Memanfaatkan media sosial untuk melakukan digital marketing strategist atas produk ataupun bisnis sudah banyak dilakukan oleh perusahaan maupun pebisnis yang go digital. Hal ini karena, meningkatnya penggunaan media sosial serta pembelanjaan online yang dilakukan oleh generasi milenial dan generasi Z.

 

Selain melakukan promosi di berbagai platform media sosial bisnis, salah satu cara branding companies, atau peningkatan brand awareness bisnis, yang bisa dilakukan di era digital sekarang ini adalah dengan menyediakan sampel produk gratis bagi followers Anda.

 

Mungkin di satu sisi, hal ini akan membebani biaya promosi. Tetapi di sisi lain, Anda perlu tahu bahwa sampel produk yang dibagikan secara gratis akan memberikan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut 5 manfaat membagikan sampel produk gratis untuk penerapan strategi digital marketing yang perlu Anda tahu!

 

5 Manfaat Membagikan Contoh Produk secara Gratis kepada Pelanggan

 

 

  1. Memberikan Kesan Familier Terhadap Produk Anda

Contoh produk yang dibagikan secara gratis dapat membuat orang lebih familier terhadap produk Anda. Familier yang dimaksud, bukan sekadar mengetahui, melainkan memberi kesempatan kepada konsumen atau calon konsumen, sehingga mereka dapat mencoba dan merasakan manfaat dari produk tersebut.

 

Contoh produk yang perlu Anda sediakan untuk dibagikan gratis tak perlu dalam jumlah banyak. Cukup sejumlah yang dibutuhkan saja, misalnya 10 untuk masing-masing wilayah pemasaran. Kemudian, cara membagikannya pun harus dalam bentuk campaign yang menarik, sehingga banyak audiens atau followers Anda penasaran.

 

Cara terbaik membagikan produk gratis adalah dengan membuat giveaway, serta mencantumkan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh peserta giveaway. Misalnya, wajib share banner iklan giveaway, menyebutkan alasan mengapa mereka menginginkan produk tersebut, dan sebagainya.

 

Cara berikutnya yang juga bisa dicoba, bagikan produk gratis sebagai hadiah kepada pelanggan setia yang sedang berulang tahun, dan kabarkan mengenai tanggal launching produk tersebut secara resmi ke pasar, dan di mana bisa mendapatkan produk. Tujuannya, jika mereka menyukai produk tersebut, mereka bisa melakukan pembelian setelah produk tersedia di pasar.

 

Agar penerapan strategi digital marketing yang Anda lakukan melalui pemberian produk gratis ini bisa tepat sasaran, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia. Biasanya, top digital agency seperti ini memiliki memiliki tim khusus yang berpengalaman dalam membuat marketing plan untuk mewujudkan target KPI yang ingin Anda capai.

 

  1. Mengirimkan Sampel Produk dapat Meningkatkan Brand Awareness

Melalui pengiriman sampel produk gratis, tentunya calon konsumen dapat merasakan kesan pertama tentang produk Anda secara langsung tanpa mengeluarkan biaya. Ini cara terbaik untuk membuat brand Anda lebih melekat dalam ingatan mereka. Oleh sebab itu, pastikan jangan pelit menyisipkan sampel produk gratis kepada pelanggan.

 

Lakukan pemberian sampel secara rutin. Jika perlu, manfaatkan event yang akan dilaksanakan dan target marketnya sesuai dengan produk. Ada banyak cara untuk memanfaatkan keberadaan event tanpa harus membuat event sendiri, misalnya menjadi sponsor suatu event.

 

Sebagai syarat, Anda bisa meminta mereka yang menerima produk Anda untuk memberi testimoni atau review demi mendapatkan user experience. Nanti hasil dari testimoni ini bisa Anda gunakan sebagai alat promosi produk ataupun catatan perbaikan kedepannya.

 

 

  1. Cara Mengetahui Produk yang Best Seller

Jika Anda adalah seorang pengusaha dengan banyak varian produk dari bisnis yang  dijalankan, Anda harus punya statistik tentang produk apa yang paling disukai atau menjadi best seller dibandingkan yang lainnya.

 

Misalkan, Anda punya usaha menjual makaroni. Produk makaroni ini memiliki beberapa varian rasa, seperti rasa asin atau original, sapi panggang, pedas, ekstra pedas, keju, dan sebagainya. Dari semua varian rasa tersebut, pasti ada yang paling laris. Buatlah statistik tentang varian rasa yang paling laris terjual dan paling sedikit terjual.

 

Untuk varian rasa yang kurang laris terjual, Anda bisa menjadikan produk ini sebagai sampel produk gratis, dan jangan lupa minta testimoni positif. Ini cara bagus untuk mengetahui alasan produk itu kurang laris, sehingga Anda bisa melakukan perbaikan.

 

  1. Produk Gratis untuk Campaign Mendapatkan Endorsement

Seperti yang Anda ketahui, influencer punya performa dan daya tarik tersendiri di antara followers. Mereka dapat mempengaruhi pola pikir dan action dari pengikutnya. Oleh sebab itu, tak jarang pemilik bisnis yang menggunakan jasa influencer atau pemberian paket sampel gratis agar mereka merekomendasikan produk Anda kepada followers mereka.

 

Agar program endorsement ini berjalan sukses dan sesuai harapan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu kesesuaian niche mereka dengan produk Anda. Misalkan, produk Anda adalah produk fashion atau make up, maka bekerja sama dengan beauty influencermenjadi cara yang bagus. Anda bisa pula melakukan kerja sama dalam bentuk pengiriman produk gratis ini kepada blogger, selebgram, ataupun youtuber.

 

Demi bisa memilih influencer yang tepat dan melaksanakan strategi digital marketing yang juga sesuai dengan kebutuhan Anda, lakukan diskusi terlebih dahulu dengan tim digital marketing agency Jakarta yang sudah memiliki pengalaman dalam menjalani kerja sama dengan influencer. Tujuannya, agar budget campaign Anda lebih optimal dan tidak hanya sekadar bakar uang saja.

 

 

  1. Membantu Meningkatkan Penjualan

Calon pembeli yang telah mencoba produk Anda, pastinya akan jauh lebih yakin untuk menggunakan produk Anda dalam memenuhi kebutuhan mereka selanjutnya. Jadi, Anda harus menyiapkan sampel produk gratis dalam kondisi yang baik, tidak cacat, dan pastinya tidak dalam kondisi kedaluwarsa.

 

Jika sampel produk yang Anda bagikan memang disukai, tentu dampak positifnya adalah penjualan Anda dapat mengalami peningkatan yang signifikan. Terlebih, konsumen yang merasa puas dengan produk Anda, mereka berpotensi melakukan repeat order. Selain itu, mereka tidak akan segan mengajak orang lain untuk turut membeli produk tersebut, sehingga manfaat ganda akan Anda dapatkan.

 

Itulah beberapa manfaat menyediakan sampel produk gratis untuk digital marketing strategist yang perlu Anda tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kepentingan bisnis Anda.