Menyediakan konten yang berkualitas dan informatif menjadi keharusan bagi Anda yang menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan website maupun media sosial. Untuk itu, Anda perlu menguasai teknik copywriting. Pada artikel kali ini, Redcomm Knowledge akan berbagi 5 tools untuk meningkatkan skill copywriting Anda. 

 

Mengapa Skill Copywriting Begitu Penting?

Coba bayangkan saja jika ada seorang presenter, namun tak bisa berbicara dengan fasih serta masih gagap dalam menyampaikan kata-kata ketika sedang siaran berlangsung, apa jadinya? Sudah dapat dipastikan tidak akan ada pesan tersampaikan dengan baik kepada penonton. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi profit serta citra channel siaran tersebut, bahkan bisa jadi rating acara jadi turun dan tidak ada keuntungan yang didapat karena pebisnis pun enggan memasang iklan di sana

 

 

Hal yang sama juga berlaku dalam dunia digital marketing. Anda sebagai pebisnis harus mampu mengkomunikasikan produk, jasa, layanan, bahkan brand Anda dengan baik sehingga konsumen bisa mengenal, bahkan bisa menjadi pelanggan setia. Agar dapat mengkomunikasikan dan memberi informasi yang detail dan menarik, Anda membutuhkan kemampuan membuat konten yang didasari dengan teknik copywriting

 

Beberapa Pilihan Tools untuk Meningkatkan Skill Copywriting

Jika Anda ingin meningkatkan skill copywriting, maka gunakan salah satu dari 5 tools ini:

 

 

  1. Daily Page

Jika bingung untuk memulai apa yang mau ditulis dan tidak tahu bagaimana cara memulainya, cobalah gunakan tools ini. Daily page akan sangat membantu Anda untuk menulis setiap hari. Menggunakan Daily page ini juga akan dapat membantu Anda berlatih menulis setiap hari secara konsisten, bahkan untuk ide-ide random. Nantinya, tulisan-tulisan ini bisa Anda simpan dulu, untuk kemudian Anda kembangkan menjadi lebih baik dan bisa menjadi konten yang bagus untuk ditayangkan di website atau di media sosial.

 

  1. Swipe File

Tools Swipe File adalah website yang berisi kumpulan berbagai tulisan para copywriter seluruh dunia, yang hasil dari tulisan ini telah teruji keberhasilannya dalam mempromosikan produk, jasa, maupun brand. Jika Anda sedang mencari ide untuk membuat konten dengan teknik copywriting, Anda bisa mencarinya di Swipe File. 

 

Selain itu, tools ini juga menyediakan folder penyimpanan untuk berbagai jenis draft tulisan, hasil tulisan yang sudah jadi, potongan iklan, gambar atau image dari contoh iklan yang bagus dengan penggunaan teknik copywriting yang tepat, dan sebagainya. Untuk dapat menggunakan tools ini, Anda tinggal mendaftarkan diri dengan melakukan sign up dan mengisi data diri termasuk email. 

 

 

  1. Quora

Ingin mendapatkan lebih banyak ide konten yang bisa ditulis? Gunakan tools bernama Quora. Di sini ada banyak pengguna Quora yang saling berbagi pertanyaan, sekaligus jawaban. Mereka bertukar informasi, juga saling membagikan informasi terkait banyak hal, mulai dari aktivitas di dunia maya, viralitas di media sosial, bahkan topik-topik hanya yang sedang ramai dibicarakan di seluruh dunia.

 

Jika Anda sedang mencari topik tertentu untuk konten Anda, maka tools ini bisa Anda pilih. Bahkan dengan menggunakan tools Quora pula Anda bisa mencari keyword atau kata kunci yang bisa Anda gunakan pada konten-konten Anda, sehingga konten yang dihasilkan lebih spesifik, human friendly, sekaligus SEO friendly