Dalam dunia digital, terutama yang berkaitan dengan website marketing company, konten atau artikel yang SEO friendly menjadi hal sangat penting diperhatikan demi mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Untuk bisa membuat konten atau artikel SEO, tentunya penulis artikel tersebut harus paham dengan ilmu SEO. 

 

Ada beberapa hal penting untuk diperhatikan agar Anda bisa menjadi seorang penulis artikel SEO profesional. Keahlian ini tentu saja dapat digunakan untuk menulis di website Anda, dimanfaatkan untuk menulis artikel untuk website orang lain atau untuk dijual. Bahkan tidak menutup kemungkinan keahlian ini membawa Anda untuk menangani digital marketing website suatu brand, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda. . 

 

Lantas, bagaimana cara menjadi seorang penulis artikel SEO profesional? Nah, di sini Redcomm akan mengulasnya untuk Anda. 

 

Rahasia Menjadi Penulis Artikel SEO Profesiona

  1. Tulislah Sesuatu yang Orang Butuhkan

Menjadi seorang penulis sama halnya dengan menjadi seorang chef. Hanya saja produk Anda bukan makanan melainkan tulisan. Anda harus tahu tulisan seperti apa yang orang suka dan tampilan bagaimana yang harus dipilih agar bisa membuat orang betah membaca tulisan Anda.

 

 

Dengan membuat tulisan yang orang suka tentu saja tulisan Anda akan dicari dan memberikan manfaat bagi orang lain. Namun, menjadi seorang penulis artikel SEO tidak hanya harus memiliki kualitas tulisan yang bagus. Ada hal penting lain yang juga harus Anda lakukan, yaitu meriset kata kunci. 

 

Tulisan bagus dan disukai oleh pembaca saja tidak cukup untuk membuat artikel SEO mendapat posisi bagus di mesin pencari. Anda harus menyediakan artikel yang sudah melalui tahap riset keyword atau kata kunci. Nah, tahap risetnya ini harus dilakukan sebelum Anda membuat artikel.

 

Anda bisa memanfaatkan berbagai macam tools di internet untuk melakukan riset keyword. Tools tersebut ada yang gratis dan ada yang berbayar. Beberapa tools riset keyword gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari keyword potensial di antaranya, Ubersuggest, Keywordtool.io, Google Planner, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

 

 

  1. Pastikan Anda Membuat Artikel yang Cukup Panjang dan Berisi

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat Anda menulis di situs yang masih baru, maka artikel yang panjang sangat Anda perlukan sebagai langkah optimasi situs tersebut. Pastikan di dalam artikel tersedia heading, sub heading dan keyword yang sudah Anda bidik.

 

Ketiga aspek tersebut merupakan poin optimasi yang sangat penting. Anda bisa membuat artikel dengan panjang mulai dari 1000 hingga 2000 kata. Isilah dengan berbagai macam informasi yang relevan dan lengkap. Artikel yang panjang bukan berarti pembahasannya berbelit-belit, melainkan harus lengkap dengan berbagai informasi yang mendukung inti dari pembahasan di dalam artikel itu sendiri. 

 

  1. Terapkan Dasar–dasar SEO

Sebagai seorang penulis artikel SEO, apalagi yang bekerja di top digital agencies, Anda dituntut untuk paham tentang dasar–dasar SEO itu apa saja. Mengetahui ilmu dasar SEO menjadi salah satu hal penting bagi seorang penulis.

Anda harus paham seperti apa penempatan kata kunci yang bagus, pengulangan keyword dalam sebuah artikel, penggunaan internal dan eksternal link. Kemudian juga menautkan satu artikel dengan artikel lain dan bagaimana cara Google menjelajahi setiap postingan serta tautan yang Anda terbitkan.

 

Itulah beberapa rahasia menjadi penulis artikel SEO profesional yang harus Anda ketahui dan pahami, agar bisa menunjang strategi digital marketinguntuk bisnis Anda.