Kehadiran jasa digital marketing agency Indonesia begitu penting untuk membantu pemilik usaha dalam memaksimalkan aktivitas pemasaran di dunia maya. Terlebih dengan semakin mendesaknya eksistensi brand di internet.

 

Meski revolusi industri 4.0 telah berlangsung saat ini. Pada kenyataannya, masih banyak pengusaha yang belum memahami seluk beluk internet. Berikut penjelasan selengkapnya terkait jasa yang ditawarkan oleh digital marketing agency Indonesia.

 

Pengertian Jasa Digital Marketing Agency Indonesia

Jasa digital marketing agency adalah sebuah perusahaan yang menawarkan dan melayani pembuatan promosi di media digital. Dari hari ke hari, jumlah agency semakin banyak seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan konsistensi brand dalam menghadapi persaingan di dunia digital. Apalagi sejak wabah covid-19 merebak, aktivitas belanja online kian meningkat.

 

Adapun kelebihan menggunakan jasa digital marketing Indonesia, antara lain:

 

  • Cocok bagi perusahaan yang belum memiliki pengalaman terkait pemasaran dunia digital.
  • Menawarkan jasa dan layanan sesuai kebutuhan dengan budget yang bisa diatur.
  • Pemilik brand tidak perlu melakukan trial and error saat menerapkan strategi digital marketing. Semua strategi terkait pemasaran digital telah diatur oleh agency.
  • Pengusaha diuntungkan karena pengalaman yang dimiliki agency dapat menghindarkan perusahaan dari kegagalan dengan strategi tertentu. Jam terbang yang dimiliki membuat agency memiliki pengalaman.

 

 

Tips Memilih Jasa Digital Marketing Agency Indonesia

Saat ini ada banyak sekali perusahaan digital marketing agency yang tumbuh di Indonesia. Mereka menawarkan berbagai layanan dan jasa digital untuk memenuhi kebutuhan para pemilik brand dalam hal promosi dan peningkatan penjualan. Bahkan, ada pula yang menginginkan pengembangan usaha menjadi lebih besar, lebih luas jangkauan pasarnya, dan mungkin untuk dapat bertahan dari gerak agresif kompetitor.

 

Agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa tips memilih jasa digital marketing agency Indonesia yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan:

 

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum benar-benar memilih dan memutuskan hendak bekerja sama dengan agency tertentu, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan. Agensi yang baik akan menuntun Anda menemukan strategi yang tepat. Bagaimanapun, agensi yang mementingkan kebutuhan kliennya, akan dengan senang hati menerima untuk berkonsultasi dan berdiskusi, terlepas nanti Anda jadi atau tidak menggunakan mereka.

 

  1. Pilihlah Agency yang Profesional, Berpengalaman, dan Kredibel

Penting untuk mengetahui bahwa agensi yang Anda pilih adalah digital agency terbaik dan profesional. Anda bisa meminta portofolio mereka terlebih dahulu, mencari informasi sebanyak mungkin, bertanya pada kenalan yang pernah bekerja sama dengan digital marketing agency di Indonesia, dan lain sebagainya.

 

Pilihan berikutnya, cari tahu penghargaan yang pernah didapatkan digital agency tersebut. Misalnya, apakah mereka pernah meraih penghargaan Gold atau Silver sebagai Agency of The Year 2020 untuk Asia Pacific dari Campaign Asia? Campaign Asia adalah ajang penghargaan internasional bergengsi untuk para pelaku industri periklanan, media dan komunikasi yang diadakan sejak 1990 untuk kawasan APAC, EMEA dan UK.

 

Atau cari info saja, digital agency yang meraih Gold untuk kategori Indonesia Digital Agency Of The Year 2020. Meraih suatu penghargaan bisa menjadi prestasi dan bukti bahwa digital agency Indonesia tersebut mampu bekerja secara profesional, memiliki track record yang baik, dan sudah tentu bisa membantu mencarikan solusi untuk semua kebutuhan digital marketing bisnis Anda.

 

 

Jenis Digital Marketing Strategist

Digital marketing memang memberikan banyak kelebihan dibandingkan pemasaran secara konvensional, namun Anda harus piawai menemukan strategi yang tepat. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu layanan yang disediakan penyedia jasa digital marketing agency yang ada di Indonesia maupun di Jakarta. Beberapa layanan digital marketing tersebut, antara lain:

 

  1. Video Marketing

Pemasaran menggunakan video marketing sedang naik daun dan banyak diminati belakangan ini. Tak mengherankan, karena konten berbentuk video memang lebih menarik perhatian, komunikatif, dan biasanya memiliki nilai sebagai hiburan pula. Dengan menggunakan video marketing untuk promosi akan suatu produk atau informasi terkait bisnis bisa lebih mudah tersampaikan kepada target audiens.

 

  1. User Generated Content

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan strategi pemasaran menggunakan teknik User Generated Content (UGC) karena strategi ini cukup banyak yang menggunakannya. UGC adalah konten yang dibuat oleh konsumen sendiri, yang nantinya bisa menjadi salah satu cara promosi yang menguntungkan Anda. Strategi ini ramai peminat karena Anda sebagai pemilik brand hanya cukup menyediakan hadiah dari setiap challenge yang diadakan. 

 

Contohnya, mengadakan giveaway berhadiah voucher belanja atau sampel produk, lomba berfoto dengan produk hingga challenge video yang melibatkan kehadiran produk. Teknik ini bahkan mampu meningkatkan penjualan karena dalam setiap kampanye kebanyakan konsumen harus memperlihatkan produk atau struk belanja.

 

  1. Social Media Marketing

Pemasaran media digital lewat sosial media akan melibatkan banyak pihak karena menggunakan jasa influencer. Social media marketing semacam ini sangat tepat untuk kampanye dengan tujuan khusus, misal diskon besar untuk barang-barang kebutuhan momen tertentu.

 

 

Layanan yang Biasanya Disediakan Jasa Digital Marketing Agency Indonesia

 

  1. Digital Advertising Agency

Berfokus pada jasa periklanan lewat media digital. Beberapa layanan yang ditawarkan, antara lain optimasi SEO, SEM, email marketing, website design and development, dan masih banyak lagi.

 

Masing-masing jenis layanan memiliki perbedaan yang mendasar, namun sama-sama menggunakan dunia digital sebagai medianya. Misal, untuk SEO memiliki fokus untuk optimasi konten dan website agar dapat bersaing di mesin pencari.

 

  1. Content Marketing

Content marketing merupakan metode pemasaran menggunakan media konten. Konten tersebut bentuknya bermacam-macam, seperti artikel blog, video, Podcast, dan sebagainya. Dalam proses produksinya, Anda harus membuat konten yang relevan, memiliki nilai, dan tentu saja konsisten.

 

Tak hanya itu, pembuatan content marketing harus melalui berbagai tahapan, seperti menentukan ide, eksekusi, hingga analisis. Tugas dan jasa digital marketing agency ialah mengawal setiap langkahnya.

 

  1. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu jasa agency yang tengah naik daun seiring dengan tingginya animo masyarakat akan media sosial. Fenomena ini secara langsung mempengaruhi brand untuk fokus melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial.

 

Dalam melakukan pemasaran di media sosial, influencer menjadi pihak yang terlibat. Influencer dapat dikategorikan berdasar jumlah pengikut, niche, spesifikasi keahlian, dan sebagainya. Tak hanya berasal dari kalangan selebritis atau tokoh ternama, kini banyak influencer berasal dari masyarakat umum yang memiliki keahlian khusus dan secara konsisten melakukan personal branding.

 

Seperti yang telah disebutkan pada poin strategi digital marketing sebelumnya, kehadiran mereka bertugas untuk meng-influence followers terkait campaign yang sedang diadakan. Rata-rata influencer tergabung dalam sebuah agency atau KOL management yang berperan sebagai penghubung antara influencer dengan calon klien.

 

Kelebihan menggunakan jasa influencer marketing ialah Anda dapat memilih calon influencer berdasar portfolio, performa sosial media hingga budget melalui database yang dimiliki agency

 

Itulah beberapa layanan dan jasa digital marketing agency Indonesia yang akan membantu Anda memaksimalkan pemasaran dunia digital.