Di era digital business saat ini, kegiatan bisnis atau melakukan promosi maupun penjualan produk dan jasa secara online, membuka peluang dan dapat mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Tak terkecuali bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk bisa naik kelas. Nah, dalam menjalankan bisnis berbasis online ini, ada banyak digital marketing strategist yang bisa dicoba, seperti memanfaatkan website

 

Bagi Anda yang saat ini menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan website sebagai media promosi tentu memerlukan konten yang bisa memancing ketertarikan konsumen. Namun untuk bisa berhasil melakukan penjualan, tak sekadar konten yang menarik saja karena penerapan digital marketing websites harus dilengkapi dengan adanya landing page. Pengertian landing page adalah halaman pada website yang didesain secara khusus untuk keperluan marketing. Halaman inilah yang nantinya akan menjadi pintu masuk konsumen untuk mengakses website dari hasil pencarian yang berbayar. 

 

 

Cara Kerja Landing Page 

Tujuan utama Anda menjalankan bisnis UKM dan melakukan social media campaign tentu ingin membuat konsumen bisa diarahkan ke website atau toko online Anda, bukan? Maka dari itu, ketersediaan landing page di website Anda sangatlah penting. Anda harus bisa merancang halaman yang dapat membuat pelanggan merasa tertarik atau penasaran, hingga akhirnya masuk ke halaman lain yang bisa menghasilkan konversi. Nah, agar lebih mudah untuk memahami bagaimana landing page ini bekerja, berikut ini contohnya. 

 

  1. Anda menuliskan informasi berisi penawaran produk dari bisnis UKM Anda di landing page. Di sana tersedia pula konten yang isinya mengajak konsumen untuk membaca informasi yang tersedia, mengisi formulir, dan kemudian melakukan pembelian produk yang ditawarkan. 
  2. Jika konsumen tertarik, mereka bisa langsung melakukan order sesuai dengan arahan atau prosedur yang Anda berikan pada halaman tersebut, misalnya dengan klik tombol tertentu.
  3. Pada saat konsumen menekan tombol Call To Action (CTA) yang diatur sedemikian rupa, maka mereka akan diarahkan langsung ke suatu halaman untuk melakukan pemesanan produk. 

 

Walaupun begitu, tidak serta merta semua pengunjung atau calon pelanggan memutuskan untuk memesan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Semua keputusan tetap ada di tangan mereka. Namun tenang saja, jika Anda belum bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas ini, Anda tetap mendapatkan keuntungan lain yang akan kami uraikan selanjutnya. 

 

 

Manfaat Landing Page Untuk Bisnis UKM 

Selain bisa menghasilkan lebih banyak konversi, adanya landing page akan memberikan banyak manfaat bagi Anda, antara lain: 

 

  1. Lebih Hemat Budget 

Hal yang sering kali menjadi keluhan di kalangan pelaku bisnis UKM saat melakukan digital marketing strategist adalah masalah budget. Inilah yang memicu bisnis UKM agak kesulitan untuk naik kelas dan bersaing dengan perusahaan besar. Solusinya bisa dengan membuat website beserta landing page yang hanya membutuhkan anggaran promosi kurang lebih satu hingga dua juta saja setiap tahunnya. Sudah jelas melakukan promosi dengan media website ini lebih hemat budget dan long lasting

 

  1. Lebih Efektif dan Efisien 

Penggunaan landing page yang profesional dan terintegrasi dengan teknik marketing yang tepat dari top digital agencies, akan sangat membantu Anda untuk mencapai goals yang sudah ditentukan. Landing page mampu memaksimalkan bisnis UKM secara efektif dan efisien, mulai dari mudahnya bisnis Anda ditemukan oleh pelanggan hingga secara tidak langsung bisa meningkatkan brand awareness bisnis dan produk maupun jasa Anda. 

 

 

  1. Menghasilkan Lead

Apakah Anda sudah membaca artikel tentang leads sebelumnya? Dengan adanya landing page, halaman tersebut akan bermanfaat untuk mendatangkan leads atau pelanggan yang menunjukkan ketertarikannya terhadap produk Anda. Tak hanya sekadar membuat calon konsumen berkunjung, landing page pun membuat Anda bisa merekam informasi yang digunakannya untuk masuk ke situs Anda, mulai dari nama, email,hingga nomor telepon. 

 

Nantinya, Anda tak hanya bisa melakukan filter untuk menemukan konsumen mana saja yang akan membeli produk Anda. Lebih dari itu, Anda bisa menggunakan data lead yang ada untuk promosi lanjutan melalui strategi digital marketinglainnya, baik untuk melakukan promosi produk baru ataupun memberikan diskon dan penawaran menarik. 

 

Jadi, tunggu apalagi? Segeralah memasang landing page di website bisnis UKM Anda. Karena meskipun terkesan sederhana, namun mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan bisnis UKM dan mendorong bisnis Anda agar mampu bersaing secara global meski dengan budget yang minim.