MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Google Indexing: Arti, Manfaat, dan Cara Tahu Halaman Sudah Terindeks

02 May  · 
2 min read
 · 
eye 3.910  
SEO & SEM

redcomm

Bagaimana situs web dapat diindeks oleh Google? Suatu halaman website dapat diindeks oleh Google jika halaman tersebut sudah dirayapi atau di-crawl oleh Googlebot. Cari tahu secara lengkap mengenai apa itu Google indexing, manfaat, dan cara mengetahui halaman sudah terindeks Google di artikel ini.

Apa Itu Google Indexing?

Google indexing adalah proses di mana Google menyimpan, mengorganisir, dan menambahkan halaman-halaman dari website ke daftar database mereka yang disebut Google Index. Proses dimulai dari pencarian yang dilakukan Google untuk menemukan situs web Anda. 

Setelah menemukannya, Google akan mengirimkan spider bot atau Googlebot untuk mengunjungi website dengan tujuan mengumpulkan informasi, memeriksa struktur web, konten, dan melakukan crawling pada link-link yang Google temukan di dalam situs web. Termasuk melihat relevansi konten dengan keyword (kata kunci) yang banyak digunakan oleh audiens.

Lalu ketika ada audiens yang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari, maka Google dapat memunculkan situs web Anda di SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil pencarian Google.

Manfaat Situs Web yang Terindeks Google

Apa saja sih manfaat dari situs yang terindeks di Google? Nah, berikut beberapa manfaatnya:

1. Visibilitas Website Lebih Tinggi dan Mudah Ditemukan Pengguna Internet

Website yang terindeks di Google akan memiliki visibilitas tinggi dan muncul di halaman hasil pencarian setiap pengguna internet mengetikkan kata kunci yang relevan.

2. Organic Traffic Meningkat

Ketika pengguna internet mudah menemukan website Anda melalui pencarian di search engine, maka organic traffic akan mengalami peningkatan signifikan. Efek berikutnya tentu saja membuka peluang terjadinya konversi.

3. Kredibilitas dan Promosi

Website yang mudah ditemukan di mesin pencari akan meningkatkan kredibilitas, membuat audiens lebih percaya, dan akhirnya memudahkan Anda ketika mau melakukan promosi layanan bisnis, jasa, maupun produk.

4. Memudahkan Proses Optimasi SEO

Jika situs web tidak terindeks Google, tentu saja Anda kesulitan mencari tahu performa situs. Sebaliknya, ketika website sudah terindeks Google, Anda jadi lebih mudah melacak dan memantau performa situs web secara keseluruhan. Selanjutnya tinggal melakukan optimasi SEO saja agar kualitas web semakin baik.

3 Cara Mengetahui Halaman Sudah Terindeks Google

1. Melalui Tracking di Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang dapat membantu Anda memantau kinerja website. Dengan Google Search Console, Anda dapat memeriksa apakah halaman website sudah terindeks atau belum. 

Caranya bagaimana? Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Lakukan verifikasi website di Google Search Console (GSC). Untuk itu, Anda perlu menyematkan kode verifikasi yang disediakan Google di web Anda.
  • Setelah situs web terverifikasi, masuk ke akun GSC, kemudian pilih situs web yang mau dianalisis.
  • Klik “cakupan” pada dashboard navigasi bagian sebelah kiri.
  • Cek jumlah halaman yang terindeks dan halaman mana saja yang belum terindeks. 

Jika jumlah halaman yang terindeks tidak sesuai dengan jumlah halaman yang ada di situs web, segera lakukan pemeriksaan di sitemap. Lihat pula penyebab halaman tersebut tidak terindeks pada keterangan yang ada di GSC.

2. Mengetikkan Perintah Pencarian di Google

Anda juga bisa menggunakan perintah pencarian di Google untuk mengecek, apakah halaman website sudah terindeks atau belum. Caranya:

  • Buka halaman pencarian Google di browser.
  • Ketik “site:namadomain.com” di kolom pencarian Google. Contoh: site:redcomm.co.id
  • Tekan enter.

Jika sudah terindeks, hasil pencarian akan menampilkan halaman-halaman dari website Anda. Sementara kalau belum, ya Anda perlu mencari tahu penyebab halaman situs web tidak terindeks.

3. Menggunakan Google Analytics

Menggunakan Google Analytics, Anda dapat melihat statistik pengunjung website, behaviour audiens, bahkan dapat memeriksa terkait indexing Google.

Nah, untuk melihat situs sudah terindeks atau belum, cek pada laporan traffic organic. Caranya:

  • Login ke akun Google Analytics dan pilih situs web yang ingin diperiksa.
  • Di menu samping kiri, pilih “Akuisisi”.
  • Kemudian pilih “Semua Traffic” dan “Organic Search”.

Pada bagian ini, Anda akan melihat jumlah kunjungan organik ke website Anda dari mesin pencari seperti Google. Selama data traffic terlihat, artinya halaman website sudah terindeks di mesin pencari.


Mengingat ada banyak manfaat dari situs web yang terindeks Google dengan baik, maka ada baiknya Anda memastikan situs web Anda memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan Google. Apa saja sih syaratnya? Cek di sini: 7 Syarat Halaman Web Bisa Terindeks Google.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER