MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Teknik Membuat Landing Page yang Bikin Konsumen Gak Bisa Nolak

 · 
3 min read
 · 
eye 262  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Buat kamu yang ingin menulis landing page yang bisa mengubah pembaca jadi pelanggan setia, nih, ada kabar baik! 

Skill ini bisa dipelajari dan dikuasai, kok. Kamu juga bisa jadi ahli copywriting yang mampu meraih konversi luar biasa dengan teknik-teknik simple.

Konversi itu seperti ilmu pikiran, bagaimana pikiran calon pelanggan memproses informasi, membuat keputusan, dan akhirnya memutuskan untuk konversi. 

Setelah susah payah mengumpulkan traffic, yuk, ubah traffic jadi uang dengan copy yang bikin konversi, seperti seorang ahli! Nah, di artikel ini, kita bakal jabarkan 5 tips membuat landing page yang ampuh. 

1. Pakai testimoni pelanggan dan tonjolkan manfaat dari produk

Salah satu teknik copy yang paling ampuh bukanlah tentang menulis, melainkan membiarkan pelanggan yang menulis untukmu. 

Testimoni itu bikin konversi lebih bagus dibanding tulisan kita sendiri. Bagaimana tidak? Copy yang bagus tergantung pada sumbernya, bukan hanya gaya dan substansinya.

Seperti yang dilakukan HighriseHQ, kamu bisa letakkan testimoni di tempat terdepan dengan foto pelanggan plus kutipan. 

Ingat, penulis konversi terbaik adalah pelangganmu sendiri. Biarkan mereka bicara sendiri, karena bukti sosial adalah tambahan ampuh untuk copywriting dan strategi pemasaran.

Pelajaran penting dalam pemasaran online: pelanggan sebenarnya tidak terlalu peduli dengan produk atau layanan kita. 

Mereka lebih peduli sama manfaat yang kita tawarkan. Penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa kita sudah mencapai "akhir penjualan solusi."

Kalau dulu penjualan berdasarkan metode "solusi," sekarang sudah tidak efektif lagi. 

Kenapa? Karena pelanggan sudah tahu solusi yang mereka cari. Mereka bisa belajar hampir semua hal berkat internet dan mesin pencari.

Kalau kamu hanya menawarkan solusi, kamu belum memberikan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. 

Tonjolkan manfaat. Boleh untuk menyebutkan solusi, karena itu pertanda kepada pelanggan bahwa mereka berada di tempat yang tepat. Tapi, jangan paksakan solusi, lebih baik fokus ke manfaat.

Kalau kamu ingin meningkatkan tingkat konversi, letakkan manfaat pelanggan di depan usaha pemasaranmu.

2. Luangkan waktu untuk buat headline yang menarik

Orang tidak membaca landing page kamu dengan teliti. Mereka hanya scan, skim, dan biarkan mata mereka meluncur di halaman, tapi biasanya tidak membaca setiap kata.

Jadi, apa yang harus dilakukan? kita perlu beradaptasi dengan kebiasaan pembaca dan membuat copy yang bisa membuat mereka tertarik untuk konversi.

Biasanya yang paling diperhatikan pembaca adalah headline, subheadline, gambar, dan tombol CTA.

Setelah itu, pembaca mungkin tidak membaca hal-hal, seperti bullet points, paragraf pendek, dan keterangan gambar.

Itu memberimu gambaran harus fokus kemana saat menulis copy konversi. Isi paling penting adalah 10 sampai 15 kata di headline. Fokus dan kuasai itu, kamu akan jauh lebih maju. 

Untuk mengonversi "non-readers”, kamu perlu:

  • Membuat headline besar, kuat, dan jelas.
  • Menggunakan subheadline yang menarik perhatian dengan manfaat produk.
  • Menampilkan gambar besar yang menunjukkan manfaat produk dan menjelaskan pesanmu.
  • Menggunakan kalimat yang kuat di tombol CTA.
  • Memecah tulisan menjadi bagian besar, dipimpin oleh headline dengan huruf besar.
  • Menggunakan keterangan pada gambar.
  • Menggunakan poin-poin untuk membahas manfaat produk. Poin-poin singkat, bukan panjang.
  • Menggunakan paragraf pendek, bukan blok teks panjang. Paragraf lebih dari 5 baris bisa sulit dicerna.

3. Tulis dengan sederhana dan seperti manusia 

Copy konversi terbaik yang akan kamu baca hanya dalam dua kata: Jadilah sederhana. Kehebatan sastra tidak begitu berpengaruh dalam copy konversi. Skill menulis paling powerful adalah kesederhanaan. 

Lihat Optimizely sebagai contoh. Mereka menghasilkan beberapa landing page paling brilian untuk klien-klien mereka, tapi lihatlah landing page mereka sendiri.

Itu saja? Iya, dan itu sangat efektif. Kenapa? Karena sangat sederhana. Mereka hanya menulis pernyataan yang paling sederhana, jelas yang mereka bisa. 

Tapi kesederhanaan bukan berarti menggantikan kreativitas dengan kata-kata yang tak bermakna. 

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesederhanaan copy landing page kamu:

  • Gunakan struktur kalimat yang sederhana.
  • Buat kalimat pendek dengan kata-kata yang mudah dipahami.
  • Jangan terlalu berseni dengan kata-kata kamu.
  • Jadilah jelas dan singkat. Gunakan kata-kata paling dasar untuk menjelaskan maksud kamu.

Beberapa copywriter memutuskan bahwa bagusnya membuat copy yang terdengar kaku dan robotik. Siapa sih yang nulis ini? Dan siapa sih yang baca ini? Pastinya tidak ada yang konversi.

Orang lebih suka terhubung dengan manusia lain, bukan dengan robot. Itulah sebabnya tulisanmu harus terdengar seperti ditulis oleh manusia. 

Beberapa hal spesifik yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulisan kamu lebih personal:

  • Tulis seperti yang kamu bicarakan dan boleh tambahkan humor jika diperlukan.
  • Gunakan kata-kata biasa, seperti yang kamu gunakan jika bicara dengan anak 10 tahun. Misalnya, kenapa menggunakan "convivial" kalau bisa menggunakan "friendly"?
  • Langgar aturan tata bahasa jika tulisan masih terdengar baik dan alami.
  • Gunakan POV orang pertama.
  • Gunakan ekspresi yang kamu gunakan dalam percakapan normal. "Aku pikir..." "Tunggu dulu." "Itu gila." "Wow." "Itu keren banget." "Seperti..."

Coba lepaskan diri kamu dari ide bahwa kamu sedang menulis "copy", dan pikirkan lebih sebagai percakapan. 

Jika kamu melakukannya, kamu akan menulis lebih baik. Kamu akan terdengar seperti manusia. Tingkat konversimu akan naik.

4. Jadilah spesifik dengan angka dan minta pembaca untuk bertindak

Semakin spesifik, semakin meyakinkan dan persuasif kamu akan menjadi. Mana dari klaim berikut yang lebih meyakinkan buat kamu?

  • "Konversi kamu akan meledak!"
  • "Dalam 90 hari terakhir, konversi pelanggan telah meningkat rata-rata 78,2%."

Yang kedua lebih spesifik, dan oleh karena itu lebih meyakinkan. Semua orang bisa membuat klaim umum tentang kehebatan, tapi tidak semua orang bisa menyebutkan statistik dan metrik terperinci.

Angka membuat perbedaan besar. Pelanggan ingin informasi spesifik tentang manfaat yang mereka dapatkan, dan mereka ingin contoh spesifik tentang apa yang akan mereka alami. 

Kalau kamu tidak meminta untuk konversi, kamu tidak akan mendapatkannya. Itulah sebabnya kamu harus memulai dengan tujuan akhir dalam pikiran dan tujuan dari landing page kamu adalah konversi.

Begitu juga, menulis copy untuk tombol CTA sama pentingnya, kalau tidak lebih penting, daripada copy yang lain di halaman kamu. 

Tombol CTA (Call to Action) adalah salah satu yang benar-benar dibaca orang. Itu penting. Perubahan kata-kata sederhana pada tombol CTA bisa menciptakan peningkatan konversi yang besar.

5. Lakukan uji A/B pada copy kamu

Konversi copywriter yang baik bukan hanya menulis, tapi juga melakukan uji coba. Bagaimana kamu akan tahu jenis tulisan apa yang konversi lebih tinggi atau lebih rendah untuk audiens kamu?

Ada banyak uji A/B yang bisa kamu lakukan pada landing page, gambar, penempatan, alur, tata letak, dan lainnya. 

Biasanya, perubahan terbesar datang dari perubahan di copy. Kalau kamu ingin tingkat konversi yang lebih tinggi, kamu perlu menguji tulisanmu bersama dengan elemen-elemen lain pada landing page kamu.

Jangan berharap langsung sukses. Kamu akan berhasil dengan hati-hati, secara metode, dan dengan sengaja menguji setiap variasi. 

Beberapa hal yang bisa kamu uji adalah variasi headline, tulisan tombol CTA, dan daftar manfaat.

Uji hal-hal kecil juga, satu perubahan kata dalam headline bisa memberikan dampak besar pada tingkat konversimu. Kamu tidak akan tahu kecuali kamu mencobanya.

Intinya, meningkatkan konversi itu dimulai dari copy yang keren. Banyak hal yang tergantung dari kata-kata yang kamu ketik, tapi untungnya, ini bukan tugas yang tidak bisa diatasi. 

Dengan teknik copywriting yang tepat, kamu bisa banget mencapai tingkat konversi yang lebih tinggi. Ketahui juga 3 Tools untuk Meningkatkan Skill Copywriting Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER