MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Ide Terbaru untuk Menentukan Target Market Sosial Media Marketing Tepat Sasaran

05 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 7.886  
Social Media

redcomm

Dalam menjalankan bisnis online, Anda perlu memiliki kemampuan dan pengetahuan terkait cara menentukan target market dan penerapan social media marketing  keduanya akan sangat berguna ketika Anda perlu melakukan promosi dan pemasaran.

Nah, untuk itu mari kupas tuntas cara menentukan target market dalam penerapan sosial media marketing tepat sasaran di artikel ini.

Pentingnya Menentukan Target Market

Target market adalah proses pengelompokan audiens dalam beberapa segmen atau kategori, bisa dari usia, minat, profesi, latar belakang pendidikan, behaviour, perilaku berbelanja, dan sebagainya. 

Selanjutnya, data yang telah dikelompokkan perlu Anda analisis dan olah, untuk menentukan segmen mana yang paling sesuai dengan karakteristik bisnis.

Penentuan target market pada bisnis online sangat penting karena dapat membantu Anda mengetahui model promosi dan pemasaran seperti apa yang perlu Anda terapkan. 

Selain itu, penerapan strategi social media marketing yang akan yang dilakukan juga bisa lebih terarah dan sesuai karakter calon pelanggan potensial. 

Ingat, semakin Anda mengenal siapa konsumen yang ingin dijangkau, Anda sebagai pemilik usaha juga bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk sesuai kebutuhan maupun minat mereka, termasuk menentukan harga produk dan layanan yang sesuai dengan preferensi konsumen.

Bagaimana kalau tidak menentukan target market? Ya, kemungkinan produk tidak bertahan lama di pasaran dan sulit terjadi peningkatan penjualan. Hal ini terjadi karena orang-orang hanya membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. 

Dengan kata lain, penentuan target dalam pemasaran membantu menemukan calon pelanggan potensial yang akan membeli produk Anda. 

Misalnya, jika target pemasaran adalah wanita berusia 20 tahunan, Anda bisa mengiklankan produk yang sesuai dengan tren di kalangan target audiens.

Cara menjangkau mereka bisa dengan membuat konten promosi di media sosial yang banyak mereka gunakan, seperti di Instagram, Facebook, atau TikTok.

Cara Menentukan Target Pasar

Banyak pebisnis yang tidak menguasai target marketing, padahal aspek ini sangat penting untuk mendongkrak penjualan. Berikut cara mudah menentukan target market:.

1. Siapa Calon Konsumen Anda?

Sebelum menentukan target market, ketahui siapa yang akan menggunakan produk, layanan bisnis, atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan membagi konsumen menjadi beberapa segmentasi berikut:

  • Segmentasi geografi: pengelompokkan konsumen menyesuaikan upaya pemasaran dengan karakteristik, kebutuhan, dan preferensi unik konsumen di lokasi geografis tertentu.
  • Segmentasi demografi: menentukan konsumen dengan membagi pasar berdasarkan karakteristik demografis, seperti berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, dan status perkawinan.
  • Psikologi: penentuan konsumen dengan memperhatikan aspek-aspek psikologis, seperti nilai-nilai, sikap, kepercayaan, gaya hidup, minat maupun tingkat pendidikan.

2. Memahami Kebutuhan Calon Konsumen

Selain menentukan segmentasi, Anda sebagai pebisnis juga harus memahami produk seperti apa yang masyarakat butuhkan.. 

Jika berhasil menciptakan produk yang benar-benar dibutuhkan pasar, maka produk itu akan laris. Sebaliknya, kalau tak tahu kebutuhan konsumen, sulit bagi Anda mencapai target pemasaran. 

3. Menilai Target Pemasaran

Penentuan target pemasaran tidak bisa sembarang karena harus berdasarkan analisis. Anda bisa menggunakan insight dari media sosial yang Anda gunakan sebagai media promosi online, misalnya Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, dan sebagainya.

Anda juga bisa menganalisis data berdasarkan insight dari website, jika menggunakan website sebagai media promosi dan pemasaran. Data insight yang tersedia, seperti jumlah kunjungan, kata kunci yang digunakan, produk paling banyak dilihat, dan sebagainya. 

Untuk manajemen data hingga melakukan analisis data digital campaign, Anda bisa minta bantuan Redcomm, yang berpengalaman dalam membantu lebih dari 1000+ brand menyelenggarakan strategi digital marketing

Redcomm Indonesia adalah digital marketing agency Jakarta profesional yang memiliki tim ahli bidang search engine marketing atau SEM, pemasangan iklan Google Ads, jasa SEO, social media marketing, bahkan KOL management.

4. Menentukan Strategi Pemasaran

Dalam menentukan strategi pemasaran, fokus utama Anda harus tertuju pada memenuhi kebutuhan dan ekspektasi calon konsumen, serta memberi berbagai solusi agar konsumen bisa menyelesaikan masalah mereka.

Kesalahan pemilihan strategi dapat mengakibatkan kerugian, seperti produk kehilangan pembeli, sulit melakukan perluasan pasar, hingga ketidaksesuaian angka penjualan dengan target yang ditentukan. 

Oleh karena itu, perlu sangat hati-hati memilih dan menentukan strategi social media marketing dan optimasi website untuk media promosi dan pemasaran kalau ingin mencapai sukses. 

5. Melakukan Evaluasi

Tahap terakhir, lakukan evaluasi secara berkala untuk tahu apakah penentuan target market sudah sesuai, apakah penyelenggaraan kampanye pemasaran relevan dengan kebutuhan audiens, dan sebagainya.

Melakukan evaluasi bisa dengan cek ulang hasil analisis data dengan data sebenarnya yang terjadi di pasar, melakukan survei langsung ke konsumen, menyelenggarakan Focus Group Discussion (FDG) atau metode lainnya.

Dengan melakukan evaluasi secara teratur, Anda bisa meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran serta memperkuat koneksi dengan konsumen.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengetahui Customer Market

Ketika sudah mengetahui siapa customer market yang mau dijangkau dari hasil riset, maka jalankan kampanye promosi dan pemasaran dengan menerapkan strategi social media marketing tepat sasaran.

Instagram atau Facebook menyediakan fitur promosi berupa target marketing. Anda cukup memasukkan karakteristik target berdasarkan usia, jenis kelamin, wilayah, maupun interest

Media sosial menyediakan analytics yang datanya bisa diolah sebagai report campaign bulanan. Data ini juga bisa membantu Anda menentukan target pemasaran yang tepat pada penyelenggaraan social media campaign berikutnya.

Sales Funnel

Sales funnel adalah proses mengarahkan calon pembeli yang tertarik dengan produk Anda untuk segera melakukan pembelian. Berikut ini beberapa tahapan dari sales funnel:

  • Awareness: kesadaran calon pembeli untuk memenuhi kebutuhannya, dengan mencari iklan atau toko online pada website atau platform.
  • Interest: calon pembeli mulai tertarik dengan produk, dan mulai mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan produk yang mereka inginkan. 
  • Decision: adanya keputusan dari calon pembeli, apakah akan membeli suatu produk atau tidak. Keputusan ini biasanya akan terjadi setelah calon pembeli mendapatkan seluruh informasi produk.
  • Action: muncul tindakan seperti pembeli mantap melakukan pembelian, kemudian memasukkan produk ke keranjang, klik link tautan ke landing page produk, melakukan check out, dll.
  • Buying: terjadi pembelian atau pembeli siap melakukan transaksi, dengan mentransfer nominal yang tercantum pada platform.

Target marketing sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, diperlukan analisis dalam menentukannya. 

Ingat, pelanggan membeli produk karena mereka memang membutuhkan atau menginginkan produk tersebut. Jadi, Anda harus benar-benar menyediakan produk yang dibutuhkan masyarakat.

Nah, Anda sudah tahu mengenai cara menentukan target market social media marketing, bahkan sudah pula membaca tentang Sales Funnel di artikel ini. Terapkan tipsnya, kemudian lakukan Analisis Customer Journey untuk Meningkatkan Penjualan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER