MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Tools Analisis Kompetitor yang Penting dan Wajib Anda Tahu

08 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 8.468  
Data Management

redcomm

Saat terjun ke dunia bisnis online maupun offline, Anda tentu tidak bisa menghindari yang namanya kompetitor. Apalagi persaingan bisnis saat ini sangat ketat. Mau tidak mau Anda perlu melakukan analisis kompetitor agar bisa mengatur strategi terbaik untuk memenangkan pasar.

Dengan menganalisis kompetitor, Anda jadi tahu langkah apa saja yang diambil kompetitor dalam menjalankan bisnisnya. 

Di saat yang sama, Anda pun jadi bisa lebih terarah dan terstruktur dalam menyusun dan merancang strategis bisnis Anda sendiri untuk mengembangkan bisnis.

7 Alat Analisis Kompetitor Pebisnis Wajib Tahu

Saat ini, ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis para pesaing bisnis. Beberapa di antaranya:

1. Pi Datametrics

Beberapa manfaat menggunakan Pi Datametrics untuk analisis kompetitor, antara lain:

  • Dalam menganalisis kompetitor, Pi Datametrics memungkinkan Anda mengukur dampak suatu brand dan produknya di pasar, termasuk jenis produk yang tersedia dan bagaimana produk tersebut mendapat perhatian dari publik.
  • Tools Pi Datametrics juga sangat berguna untuk analisis tren sehingga memudahkan memprediksi tren konten serta mengatur waktu campaign agar sesuai dengan kebutuhan target market.
  • Memudahkan pengukuran kinerja bisnis, terutama setelah penyelenggaraan kampanye. Bahkan bisa membantu menilai efektif tidaknya strategi pemasaran yang sudah dijalankan.

Pada prinsipnya, Pi Datametris juga membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat karena berbasis data, meningkatkan efektivitas campaign, meningkatkan visibilitas brand dan produk di pasar, mendorong terjadinya penjualan, hingga membantu perusahaan Anda tetap unggul dalam persaingan pasar.

2. Kompyte

Kompyte adalah perangkat lunak untuk menganalisis kompetitor, mulai dari strategi dan pergerakan pesaing bisnis, hingga bisa mengetahui berbagai data dan matrik campaign yang penting.

Tool yang bisa Anda gunakan secara gratis selama 14 hari maupun berbayar ini memiliki beberapa fitur, seperti:

  • Membandingkan traffic kompetitor dengan traffic web bisnis.
  • Mengetahui perilaku pengunjung.
  • Mendapatkan data peringkat pencarian dan kata kunci yang tepat.
  • Mengetahui metrik berbagai macam situs web serta iklan berbayar yang kompetitor gunakan.

3. SimilarWeb

SimilarWeb adalah tools untuk mendapatkan data popularitas suatu website yang memudahkan melakukan perbandingan situs web bisnis milik Anda dengan situs kompetitor. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat kinerja keseluruhan website kompetitor, termasuk strategi link building yang mereka terapkan dan data lain terkait scoring SEO dan matrik yang mendorong peningkatan peringkat di SERP.

Peningkatan SEO tentu menjadi bagian yang sangat penting agar Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

4. Searchmetrics

Searchmetrics adalah salah satu tool yang menunjukkan seberapa baik peringkat suatu domain. Tinggal masukkan saja URL beberapa kompetitor, dan lihat kinerja domain website mereka.

Tool yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar ini, juga memungkinkan Anda mendapatkan skor visibilitas SEO, peningkatan kinerja Pay Per Click (PPC), dan penerapan strategi content marketing.

5. Prisync

Prisync bisa Anda gunakan untuk melacak sekaligus menganalisis harga pesaing, juga mengetahui stok yang tersedia secara otomatis melalui dashboard web maupun email. 

Tool ini sangat direkomendasikan dan cocok bagi pemilik e-commerce karena dapat memudahkan dalam memantau harga pasar berbagai produk. 

Memantau pangsa pasar global untuk jutaan produk secara manual tentu menghabiskan banyak waktu. 

Sementara menggunakan Prisync, tugas Anda dalam melakukan analisis kompetitor menjadi lebih ringan, mengingat perangkat lunak ini mudah digunakan. 

Anda hanya perlu memasukkan produk Anda ke dalam akun Prisync, kemudian Anda akan mendapatkan perbandingan harga produk yang diinginkan. 

Selanjutnya tinggal import saja data dalam bentuk CSV atau file Excel. Bahkan Anda bisa mengunduh seluruh data.

6. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tools analisis SEO off page, SEO on page, dan alat untuk riset kata kunci terbaik. Di saat yang sama, Anda juga bisa menggunakan tool ini untuk menganalisis kompetitor. 

Beberapa fitur penting di Ahrefs yang bisa Anda manfaatkan, antara lain:

  • Mudah melihat peringkat kompetitor dan berapa banyak traffic organic yang mereka dapatkan.
  • Dapat melihat konten kompetitor yang memiliki peminat yang banyak dan melacak kata kunci tertentu dari waktu ke waktu.
  • Membandingkan domain agar Anda dapat melihat celah konten.
  • Melihat dari mana saja kompetitor mendapatkan backlink serta dapat mempelajari kualitas backlink yang mengarah ke situs web.

7. Moz

Moz menjadi salah satu tools paling populer saat ini. Banyak orang menggunakan Moz untuk melihat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) suatu website

Menggunakan tools ini memungkinkan Anda mengetahui DA pada website, karena DA menjadi salah satu measurement popularitas website secara off page

Jika Anda ingin melihat bagaimana DA dan PA kompetitor bisnis Anda, maka Anda bisa menggunakan tool ini.

 

Itulah beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis kompetitor. Menjalankan bisnis memang penuh tantangan tersendiri, maka untuk tetap bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat, Anda perlu mengikuti perkembangan terkini.

Selain mengetahui tentang tools analisis kompetitor, sebenarnya ada cara lain yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui dan mempelajari strategi kompetitor. Salah satunya, menjalin kerja sama dengan digital marketing agency Indonesia maupun digital agency Jakarta yang memiliki tenaga profesional berpengalaman dalam menganalisis kompetitor.

SUBSCRIBE NOW

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC