Google Keyword Planner adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu para pemilik situs web dan digital marketing untuk menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi mendapatkan klik.
Google Keyword Planner adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu para pemilik situs web dan digital marketing untuk menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi mendapatkan klik.
Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan kalau melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner. Apa saja kelebihan ny? Cek penjelasan lengkapnya di artikel ini.
Penggunaan Google Keyword Planner selama ini sering dihubungkan dengan layanan pemasangan iklan Google ads milik Google.
Namun tanpa memasang iklan, Anda tetap bisa menggunakannya. Ada cukup banyak kelebihan tools untuk melakukan riset kata kunci ini, antara lain:
Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner secara gratis untuk membandingkan hingga lima kata kunci secara bersamaan.
Untuk bisa menggunakan tools riset kata kunci yang satu ini, Anda hanya perlu memiliki akun Google ads untuk mengaksesnya.
Bahkan bagi Anda yang masih sangat pemula dalam penerapan SEO dan Google ads, tools ini mudah digunakan. Sebab, antarmukanya sederhana.
Selain melakukan riset kata kunci untuk Anda gunakan sendiri, Anda juga bisa lho melihat daftar kata kunci yang kompetitor gunakan.
Caranya, cukup ketik alamat website atau URL web kompetitor pada kotak yang tersedia di Google Keyword Planner.
Dengan cara ini, Anda bisa melakukan analisis kompetitor untuk mengetahui pergerakan mereka. Lalu manfaatkan pengetahuan ini untuk membuat strategi yang paling kompetitif demi bisa bersaing dengan kompetitor tersebut.
Riset keyword dalam jumlah banyak dan dengan volume pencarian yang beragam akan sangat memusingkan.
Aktivitas ini bahkan bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk menemukan kata kunci yang paling tepat.
Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk mempersempit volume pencarian dan melakukan kustomisasi kata kunci berdasarkan waktu.
Selain itu, Anda juga bisa melihat data dengan pilihan klik seminggu terakhir, 1 bulan terakhir, 12 bulan terakhir, atau 5 tahun terakhir.
Menggunakan Google Keyword Planner memungkinkan Anda menemukan kata kunci potensial dengan melihat top of page bid (high range) tertinggi, termasuk mengetahui tren konten.
Di saat yang sama, tools keyword planner dapat memfilter keyword sesuai kebutuhan, seperti:
Memadukan penggunaan Google Keyword Planner dengan Google Trend maupun tools pendukung lainnya memungkinkan Anda mendapatkan data yang lebih lengkap secara real time.
Anda bahkan bisa mendapatkan informasi tentang perangkat yang audiens gunakan pada saat mengakses kata kunci tertentu, sehingga optimasi konten maupun iklan Anda jadi maksimal.
Google keyword planner sudah banyak digunakan oleh digital marketing agency Jakarta maupun creative digital agency lainnya.
Selain itu, jika ingin menggunakan jasa SEO profesional, mau tidak mau Anda perlu tahu cara riset kata kunci.
Pengetahuan ini tampak sepele, namun akan menjadi penting ketika Anda perlu berdiskusi dengan tim digital agency mengenai kata kunci terbaik untuk bisnis Anda.
Bagi Anda yang mau menjalankan iklan berbayar seperti Google ads, maka menggunakan Google Keyword Planner akan memberikan banyak keuntungan, antara lain:
Nah kan, banyak kelebihan menggunakan Google Keyword Planner untuk riset kata kunci yang bisa Anda dapatkan. Tools ini juga membantu memudahkan proses optimasi SEO pada konten di website lho. Pelajari Manfaat Riset Keyword untuk Optimasi SEO pada Konten Artikel.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC