MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Kelebihan Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci

29 May  · 
1 min read
 · 
eye 2.649  
SEO & SEM

redcomm

Google keyword planner adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu para pemilik situs web dan digital marketing untuk menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi tinggi.

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan kalau melakukan riset menggunakan keyword planner. Cek di sini ulasan lengkapnya.

Kelebihan Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci

Penggunaan keyword planner selama ini sering dihubungkan dengan layanan pemasangan iklan milik Google. Namun tanpa memasang iklan, Anda tetap bisa menggunakannya. Ada cukup banyak kelebihan dari menggunakan tools untuk melakukan riset kata kunci ini, antara lain:

1. Gratis dan Bisa Melihat Kata Kunci yang Digunakan Kompetitor

Anda bisa menggunakan keyword planner secara gratis untuk membandingkan hingga lima kata kunci secara bersamaan.

Bahkan, Anda juga dapat melihat daftar kata kunci yang kompetitor gunakan. Caranya, cukup ketik alamat website atau URL web kompetitor pada kotak yang tersedia di keyword planner.

Dengan cara ini, Anda bisa melakukan analisis kompetitor untuk mengetahui pergerakan mereka. Lalu manfaatkan pengetahuan ini untuk membuat strategi yang paling kompetitif demi bisa bersaing dengan kompetitor tersebut.

2. Mempersempit Volume Pencarian dan Melakukan Kustomisasi

Riset keyword dalam jumlah banyak dan dengan volume pencarian yang beragam akan sangat memusingkan dan bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk menemukan kata kunci yang paling tepat. Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan keyword planner dan mempersempit volume pencarian.

Selain itu, kata kunci juga bisa dikustomisasi berdasarkan waktu. Bahkan, Anda bisa melihat data dengan pilihan klik seminggu terakhir, 1 bulan terakhir, 12 bulan terakhir, atau 5 tahun terakhir.

3. Tersedia Filter dan Tren Konten Sesuai Kebutuhan

Penggunaan keyword planner memungkinkan Anda menemukan kata kunci potensial dengan melihat top of page bid (high range) tertinggi. Termasuk mengetahui tren konten.

Di saat yang sama, Google keyword planner dapat memfilter keyword sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, berdasar tingkat kompetisi, hanya menampilkan kata kunci yang diinginkan, atau memfilter berdasarkan pengecualian konten dewasa, impression share, hingga organic impression share.

4. Mudah Terintegrasi dan Kompatibel dengan Tools Lain

Memadukan penggunaan keyword planner dengan Google tren maupun tools pendukung lainnya memungkinkan Anda mendapatkan data secara real time

Bahkan bisa mendapatkan informasi tentang perangkat yang digunakan audiens saat mengakses kata kunci tertentu.

5. Banyak Digunakan oleh Digital Agency

Google keyword planner sudah banyak digunakan oleh digital marketing agency Jakarta maupun creative digital agency lainnya. 

Selain itu, jika ingin menggunakan jasa SEO profesional, mau tidak mau Anda perlu mempelajari dan mengetahui cara riset kata kunci untuk bisa berdiskusi dengan tim digital agency mengenai kata kunci terbaik untuk bisnis Anda. 

Nah kan, banyak kelebihan menggunakan keyword planner untuk riset kata kunci yang bisa Anda dapatkan. Tools ini juga membantu memudahkan proses optimasi SEO pada konten di website lho. Pelajari Manfaat Riset Keyword untuk Optimasi SEO pada Konten Artikel.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER