MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Kerja dan Manfaat Menggunakan Landing Page bagi Bisnis UKM

27 Sep  · 
2 min read
 · 
eye 11.198  
Website & Mobile Apps

redcomm

Selain menghasilkan konversi, landing page juga bermanfaat untuk mendatangkan leads, hemat biaya promosi, dll. Yuk, baca penjelasan lengkap mengenai cara kerja dan manfaat landing page di artikel Redcomm Knowledge kali ini.

Cara Kerja Landing Page 

Tujuan utama menjalankan bisnis dan melakukan social media campaign tentu ingin membuat konsumen mengenal brand atau berkunjung ke website bisnis yang Anda kelola. Maka ketersediaan landing page di website sangatlah penting. 

Apa itu landing page? Pengertian landing page adalah halaman pada website yang didesain secara khusus untuk keperluan marketing. 

Halaman inilah yang nantinya akan menjadi pintu masuk konsumen untuk mengakses website dari hasil pencarian yang berbayar. 

Itulah sebabnya, halaman landing perlu Anda buat secermat mungkin untuk membuat pelanggan merasa tertarik atau penasaran. Kemudian, mereka akan dengan senang hati membantu Anda meningkatkan konversi.

Di saat yang sama, selama proses pembuatan landing page, Anda juga perlu memahami cara kerja landing page, yaitu: 

  1. Saat menuliskan informasi berkaitan dengan penawaran produk pada landing page, sertakan juga penjelasan tambahan, seperti keunggulan dan spesifikasi produk.
  2. Jika konsumen tertarik, mereka akan membaca seluruh informasi. Kemudian mencari formulir untuk mereka isi. Maka sediakan formulir tersebut di halaman landing.
  3. Pengisian formulir memiliki banyak tujuan, mulai dari pendaftaran, email berlangganan, atau melakukan pembelian produk.
  4. Selain formulir, sediakan pula tombol Call to Action (CTA) yang bisa mengarahkan pelanggan untuk mengikuti prosedur atau tahapan yang Anda sarankan. Misalnya melakukan klik pada tombol tertentu.
  5. Pada saat konsumen melakukan klik pada tombol Call To Action (CTA) yang diatur sedemikian rupa, maka mereka akan diarahkan langsung ke suatu halaman untuk melakukan pemesanan produk. 

Walaupun begitu, tidak serta merta semua pengunjung atau calon pelanggan memutuskan untuk memesan produk maupun menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Semua keputusan tetap ada di tangan mereka. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai landing page? Silakan baca juga beberapa artikel berikut:

Manfaat Landing Page Untuk Bisnis UKM 

Selain bisa menghasilkan lebih banyak konversi, adanya halaman khusus yang menjadi pintu masuk audiens akan memberikan banyak manfaat bagi Anda. Beberapa manfaat landing page, antara lain:

1. Hemat Biaya Promosi dan Iklan

Hal yang sering kali menjadi keluhan di kalangan pelaku bisnis UKM saat menerapkan strategi digital marketing adalah masalah budget.

Inilah yang memicu bisnis UKM agak kesulitan berkembang dan bersaing dengan perusahaan besar. Solusinya, Anda bisa membuat website beserta landing page yang hanya membutuhkan anggaran promosi kurang lebih satu hingga dua juta saja setiap tahunnya. 

Dengan kata lain, melakukan promosi dengan media website ini lebih hemat budget dan long lasting.

2. Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif dan Efisien 

Penggunaan landing page yang profesional dan terintegrasi dengan teknik marketing yang tepat dari digital marketing agency Jakarta, akan sangat membantu Anda untuk mencapai goals yang sudah ditentukan. 

Landing page mampu memaksimalkan bisnis UKM secara efektif dan efisien, mulai dari mudahnya bisnis Anda ditemukan oleh pelanggan, hingga secara tidak langsung bisa meningkatkan brand awareness bisnis dan produk maupun jasa.

4. Menghasilkan Leads

Apakah Anda sudah membaca artikel tentang leads? Jika belum, sebaiknya Anda baca dulu, baru kembali meneruskan artikel ini.

Nah, adanya landing page memberi manfaat dapat mendatangkan leads atau pelanggan yang menunjukkan ketertarikannya terhadap produk Anda. 

Bahkan, Anda dapat merekam dan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan potensial yang sudah pernah berkunjung ke situs bisnis Anda, mulai dari nama, email,hingga nomor telepon.

4. Merencanakan Strategi yang Lebih Baik

Data pelanggan yang sudah Anda kumpulkan dari formulir yang ada di landing page, bisa memudahkan Anda melakukan analisis dan filterisasi.

Kemudian, data tersebut bisa Anda gunakan untuk merencanakan dan merancang strategi digital marketing yang lebih baik di masa depan, baik untuk melakukan promosi produk baru maupun memberikan diskon dan penawaran menarik. 

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat landing page di website bisnis UKM Anda. Jika belum benar-benar paham, Anda bisa lho menghubungi salah satu digital marketing agency Jakarta untuk berdiskusi lebih lanjut. Atau langsung saja hubungi Kontak Redcomm.

Lalu agar manfaat menggunakan landing page berdampak positif bagi bisnis Anda, pahami dan terapkan Standar Penentuan Landing Page Dikatakan Berkualitas Baik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC