningkatkan pengunjung toko atau store offline jika ada. Sebab, fitur Google Maps ini sudah pasti menampilkan lokasi usaha Anda dalam radius tertentu dan dengan kata kunci yang telah ditentukan. 

Jadi ketika pengguna internet mengetikkan kata kunci tersebut, kemudian bisnis Anda yang muncul di hasil pencarian lengkap dengan petunjuk arah, maka hal inilah yang meningkatkan kunjungan langsung ke toko Anda sekaligus membangun brand

Tidak hanya itu saja, Google Bisnisku juga menyediakan layanan pembuatan website secara gratis dengan prosedur yang mudah. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang belum memiliki website bisnis. 

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan adanya ulasan pelanggan dan informasi yang lengkap dan akurat di halaman Google My Business Anda, calon pelanggan akan merasa lebih percaya untuk berbisnis dengan Anda. 

Apalagi kalau banyak ulasan positif dari pelanggan yang puas, maka secara tidak langsung Anda membangun reputasi bisnis yang bagus. 

Maka pastikan Anda menampilkan foto-foto bisnis yang profesional, produk dan layanan yang tersedia, serta informasi yang lengkap ya. 

Selain itu, lakukan optimasi secara berkala sehingga Anda bisa memenangkan hasil pencarian lokal di mana bisnis Anda akan sering muncul pada jarak tertentu ketika pelanggan mengetikkan kata kunci yang tepat.

5. Statistik dan Analisis

Google My Business juga menyediakan statistik yang berguna untuk bisnis Anda. Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mencari bisnis Anda, melihat foto-foto, serta mengetahui dari mana asal pengunjung Anda. 

Informasi ini dapat membantu Anda dalam merancang strategi pemasaran lebih lanjut dan menyesuaikan strategi yang ada agar lebih efektif.

 

Demikianlah beberapa manfaat Google My Business. Lalu bagaimana cara mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku? Langsung aja ikuti 5 Langkah Mudah Daftar di Google My Business. Lalu untuk memaksimalkan penggunaan Google My Business dalam mengembangkan usaha, pastikan Anda menggunakan jasa digital marketing agency terpercaya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER