MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Memahami Cara Kerja Google Search untuk Optimasi Web

02 May  · 
2 min read
 · 
eye 1.930  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Saat butuh suatu informasi, apa yang biasanya Anda lakukan? Ya, pastinya akan buka Google, lalu mengetikkan kata kunci. Kemudian, tinggal menelusuri berbagai daftar website yang muncul di hasil pencarian Google untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.

Mau tahu tidak cara kerja Google search supaya situs web Anda juga bisa dengan mudah ditemukan orang di halaman hasil pencarian? Yuk, baca artikel ini sampai selesai, supaya Anda tahu cara kerja Google search.

Apa Itu Google Search?

Kebanyakan orang mengenal Google search atau Google penelusuran sebagai tempat untuk mencari informasi dan menemukan jawaban untuk berbagai pertanyaan. Ini memang tidak salah. 

Berdasarkan Wikipedia, Google search adalah mesin pencari yang disediakan dan dioperasikan oleh Google untuk menyediakan informasi yang bisa diakses publik. Bisa dikatakan, Google bisa menjadi sumber informasi bagi siapa pun yang membutuhkannya.

3 Elemen Penting dalam Google Search

Ada 3 elemen utama dan penting dalam Google search untuk menentukan kualitas konten yang muncul di halaman pencarian. Ketiga elemen tersebut, yaitu:

1. Sistem Peringkat Otomatis Berkualitas Tinggi

Google penelusuran sudah dilengkapi dengan sistem yang mengatur peringkat informasi, sehingga bisa berguna bagi banyak orang. Sistem ini berjalan secara otomatis berdasarkan sinyal dan indikator yang telah ditetapkan Google.

2. Fitur Pencarian yang Membantu Pengguna Memahami Informasi secara Online

Fitur pencarian atau fitur penelusuran yang tersemat pada Google search berguna untuk membantu audiens memahami informasi yang mereka cari secara online. Di saat yang sama, audiens juga menjadi lebih mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan.

3. Kebijakan Konten yang Menjamin Kualitas dan Kebermanfaatan Konten

Google memiliki kebijakan untuk mengatur mana informasi yang akan tampil di hasil penelusuran dan mana yang tidak. Adanya kebijakan ini bertujuan untuk memastikan hanya konten yang berkualitas dan bermanfaat saja yang tampil di Search Engine Result Page (SERP).

Cara Kerja Google Search

Untuk memastikan hasil penelusuran yang relevan dengan kebutuhan audiens, Google menyematkan berbagai sistem canggih pada Google search, seperti pencocokan kata kunci dengan kueri yang digunakan audiens.

Ada pula teknologi yang mampu memahami kata yang salah eja, salah ketik, bahkan sinonim. Selain itu, Google search sudah pula dilengkapi dengan sistem AI yang canggih agar bisa memahami kueri yang lebih kompleks.

Semua hal tersebut untuk mendukung cara kerja mesin telusur ini agar dapat memberikan informasi yang berkualitas dan terpercaya. Nah, berikut ini cara kerja Google Penelusuran:

1. Pengumpulan Informasi, Pengelompokan, dan Indexing

Google akan bekerja dengan cara memindai, mengelompokkan, bahkan mengkategorikan jutaan, hingga milyaran halaman web yang ada di internet setiap hari. 

Proses memindai halaman setiap web bertujuan untuk mengumpulkan informasi berdasarkan kata kunci dan search intent

Kemudian hasilnya masuk dalam indeks besar di mana mesin pencari akan melakukan pencocokan kata kunci dengan query yang digunakan oleh audiens saat mencari suatu informasi.

2. Algoritma Peringkat Menentukan Peringkat Hasil Pencarian

Setelah indeks dibuat, mesin pencari menggunakan algoritma peringkat untuk menentukan urutan hasil pencarian yang paling relevan dan bermanfaat bagi pengguna. 

Desain algoritma peringkat menggunakan berbagai faktor, seperti kata kunci dalam query, popularitas halaman web, kualitas konten, kepercayaan / authority, kesesuaian dengan kebijakan Google, dan faktor lainnya yang membantu menentukan kualitas informasi.

Di saat yang sama, mesin pencari juga menggunakan berbagai fitur pencarian untuk membantu pengguna memahami informasi secara online. Selain itu, juga memastikan keberadaan informasi dari sumber terpercaya, seperti situs web pemerintah atau organisasi internasional.

3. Penggunaan Teknologi AI dan Kebijakan Konten untuk Menentukan Kualitas Informasi

Dalam upaya memastikan informasi yang muncul pada halaman penelusuran memiliki kualitas yang bagus, mesin pencari punya kebijakan khusus yang harus diikuti oleh para pemilik web. Tujuannya, agar informasi yang tayang memang sudah sesuai dengan standar kualitas dan bisa dipercaya. 

Sementara penggunaan teknologi AI yang canggih berguna untuk mendukung pemilihan konten berkualitas. 

Meski begitu, Google tetap butuh sinyal dari referensi atau rekomendasi lain yang bisa menunjukkan bahwa halaman web yang dimaksud memang berkualitas tinggi. 

Contohnya: website lain memberi referensi ke situs Anda dengan memberikan backlink. Semakin banyak website merujuk pada konten Anda, ini bisa menjadi sinyal bagi Google kalau konten tersebut memang berkualitas. 

Sekarang Anda sudah tahu mengenai cara kerja Google search sehingga seharusnya lebih aware terhadap konten yang dibuat, terutama artikel di website. Kualitas konten mempengaruhi proses pengindeksan di Google. Cari tahu, yuk: Google Indexing: Arti, Manfaat, dan Cara Tahu Halaman Sudah Terindeks dan 7 Syarat Halaman Web Bisa Terindeks Google.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER