Influencer marketing saat ini memiliki posisi dan peran penting dalam strategi pemasaran digital dan hasilnya telah banyak dibuktikan brand dari berbagai industri. Apa untungnya mengadakan event bareng influencer?

 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan kalau Anda menyelenggarakan suatu event / acara dengan melibatkan influencer, baik secara perorangan atau sekelompok influencer sekaligus. Keuntungan tersebut meliputi, visibilitas yang tinggi hingga memiliki jangkauan yang luas, target market yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan produk atau brand Anda, dan paling utama adalah keaslian konten. 

 

Potensi yang dimiliki influencer terkait kemampuan menciptakan konten yang unik dan sesuai dengan kepribadian mereka membuat kampanye bisa dilakukan on event (pada saat acara berlangsung secara offline) dan di media sosial ketika para influencer mulai mengunggah konten mereka masing-masing. Artinya, Anda mendapatkan keuntungan ganda dalam satu waktu dan satu kali penyelenggaraan acara. 

 

 

Influencer Seperti Apa yang Perlu Dihadirkan di Acara?

Sebelum meneruskan membaca artikel ini, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui Tingkatan Influencer. Kalau sudah, baru kembali ke artikel ini. Ketika Anda mengadakan acara untuk mempromosikan rangkaian produk yang brand Anda miliki sekaligus meluncurkan beberapa produk baru secara bersamaan, Anda perlu mengetahui dulu target market yang Anda inginkan, dan influencer dengan kategori apa yang sesuai untuk produk Anda tersebut. 

 

Jika Anda menginginkan jangkauan yang maksimal, maka Anda bisa mengajak macro influencer untuk berkolaborasi. Influencer dalam tingkatan ini memiliki pengikut dalam jumlah yang besar dan dengan profil pengikut yang beragam. Artinya, kampanye yang Anda selenggarakan bisa mencapai masyarakat luas dengan cara yang lebih masif. Sebaliknya jika yang ingin Anda dapatkan adalah brand awareness dengan target market yang terkategori, misalnya produk Anda adalah produk kesehatan, maka Anda cukup bekerja sama dengan nano influencer atau micro influencer

 

Banyak yang beranggapan kalau jumlah pengikut yang dimiliki influencer sedikit, maka kampanye tidak memberi hasil baik. Anggapan itu tentu saja tak bisa dikatakan benar, mengingat baik nano influencer maupun micro influencer bisa jadi malah memiliki tingkat keterlibatan yang lebih baik, impresi yang di atas rata-rata karena hubungan influencer dengan pengikutnya cukup dekat, dan target demografis yang tepat sasaran. 

 

Lebih bagus lagi jika dalam acara ini, Anda memilih nano atau micro influencer yang juga sebagai blogger. Anda bisa memasukkan scope of work (SOW) tidak hanya dalam bentuk social media campaign, tetapi sekaligus digital marketing campaign yang sesungguhnya. Postingan di sosial media influencer akan semakin mendapat dukungan dari tulisan yang mereka buat di website atau blog masing-masing. 

 

 

Keuntungan Mengadakan Event Bareng Influencer

Dari keseluruhan pembahasan di artikel ini, mari kita simpulkan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan kalau mengadakan event / acara bareng influencer, antara lain:

 

  1. Peningkatan Visibilitas

Keberadaan influencer di media sosial memiliki posisi tersendiri bagi para pengikutnya. Dengan mereka berbagi foto atau cerita selama mengikuti acara, baik di Instagram, Facebook, Twitter, atau bahkan YouTube, maka keberadaan merek dan produk Anda juga akan terlihat oleh followers dari para influencer yang bekerja sama dengan Anda. 

 

Anda jadi berpeluang besar untuk meraih jangkauan pasar yang luas dan akan semakin banyak orang yang bisa jadi akan penasaran dengan produk Anda, lalu ikut mencoba seperti yang disarankan dan diceritakan oleh influencer

 

  1. Hemat Waktu Promosi 

Anda akan banyak menghemat waktu untuk melakukan promosi karena ada dua hal yang sekaligus bisa Anda dapatkan dalam satu kali bikin acara, kampanye secara offline dan digital campaign melalui media sosial milik influencer. Anda tinggal meminta para influencer membagikan cerita, foto, atau video ke media sosial masing-masing, baik sebelum acara, selama acara berlangsung, bahkan sesudah acara berakhir. 

 

 

  1. Hemat Biaya Promosi

Ibarat pepatah, satu kali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Satu kali bikin acara, Anda bisa mendapatkan jangkauan, baik secara offline dengan kehadiran orang-orang di sekitar lokasi acara, jangkauan demografis yang lebih spesifik mengingat pengadaan acara berada di suatu wilayah tertentu, dan jangkauan yang lebih luas dengan social media campaign yang dilakukan influencer. Biaya promosi jauh lebih hemat dengan cara ini dan Anda bisa mengembalikan biaya beserta keuntungannya secara maksimal.

 

Itulah keuntungan-keuntungan mengadakan event bareng influencer.