Influencer marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang telah banyak dibuktikan brand dari berbagai industri mampu memberikan hasil yang bagus. Apa untungnya mengadakan event bareng influencer?
Influencer marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang telah banyak dibuktikan brand dari berbagai industri mampu memberikan hasil yang bagus. Apa untungnya mengadakan event bareng influencer?
Jawabannya, Anda bisa meningkatkan visibilitas bisnis, jangkauan pasar yang luas, target market yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan produk atau brand, hingga yang paling utama adalah keaslian konten. Simak penjelasannya di bawah ini.
Sebelum meneruskan membaca artikel ini, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui tingkatan Influencer. Kalau sudah, baru baca artikel tentang manfaat mengadakan event bareng influencer ini.
Ketika mengadakan acara untuk mempromosikan rangkaian produk yang brand Anda miliki, sekaligus meluncurkan beberapa produk baru secara bersamaan, cari tahu dulu target market yang Anda inginkan.
Baru kemudian cari influencer dengan kategori apa yang sesuai produk tersebut. Misalnya berkolaborasi dengan macro influencer untuk jangkauan pemasaran yang lebih maksimal.
Sebaliknya jika yang ingin Anda dapatkan adalah brand awareness dengan target market yang terkategori, misalnya produk Anda adalah produk kesehatan, maka Anda cukup bekerja sama dengan nano influencer atau micro influencer yang memiliki akun dengan niche kesehatan atau healthy lifestyle.
Potensi yang dimiliki influencer terkait kemampuan menciptakan konten yang unik dan sesuai dengan kepribadian mereka membuat kampanye bisa dilakukan on event (pada saat acara berlangsung secara offline), dan di media sosial ketika para influencer mulai mengunggah konten mereka masing-masing.
Artinya, Anda mendapatkan keuntungan ganda dalam satu waktu dan satu kali penyelenggaraan acara.
Banyak juga yang beranggapan kalau jumlah pengikut yang dimiliki influencer sedikit, maka kampanye tidak memberi hasil baik. Anggapan ini tentu saja tak bisa dikatakan benar.
Baik nano influencer maupun micro influencer bisa jadi malah memiliki engagement yang lebih baik. Umumnya, jenis influencer memiliki hubungan baik dengan pengikutnya sehingga nilai impresinya di atas rata-rata. Selain itu, target demografisnya juga tepat sasaran.
Lebih bagus lagi jika dalam acara ini, Anda memilih nano atau micro influencer yang juga blogger. Anda bisa memasukkan scope of work (SOW) tidak hanya dalam bentuk social media campaign, namun sekaligus digital marketing campaign yang sesungguhnya.
Postingan di sosial media influencer akan semakin mendapat dukungan dari tulisan yang mereka buat di website atau blog masing-masing.
Dari keseluruhan pembahasan di artikel ini, mari kita simpulkan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan kalau mengadakan event atau acara bareng influencer, antara lain:
Keberadaan influencer di media sosial memiliki posisi tersendiri bagi para pengikutnya.
Dengan berbagi foto atau cerita selama mengikuti acara, baik di Instagram, Facebook, Twitter, atau bahkan YouTube, keberadaan merek dan produk Anda juga akan terlihat oleh followers dari para influencer yang bekerja sama dengan Anda.
Anda pun berpeluang besar meraih jangkauan pasar yang luas, serta mendapatkan banyak perhatian dari orang yang mungkin akan penasaran dengan produk Anda.
Setelahnya, akan ada lebih banyak orang yang ikut mencoba produk, seperti yang disarankan dan diceritakan oleh influencer.
Anda bisa banyak menghemat waktu untuk melakukan promosi karena ada dua hal yang sekaligus bisa didapatkan dalam satu kali acara yaitu, kampanye secara offline dan digital campaign melalui media sosial milik influencer.
Mintalah influencer membagikan cerita, foto, atau video ke media sosial masing-masing, baik sebelum acara, selama acara berlangsung, bahkan sesudah acara berakhir.
Ibarat pepatah, satu kali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Dalam satu acara, Anda bisa mendapatkan jangkauan secara online dan offline.
Jangkauan online berupa jangkauan yang lebih luas dengan social media campaign yang dilakukan influencer.
Sedangkan jangkauan offline mencakup jangkauan demografis yang lebih spesifik mengingat pengadaan acara berada di suatu wilayah tertentu.
Selain bisa membuat biaya promosi lebih hemat, Anda juga bisa mengembalikan biaya beserta keuntungannya secara maksimal.
Itulah keuntungan mengadakan event bareng influencer. Dengan memilih influencer yang tepat, manfaat yang diperoleh bisa jauh lebih besar dari yang dibayangkan. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan influencer sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda berikutnya. Tapi jangan salah pilih ya, influencer bukan KOL. Ini Perbedaan Influencer dan KOL.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC